Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek telah menyusun panduan pendidikan perubahan iklim guna menyikapi isu perubahan iklim yang terjadi saat ini. BSKAP menyebutkan, pihaknya telah menyusun panduan pendidikan perubahan iklim sebagai salah satu isu prioritas dalam kurikulum nasional melalui kerja sama dengan berbagai pihak.
Ketua Tim Kurikulum, Pusat Kurikulum, dan Pembelajaran (Puskurjar) Kemendikbudristek Yogi Anggraena menyampaikan, nantinya materi tentang perubahan iklim bukan sebagai mata pelajaran baru untuk dipelajari oleh anak. Akan tetapi, perubahan iklim akan menjadi bagian dari intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Kemendikbudristek juga menyusun panduan yang berisi berbagai contoh praktik baik, juga sebagai alat bantu untuk dipelajari oleh satuan pendidikan. Yogi berharap, langkah tersebut membuat pendidikan perubahan iklim ini bisa menjadi gerakan bersama.
Kepala Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Luckmi Purwandari mengapresiasi hadirnya panduan yang disusun oleh Kemendikbudristek. Ia menjelaskan, dengan adanya pendidikan perubahan iklim, anak-anak sekolah juga akan mendapat berbagai pengetahuan tentang potensi bahaya dari perubahan iklim berikutnya potensi potensi yang dimiliki di daerahnya.