Mendikbudristek: 50 Persen Peserta Didik Belum Capai Kompetensi Literasi

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, menyampaikan hasil asesmen nasional terhadap peserta didik. Salah satunya adalah masih rendahnya kompetensi literasi dan numerasi. 

Peserta didik di Indonesia memiliki survei karakter yang cukup tinggi dalam asesmen nasional ini. Khususnya dalam hal moralitas, spiritualitas, dan kreativitas. Dari hasil asemen tersebut, dia menyampaikan adanya kesinambungan antara kompetensi literasi dan numerasi dengan suvei karakter. Jika kompetensi numerasi dan literasinya tinggi, maka survei karakternya juga tinggi.

Asesmen nasional terdiri dari tiga aspek penilaian, yakni kompetensi literasi-numerasi, karakter, dan lingkungan pembelajaran. Untuk kompetensi literasi-numerasi, asesmen berfokus pada pengembangan daya nalar dibanding pengetahuan konten. Selanjutnya untuk karakter, survei dilakukan terhadap sikap, nilai, dan kebiasaan yang mencerminkan profil Pelajar Pancasila. Serta, basis untuk tumbuh kembang peserta didik secara utuh dan tidak hanya berfokus pada dimensi kognitif. 

Lingkungan pembelajaran yang pengukurannya terhadap kualitas pembelajaran, refleksi pendidik, perbaikan praktik belajar, iklim keamanan, dan inklusivitas satuan pendidik. Serta, latar belakang keluarga peserta didik.

Search