Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Penangkapan Terduga Teroris di Batu dan Solo, Salah Satunya Rencanakan Aksi Bom Bunuh Diri

Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap terduga teroris di Kota Batu, Jawa Timur (Jatim), dan Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (31/7/2024). Di Kota Batu, tiga orang yang diringkus merupakan satu keluarga. Mereka tinggal di rumah kontrakan di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Salah satunya kini ditetapkan tersangka. Dia bernama HOK (19). Polisi menyebut, pria itu simpatisan kelompok teroris Daulah Islamiyah yang berafiliasi dengan ISIS. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, HOK merencanakan aksi bom bunuh diri di dua tempat ibadah di Malang, Jatim.

Dalam penggeledahan rumah kontrakan terduga teroris di Batu pada Kamis, polisi menemukan sejumlah barang bukti, antara lain bahan peledak berdaya ledak tinggi, satu ketapel, dan setoples gotri atau bola logam kecil. Juru Bicara Densus 88 Kombes Aswin Siregar menuturkan, HOK sudah membeli sejumlah barang untuk melakukan aksi teror. ”Ini hampir persiapan. Bahkan, sudah beli bahan, tidak lagi belajar (merakit bom),” ucapnya.

Di hari yang sama, Densus 88 juga menciduk satu terduga teroris di Solo. Penangkapan berlangsung di Stasiun Solo Balapan, Rabu sekitar pukul 19.00 WIB. “Satu terduga teroris berinisial M itu ditangkap di Solo Balapan,” jelas Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Artanto, Kamis.  Sementara itu, Vice President Public Relations PT KAI Anne Purba membeberkan, penangkapan dilakukan terhadap penumpang Kereta Api (KA) Gajayana, rute Malang-Jakarta. Sewaktu terjadinya penangkapan, KAI telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menjamin keselamatan penumpang KA.

Search