Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

China Ikut Panas, Kirim 6 Kapal Perusak demi Imbangi Kapal Induk AS Merapat ke Israel

Militer China kini ikut melibatkan diri dalam konflik Palestina versus Israel setelah Amerika Serikat terang-terangan ikut membela Israel dengan mengirim beberapa kapal induknya menuju perairan Israel. Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) memutuskan mengirim 6 kapal perusak menuju perairan dekat Palestina. PLA telah menempatkan dua kapal perusak canggih 052D di Timur Tengah seiring dengan ketegangan yang terus meningkat.

Termasuk dalam enam kapal perusak yang dikirim PLA ke perairan Timur Tengah adalah Zibo, kapal perusak berpeluru kendali, fregat Jingzhou, dan kapal pasokan Qiandaohu – yang semuanya akan ditempatkan di Timur Tengah saat Israel bersiap melakukan invasi darat ke Gaza. Presiden China Xi Jinping mengatakan pada hari Kamis bahwa solusi dua negara untuk mendirikan Palestina merdeka adalah “jalan keluar mendasar” dari perang Israel-Hamas. “Prioritas utama saat ini adalah gencatan senjata sesegera mungkin, untuk menghindari konflik meluas atau bahkan lepas kendali dan menyebabkan krisis kemanusiaan yang serius,” ujar Xi Jinping.

China terpancing mengirim kapal perangnya ke Timur Tengah setelah Amerika Serikat mengirim persenjataan ke Israel awal pekan ini. AS mengirim dua kapal induk – termasuk USS Gerald R. Ford dan USS Dwight D. Eisenhower – ke Mediterania timur bersama dengan pesawat yang dapat melakukan serangan udara. Lebih banyak lagi pesawat yang dikirim ke pangkalan militer AS di kawasan ini, termasuk skuadron jet tempur F-15 dan F-16.

Search