Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Habib Luthfi Menghadiri Kegiatan Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI

Sabtu 13 November 2021, dilaksanakan kegiatan Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2021 yang diselenggarakan di Kota Pekalongan. Bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI tahun 2021 adalah Mayjend TNI (Mar) Suhartono, Komandan Korps Marinir TNI AL, dan sebagai komandan upacara Letkol (Mar) Ridwan Azis. Kegiatan ini selain dihadiri oleh M. Luthfi Ali Yahya (Habib Luthfi) juga dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan dan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat di antaranya para Aparatur SIpil Negara (ASN), TNI/Polri, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Santri dan Pelajar, serta Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Dalam kegiatan yang digagas oleh Habib Luthfi ini, para peserta diingatkan mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Penguatan nilai agama, nasionalisme dan kebhinekaan kepada peserta dilakukan melalui rangkaian prosesi kegiatan di antaranya dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Bagimu Negeri, pembacaan Teks Pancasila dan Ikrar NKRI, menghenikan cipta dan pembacaan doa.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara menyampaikan beberapa hal yang pada hakekatnya bahwa agama, nasionalisme, dan kebhinekaan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Hal-hal yang disampaikan di antaranya “cinta tanah air bagian dari Iman”, “agama tanpa nasionalisme akan ekstrem tetapi nasionalisme tanpa Agama akan kering”, serta “kita (warga Indonesia) boleh tidak sama tapi harus bisa bekerjasama”.