Wakil Ketua TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andika Perkasa, mengatakan, penggunaan fitur live di Tiktok oleh Mahfud dalam beberapa hari ini menjadi salah satu strategi untuk memaksimalkan suara Ganjar-Mahfud di kalangan generasi muda (1/1/2024). Deputi Kanal Media TPN, Karaniya Dharmasaputra, menambahkan bahwa strategi kampanye melalui media sosial, baik melalui Tiktok maupun Instagram, telah lebih dulu digunakan oleh Ganjar. Kemudian, Mahfud mulai mengikutinya sejak 29 Desember 2023. Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada para caleg, untuk mengingatkan agar jangan sampai perolehan suara partai di suatu wilayah lebih besar dari perolehan suara capres-cawapresnya.
Juru Bicara Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Muhammad Ramli Rahim, mengatakan, strategi kampanye di Tiktok mulai digunakan Anies karena kesadaran banyaknya pemilih muda dan generasi Z sebagai pengguna aplikasi tersebut. Lagi pula, penggunaan kampanye di media sosial juga tanpa biaya.
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Eddy Soeparno, mengaku tidak khawatir suara pemilih muda akan beralih ke pasangan Anies-Muhaimin atau Ganjar-Mahfud yang mulai intens merambah ke Tiktok. Sebab, pasangan Prabowo-Gibran melalui TKN juga sudah mulai aktif menggunakan media sosial untuk kampanye sejak awal. Juru bicara TKN, Cheryl Tanzil, menambahkan kampanye dengan cara blusukan sudah intens dilakukan Prabowo dan Gibran sejak awal masa kampanye resmi. Strategi tersebut akan semakin diintensifkan di sisa masa kampanye ini.