Soekarwo Tegaskan Peran Pemuda Strategis Wujudkan Indonesia Negara Maju

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres RI),  Soekarwo,  mengatakan pemuda memiliki peran penting dalam upaya melakukan perubahan dan menjadikan Indonesia menuju negara maju yang demokratis. “Sejarah telah membuktikan bahwa pemuda telah berbuat, namun tantangan terus datang, dari dalam dan luar negeri. Pemuda harus belajar dari sejarah agar memiliki jati diri dan memiliki dasar yang kuat, dan agar mengetahui dari mana perubahan harus diusahakan,” kata  Pakde Karwo, panggilan akrab Soekarwo  Saat memberikan Orasi Ilmiah  dalam Konferensi Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Konferda GAMKI) Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Sabtu (23/7/2022).

Soekarwo  mengingatkan para pemuda, utamanya Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) bisa mengambil peran aktif dalam program-program pemerintah untuk mengurangi ketimpangan dan mengurangi kemiskinan. “Para angkatan muda dan GAMKI harus terlibat aktif dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah, sektor-sektor usaha rakyat, usaha pertanian dan perdesaan,” kata Gubernur Jawa Timur 2009-2019 ini.
Soekarwo melanjutkan, GAMKI dan organisasi kepemudaan diharapkan berperan dalam upaya-upaya mewujudkan dalam kedaulatan bangsa di tengah tantangan-tantangan domestik dan global yang sangat dinamis dewasa ini utamanya di sektor pangan, energi dan air.

Acara ini juga dihadiri Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik yang juga anggota DPR RI,  Guru Besar Universitas Airlangga, Prof. Hotman Siahaan, dan para pengurus  GAMKI dari 26 Kota dan Kabupaten  di Jawa Timur.