Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

9 Update Perang Gaza, Putin Undang Hamas-Ancaman Ramadan ‘Berdarah’

Mahkamah Internasional (ICJ) akan segera membuka sesi dengar pendapat mengenai legalitas pendudukan Israel selama 57 tahun di wilayah Palestina. Kasus ini terpisah dari pengaduan genosida yang diajukan Afrika Selatan ke ICJ terhadap Israel atas dugaan pelanggaran dalam perang yang sedang berlangsung. Persidangan ini berfokus pada pendudukan Israel di Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur sejak tahun 1967. Mesir dilaporkan sedang membangun tembok “misterius” di dekat Jalur Gaza. Pembangunan tersebut dimaksudkan untuk menciptakan kawasan dengan keamanan tinggi dan terisolasi di dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, sebagai persiapan untuk penerimaan pengungsi Palestina jika terjadi eksodus massal.

AS kembali membombardir wilayah Yaman. Dalam pernyataan terbarunya, pasukan AS mengatakan telah melakukan lima serangan ke sistem senjata kelompok penguasa negeri itu, Houthi. Rusia dilaporkan telah mengundang Hamas ke Moskow. Undangan ini dilakukan untuk melakukan pembicaraan mengenai perang Israel-Hamas dan isu-isu lain di Timur Tengah. Setidaknya 107 orang tewas dalam serangan Israel di Gaza dalam 24 jam terakhir, menjadikan jumlah korban jiwa menjadi 29.092 sejak 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Pasukan Israel akan memperluas operasi militer di Rafah jika sandera yang ditahan oleh Hamas tidak dikembalikan pada awal Ramadan. Hal ini disampaikan menteri kabinet perang Benny Gantz pada hari Minggu. AS mengatakan pihaknya melakukan lima serangan terhadap tiga rudal jelajah anti-kapal, satu kapal bawah air tak berawak dan satu kapal permukaan tak berawak milik kelompok pemberontak Houthi di Laut Merah pada hari Sabtu.

Search