Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Gencatan Senjata Gaza-Israel Berlangsung Semalam Setelah Pertempuran Berhari-hari

Gencatan senjata yang diatur oleh Mesir telah mencapai kesepakatan pada Ahad (7/8/2022) malam. Gencatan senjata ini dilakukan setelah gejolak kembali terjadi di Gaza, dan merenggut sedikitnya 44 nyawa. Para pemimpin AS dan PBB meminta kedua pihak untuk melakukan gencatan senjata.

Presiden AS Joe Biden memuji gencatan senjata dan mendesak para pihak untuk melaksanakannya dengan benar dan untuk menjamin pasokan bahan bakar dan kemanusiaan mengalir ke Gaza. Dia juga meminta penyelidikan segera atas laporan korban sipil. Selama Ahad, Mesir yang sebelumnya berperan sebagai perantara antara Israel dan Gaza, menengahi gencatan senjata. Namun, militer Israel menyatakan bahwa mereka menyerang target Jihad Islam Palestina (PIJ) di Gaza segera setelah mulai berlaku pada Ahad malam sebagai pembalasan atas roket yang telah ditembakkan sebelumnya.

Serangan Israel di lokasi di Jalur Gaza, yang diklaim militer Israel sebagai reaksi terhadap ancaman dari kelompok militan, menandai awal dari permusuhan terbaru. Setelah Israel menahan seorang anggota PIJ teratas di Tepi Barat yang diduduki, ada hari-hari kerusuhan yang menyusul.

Search