Bank Indonesia (BI) menargetkan pameran produk 200 UMKM bertajuk Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 pada 18-29 Mei 2022 membukukan transaksi sebesar Rp263,15 miliar dan dikunjungi 130 ribu pengunjung. Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Yunita Resmi Sari mengatakan angka ini merupakan target dari keseluruhan transaksi, baik penjualan produk UMKM maupun kerja sama mereka dengan pihak ketiga. Selain itu, angka ini juga target atas transaksi online maupun offline.
Yunita berharap pameran KKI bisa turut meningkatkan pertumbuhan kredit UMKM yang telah mencapai 14,98 persen pada kuartal I 2022. Kredit UMKM juga tercatat memegang porsi 21,95 persen dari seluruh kredit bank. Targetnya, porsi kredit UMKM bisa mencapai 30 persen pada 2024. Maka dari itu, menurutnya, berbagai acara perlu dilakukan untuk mendukung pembiayaan ke UMKM.
Sementara Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar dan Kementerian Koperasi dan UKM Fixy mengatakan pemerintah menargetkan 19 juta UMKM go digital pada tahun ini. Saat ini, setidaknya sudah ada 18,5 juta UMKM yang go digital. Pada 2023, pemerintah menargetkan ada 24,5 juta UMKM yang go digital. Sementara pada 2024 diharapkan mencapai 25 juta dan 30 juta pada 2030.