Survei: 82 persen Konsumen Pilih Belanja Elektronik lewat E-Commerce daripada Offline

Perusahaan riset Populix melaporkan sebanyak 82 persen masyarakat Indonesia menjadikan e-commerce sebagai pilihan dalam membeli produk elektronik. Adapun perilaku ini bergeser, dimana sebelumnya masyarakat lebih percaya membeli barang secara offline. Survei yang dilakukan Populix pada Juli 2023 ini mengungkap bahwa e-commerce menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia (82 persen) untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga dan kesehatan dibandingkan melalui media sosial (13 persen) maupun secara offline (6 persen).

Berdasarkan riset tersebut, beberapa alasan yang mendorong mereka untuk memilih berbelanja barang tersebut melalui platform e-commerce, yakni hemat waktu dan tenaga (79 persen), gratis ongkos kirim (72 persen), harga lebih murah dari toko offline (62 persen), tersedia diskon pembelian (61 persen), dan kemudahan membandingkan harga dengan toko lain (57 persen). Sementara tiga brand e-commerce yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam membeli produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan meliputi Tokopedia, Shopee, dan Lazada dengan Tokopedia (44 persen) menempati top of mind masyarakat Indonesia, disusul dengan Shopee (40 persen) dan Lazada (11 persen).

Riset tersebut juga mengungkapkan, dari sisi anggaran yang dikeluarkan berbelanja e-commerce pun lebih tinggi dibandingkan dengan belanja media sosial. Tetapi masih cenderung di bawah anggaran ketika membeli barang dengan mengunjungi toko secara langsung, khususnya kategori produk elektronik. Head of Research Populix Indah Tanip mengungkapkan, saat ini, masyarakat Indonesia cenderung memilih berbelanja produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan melalui e-commerce. Pada era persaingan yang semakin ketat di dunia perdagangan online, kepercayaan menjadi faktor utama yang memengaruhi pilihan konsumen terhadap platform e-commerce yang mereka gunakan.

Search