Peringatan Maulid Nabi PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DAN HAUL HABIB THOHA BIN MUHAMMAD BIN YAHYA (KRT JOYOKUSUMO)

Anggota Wantimpres Habib Luthfi, menghadiri kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul KRT Joyokusumo (Habib Thoha Bin Muhammad Bin Yahya) yang diadakan oleh Pemerintah Kota Semarang pada hari Selasa,17 Mei 2022. Acara tersebut berlangsung di area wisata religi Makam Waliyullah Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya di Depok, Kembangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Walikota Semarang yang turut hadir bersama unsur Forkopimda lainnya, mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mencintai Indonesia. “Jadikanlah momentum haul pada malam hari ini untuk semakin cinta kepada NKRI beserta alat-alatnya seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945” ujarnya.

Sementara itu, pada manaqib (biografi) yang dibacakan oleh Hasbullah Ahmad, Sekretaris Anggota Wantimpres Habib Luthfi, terungkap bahwa Habib Thoha adalah seorang ulama yang berperan besar dalam memajukan ekonomi dan stabilitas keamanan di Semarang dan kawasan Pantai Utara. Salah satu media dakwah beliau adalah dengan menggunakan seni dan budaya antara lain yaitu syair berisi petuah dan ajaran tentang Kepemimpinan dan Tatakrama serta semangat untuk maju dan tangguh yang berjudul Surung Dayung. Syair tersebut hingga saat ini masih sering dilantunkan untuk menumbuhkan nasionalisme khususnya di wilayah Pantura.

Peringatan Haul Habib Thoha yang diselenggarakan untuk pertama kalinya pasca pandemi Covid 19 ini mendapatkan respons positif dan dukungan penuh bukan saja dari Pemkot Semarang tetapi juga dari warga masyarakat. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang secara antusias hadir dengan tertib hingga acara selesai. (MF)