Mewakili Habib Luthfi, Hasbullah Ahmad, Sekretaris Anggota Wantimpres Menghadiri Kirab Merah Putih di Semarang

Mewakili Habib Luthfi, Hasbullah Ahmad Sekretaris Anggota Wantimpres menghadiri Kirab Merah Putih dalam rangka memperingati Haul Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya atau dikenal sebagai Mbah Depok (17/5/2022). Acara yang digagas oleh Habib Luthfi ini kembali diselenggarakan setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid 19.

Kirab Merah Putih diikuti oleh para santri, pelajar, ormas, kelompok kesenian dan perwakilan lintas agama diawali prosesi mengarak bendera merah putih sepanjang 300 meter dari makam Habib Thoha menuju Balai Kota Semarang. Selanjutnya bendera merah putih diserahkan secara simbolis oleh Rois Syuriah PCNU Kota Semarang KH. Hanief Ismail kepada Walikota Semarang Hendra Prihandi. Selain Forkopimda, acara kirab merah putih ini juga dihadiri secara langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono atas undangan Habib Luthfi.

Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut memuji penyelenggaraan Kirab merah putih seraya menegaskan bahwa “ini menjadi simbol menghargai para pendahulu yang memiliki kontribusi besar untuk kesatuan bangsa. Ajaran-ajaran spiritual dari Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya menjadi pemersatu negara ini”. Sedangkan Walikota Semarang merasa bersyukur dengan keberadaan makam Habib Thoha sekaligus bangga karena Semarang menjadi bagian dari bermukimnya para leluhur habaib di Indonesia. “Semarang beruntung karena dalam perjalanan sejarah ditinggali oleh beberapa tokoh luar biasa, ada Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya dan putranya Habib Hasan bin Thoha bin Yahya, semoga keberadaan 2 makam tersebut membawa barokah bagi Jawa Tengah dan Semarang khususnya.
Karomah Habib Thoha dalam perjuangannya mempertahankan NKRI seyogyanya menginspirasi kita dalam mengisi pembangunan ke depan” ujarnya.