Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Bahaya Aksi Terorisme Selain Menghilangkan Nyawa juga Merusak Demokrasi

Aksi terorisme tidak hanya menghilangkan nyawa banyak orang tetapi juga memiliki dampak jauh pasca terjadinya serangan. Dampak itu meliput ketakutan dari banyak warga masyarakat karena tindak terorisme ini juga merupakan propaganda kekerasan. Tindak terorisme ini juga menghancurkan sebuah negara demokrasi karena mencapai tujuan dengan jalan kekerasan dan bahkan dapat menyebabkan konflik diantara sejumlah negara.

Hal itu menjadi salah satu pembahasan dalam Seminar International Dangers of Terrorism: Commemorating the Tragedy of 26/11 Mumbai Terror Attacks hari Kamis (24/11) di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hadir dalam seminar ini dua pakar dari India Letjen (Purn) Shokin Chauhan, Former Director-General of the Assam Rifles, dan  Dr. Sameer Patil, Senior Fellow at the Observer Research Foundation (ORF).

Pelaksanaan program deradikalisasi di Lapas dilakukan secara terpadu, sistematis, dan berkesinambungan sepanjang tahun 2022 dengan menempatkan personel dari Subdit Pengembangan Lapas di wilayah Nusakambangan dan Gunung Sindur, katanya. Ditambahkan, pelaksanaan Program Deradikalisasi melalui Keluarga, Tersangka, Terdakwa, dan Narapidana, (Tahanan Teroris) dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada narapidana yang telah kooperatif menghadirkan keluarganya.