Produk UMKM Indonesia Bidik Pasar Inggris

Lembaga yang membantu akses pemasaran bagi UMKM, Smesco terus mengupayakan agar produk kuliner UMKM Indonesia masuk pasar Inggris, salah satunya lewat Halal Expo yang rutin digelar di negara tersebut. Smesco merupakan lembaga resmi di bawah Kementrian Koperasi dan UKM. Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada, mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) untuk memasukkan produk UMKM Indonesia ke Halal Expo. Halal Expo memiliki potensi pasar yang besar karena menjadi salah satu masuk ekspor produk kuliner Indonesia agar bisa menjadi bagian dari rantai pasok yang lebih luas lagi, yaitu Eropa. Namun, masih ada sejumlah tantangan yang dihadapi agar produk UMKM terutama adalah keamanan makanan. Manager Program Future Cities FCDO Kedutaan Inggris, Barikatul Hikmah Albar Salim, menjelaskan otoritas Inggris menerapkan standar keamanan pangan yang tinggi, sedangkan pengusaha Inggris yang ingin mengekspor produknya ke Indonesia lebih fokus pada aspek halal.

Search