Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Audiensi Muhamad Mardiono dan Agung Laksono membahas pengembangan dan pemanfaatan teknologi bidang kesehatan

Muhamad Mardiono dan Agung Laksono, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), didampingi Sekretaris Anggota Wantimpres, Mohammed Ali Berawi, Ganjar Razuni dan Devanto Pratomo, menerima audiensi perusahaan pengembang teknologi kesehatan, yang dihadiri oleh Arief Wibowo, Akbar Dharmaputra, Hendro Wicaksono dan Muhammad Islahuddin, pada hari Rabu, tanggal 27 Juli 2022 di Kantor Dewan Pertimbangan Presiden.

Pertemuan ini membahas pemanfaatan teknologi terkini dan pengembangan penelitian pada sektor kesehatan. Kemajuan teknologi di bidang kesehatan memiliki peran untuk meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat dan kualitas pelayanan kesehatan. Pertemuan ini juga membahas strategi pengembangan teknologi kesehatan dalam negeri dan optimalisasi peralatan, standarisasi dan fasilitas uji klinis yang ada. Jika teknologi kesehatan dapat dikembangkan dengan maksimal, maka dapat mempersingkat dan mempercepat penanganan penyakit pasien.

Mardiono dan Agung Laksono menyatakan bahwa dukungan pengembangan ekosistem termasuk teknologi sektor kesehatan mutlak diperlukan karena dengan jumlah populasi besar yang dimiliki Indonesia maka ketahanan kesehatan menjadi salah satu faktor penting untuk mewujudkan negara maju dan kuat. Peningkatan ketahanan kesehatan melalui berbagai upaya prefentif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif akan terus diperkuat melalui pengembangan dan inovasi teknologi kesehatan. Diharapkan berbagai penelitian dan pengembangan teknologi kesehatan akan menjadi upaya untuk mewujudkan kemandirian produk dan daya saing industri kesehatan nasional