Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

7 Update Perang Hamas Vs Israel: Korban Tewas Tembus 8.000

Konflik dan saling serang melebar dari Jalur Gaza ke wilayah Tepi Barat (West Bank). Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan sebanyak 6.546, termasuk 2.704 anak-anak menjadi korban tewas di Gaza. Sementara korban tewas di wilayah Tepi Barat ada 103, termasuk 30 anak-anak dan 1 perempuan. Militer Israel pun merilis data kematian. Sebanyak 1.405, termasuk 308 anggota militer dan 58 anggota kepolisian tewas. Sebanyak 25 orang jurnalis juga dilaporkan tewas selama meliput perang Israel. Untuk korban luka-luka, Israel menyebut ada 5.431 orang, sementara korban luka di Gaza ada 16.297. Korban hilang atau menjadi sandera di Israel ada sebanyak 218 orang. Di Gaza, lebih dari 1.500 orang menghilang.

Israel menuntut Sekretaris Jenderal PBB António Guterres untuk mundur dari posisinya setelah memberikan pidato dan pernyataan terkait perang Israel di Gaza beberapa waktu lalu. Selain itu, Israel juga menolak mengeluarkan visa untuk kepala urusan kemanusiaan PBB Martin Griffiths sebagai akibat dari komentar Guterres di Dewan Keamanan (DK) PBB. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah membatalkan rencana perjalanan ke Israel. Dia mengatakan Israel telah memanfaatkan niat baik Turki dan dia tidak akan pergi ke Israel seperti yang direncanakan sebelumnya. Erdogan juga menyerukan gencatan senjata segera antara pasukan Israel dan Palestina. PBB menyebut lebih dari sepertiga rumah sakit di Gaza, 12 dari total 35, dan hampir dua pertiga klinik kesehatan, 46 dari total 72, telah ditutup karena kerusakan akibat serangan atau kekurangan bahan bakar.

Pemimpin Hizbullah Lebanon bertemu dengan para pemimpin tertinggi faksi militan Palestina Hamas dan Jihad Islam. Ketiganya membahas apa yang harus dilakukan aliansi mereka untuk “mencapai kemenangan nyata bagi perlawanan”, kata Hizbullah. Sebagai bagian dari aliansi regional yang didukung Iran, Hizbullah yang bersenjata lengkap telah melakukan baku tembak setiap hari dengan pasukan Israel di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon sejak perang pecah antara Israel dan Hamas pada 7 Oktober. Israel dilaporkan menyerang Suriah. Serangan Israel menewaskan delapan tentara di Suriah selatan. Tentara Israel mengatakan pihaknya menyerang infrastruktur militer Suriah dan mortir sebagai respons terhadap tembakan roket pada Selasa.

Search