Pembumian Pancasila Perlu Dilakukan secara Konsisten dan Berkelanjutan

Sekretaris Anggota Wantimpres, Ganjar Razuni dan Tim Ahli Wantimpres serta Tim Kajian melaksanakan pertemuan terbatas mengenai Pembinaan Ideologi Pancasila pada hari Kamis, 28 Oktober 2021. Pertemuan yang dilakukan secara hybrid tersebut dihadiri oleh dua orang narasumber secara luring yaitu: Andri Hernandi (Ketua Presidium III Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia) dan As’ad Said Ali (Wakil Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama 2010-2015), sedangkan seorang narasumber lainnya Antonius D.R. Manurung (Ketua Umum DPP Gerakan Pembumian Pancasila) hadir secara daring.

Pada kesempatan tersebut, para narasumber memaparkan meskipun masih diperlukan upaya untuk membumikan Pancasila secara konsisten dan berkelanjutan, tetapi Pancasila telah menjadi jalan tengah dalam memoderasi segala unsur bangsa Indonesia yang majemuk. Pancasila juga menjadi pendorong spirit bangsa dalam membangun kebudayaan dan sumber daya manusia.

Pertemuan sesi I di hari kedua ini merupakan bagian akhir dari serangkaian kegiatan pertemuan terbatas yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut.
Melalui kegiatan ini, diharapkan muncul gagasan strategis dan komprehensif tentang pelaksanaan dan penerapan pembinaan ideologi Pancasila yang aplikatif dalam keseharian segenap bangsa Indonesia dengan keragaman latar belakang kultural dan agama berbeda-beda. (AB)