Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Marching Band Grand Pix

Pada hari Rabu, 30 Agustus 2017, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Prof. Dr. Sri Adiningsih menerima
audiensi pengurus Yayasan Grand Prix Marching Band (GPMB) yaitu antara lain Sdr. Lisa Ayodhia, Ketua Yayasan GPMB, Sdr. Andi Jobs, Wakil Ketua Yayasan GPMB, Sdr. Bambang, Sdr. Tri Basuki, Sdr. Diana Sari dan Sdr. Dian.

GPMB merupakan ajang kompetisi drumben tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun sejak Tahun 1982 dan diikuti oleh sejumlah kelompok drumben yang tersebar di wilayah Indonesia. Kompetisi drumben ini dilaksanakan untuk memperebutkan Piala Presiden, Piala Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Piala Menteri Pemuda dan Olahraga, Piala Menteri Pendidikan Nasional, dan Piala Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sebagai ajang kompetisi drumben tertua, penyelenggaraan GPMB seringkali digunakan pula sebagai tolok ukur atas perkembangan drumben di Indonesia. Berbeda dengan bentuk penyelenggaraan kompetisi sejenis yang umumnya diselenggarakan di lapangan terbuka, penyelenggaraan GPMB selalu dilakukan di lapangan tertutup, umumnya diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta. Pemenang lomba GPMB akan di-tampilkan dalam upacara 17 Agustus di Istana Negara baik upacara penaikan bendera pada pagi hari maupun penurunan bendera pada sore hari.

Pada tanggal 18 dan 19 November 2017 Yayasan GPMB bekerja sama dengan Jember Open Marching Competition akan menyelenggarakan Winter/Colour Guard Internasional (WGI) Sport of The Arts – Indonesia 2017 di POPKI Cibubur. Pengurus Yayasan GPMB mengharapkan agar Presiden Jokowi berkenan meluangkan waktu untuk hadir memberikan piala Presiden kepada pemenang WGI.(e-why)