Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Alasan Hamas Kembali Tolak Syarat Gencatan Senjata di Gaza

Hamas kembali menolak persyaratan baru Israel yang diajukan dalam perundingan gencatan Gaza, sehingga perundingan tersebut berakhir tanpa kesepakatan. Delegasi Hamas meninggalkan lokasi perundingan di ibu kota Mesir, Kairo, usai bertemu dengan para mediator dan menerima informasi soal putaran negosiasi terakhir. Dua sumber keamanan Mesir mengatakan pembicaraan berakhir tanpa kesepakatan, karena baik Hamas maupun Israel tak menyetujui kompromi yang diusulkan oleh mediator. Lantas, apa yang membuat perundingan gencatan senjata Gaza kembali mandek?

Dilansir Al Jazeera, poin-poin utama yang menjadi perdebatan dalam perundingan ini yakni soal kehadiran Israel di Koridor Philadelphi, yang merupakan perbatasan di sepanjang wilayah selatan Gaza dengan Mesir. Delegasi Hamas menuntut agar Israel mengikuti kesepakatan pada 2 Juli lalu, sesuai dengan proposal gencatan senjata yang diusulkan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan resolusi Dewan Keamanan PBB. Hamas mengaku siap melaksanakan kesepakatan demi kepentingan rakyat Palestina, namun menegaskan perlunya gencatan senjata secara permanan dan penarikan penuh semua pasukan Israel dari Gaza.

Hamas menyalahkan Israel dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu karena memaksakan tuntutan baru dan tidak serius dalam mencapai gencatan senjata. Netanyahu disebut bersikeras perang di Gaza terus lanjut, hingga kemenangan total atas Hamas bisa diraih. Pembicaraan perundingan gencatan senjata selama berbulan-bulan secara berkala juga gagal menghasilkan kesepakatan, padahal agresi Israel di Gaza sudah berlangsung lebih dari 10 bulan.

Search