KPK Pastikan Penyelidikan Dugaan Korupsi Formula E Masih Berjalan

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan masih melakukan penyelidikan mengenai dugaan korupsi dalam balapan mobil listrik atau Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara. “Saya akan konsisten, Formula E masih lidik, selesainya bagaimana? selesainya yang terbaik,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 4 Agustus 2022.

Hingga kini, penyidik lembaga antirasuah masih melakukan pemeriksaan saksi perihal dugaan korupsi tersebut. Namun, Karyoto enggan menyebutkan secara detail perkembangan dari proses penyelidikan perkara dugaan korupsi Formula E. “Penyelidikan masih berjalan,” ujarnya.

Seperti diketahui, hajatan balap mobil listrik Formula E di Jakarta pada Juni tahun depan menuai pro dan kontra. Gubernur Anies Baswedan digoyang hak interpelasi yang dimotori Fraksi PDIP dan PSI di DPRD DKI.  Hak interpelasi itu muncul karena adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait perhelatan Formula E. Namun, 7 fraksi lainnya di DPRD tidak setuju hak interpelasi dan mendukung perhelatan Formula E. Di sisi lain, anggota DPRD DKI Fraksi PDIP, Manuara Siahaan mengatakan, anggaran untuk kegiatan balapan mobil di kawasan Monas Jakarta tahun depan menelan anggaran yang cukup besar. “Ada potensi pemborosan anggaran Rp4,48 triliun. Sebuah jumlah uang yang sangat besar,” kata Manuara.