Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam apel Pelayanan Teknis (Yantek) Optimization mengatakan PT PLN (Persero) berhasil mengubah cara pandang dan sekaligus cara kerja Yantek. Hasilnya, layanan semakin dirasakan manfaatnya oleh pelanggan, dan langsung meningkatkan reputasi PLN.
Darmawan menuturkan melalui transformasi layanan, proses bisnis diubah yang dulunya kompleks, lambat, terfragmentasi, berbelit-belit, tidak termonitor dan kurang terkontrol, tidak efisien dan lemah, manual, diubah menjadi berbasis digital. Hasilnya, layanan PLN kepada pelanggan kini menjadi lebih sederhana, cepat, terintegrasi, mudah, dan dapat dimonitor serta dikontrol secara real-time. Ujung tombak dari pelayanan terbaik berada pada petugas Yantek di lapangan.
Darmawan menilai tujuan transformasi layanan tersebut sangat penting bagi kesinambungan bisnis PLN di masa mendatang dan harus menjadi standar baru pelayanan pelanggan. PLN didukung oleh 35 ribu personil layanan teknik yang tersebar di seluruh Indonesia. Petugas pelayanan gangguan tersebut perlu dikelola dengan lebih baik menjadi wajah terdepan PLN.