Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Kunjungan Kerja Mardiono ke Polda Banten

Pada hari Kamis, 17 Maret 2022, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhamad Mardiono melakukan kunjungan kerja ke Polda Banten. Pada kegiatan ini, Mardiono bersama Wakil Ketua MPR, Arsul Sani, mengadakan pertemuan dan diskusi bersama Kapolda Banten, Rudy Heriyanto Nugroho, membahas penguatan ekonomi rakyat melalui UMKM sebagai bagian dari percepatan pemulihan ekonomi.

Menindaklanjuti hasil temuan di lapangan, Mardiono melihat masyarakat masih mengeluhkan adanya beberapa hambatan bagi masyarakat dalam melakukan aktifitas ekonomi. Di lain pihak, Mardiono juga menyoroti daya saing pelaku usaha saat ini yang perlu ditingkatkan karena masih tingginya biaya produksi dan operasional termasuk biaya logistik.

Mardiono mengungkapkan bahwa saat ini jumlah UMKM telah mencapai hampir 65 juta unit usaha dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61% dan mampu mempekerjakan sebanyak 97% dari total tenaga kerja yang ada.

Oleh karenanya, Mardiono menyatakan bahwa kehadiran Kepolisian untuk mengawal program pemulihan ekonomi nasional sangat diperlukan, termasuk untuk mencegah dan memberantas terjadinya pungli dan premanisme dalam kegiatan usaha terutama bagi UMKM. Sehingga ekonomi biaya tinggi yang memberatkan para pelaku usaha dan menghambat percepatan pemulihan ekonomi dapat ditekan.