Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

H.R. Agung Laksono Meninjau Ekowisata Nusliko Park, Halmahera Tengah

Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan, terlebih daerah ini merupakan kabupaten yang relatif masih muda dan kaya akan sumber daya alam. Kabupaten ini berupaya untuk mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi dengan cara memanfaatkan seluruh potensi sumber daya alam yang tersedia.

Oleh karena itu, H.R. Agung Laksono, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden dalam rangkaian kunjungan di Provinsi Maluku Utara, mengunjungi Ekowisata Nusliko Park untuk melihat pesona salah satu kawasan wisata unggulan yang tergambar pada dokumen perencanaan daerah dalam pengembangan kawasan secara berlanjut, Sabtu (2/10).

Ekowisata Nusliko Park merupakan kawasan ekowisata yang berada di Desa Nusliko, Kecamatan Weda, Halmahera Tengah berjarak 1,5 km di sebelah selatan dari pusat kota Weda. Luas telaga Nusliko mencapai 4 km persegi, dikelilingi hutan mangrove yang dapat dinikmati pesona keindahan alam dalam keberagaman flora fauna baik untuk wisata tracking, wisata mancing dan wisata perahu. Selain itu, bentukan landscape alam yang unik dan menarik menjadi daya tarik dari Ekowisata Nusliko Park yang instagramable ini.

Selain untuk pariwisata, Ekowisata Nusliko Park juga merupakan kawasan vegetasi meliputi vegetasi alami, vegetasi mangrove, vegetasi fauna perairan dan vegetasi terestrial sebagai salah satu upaya untuk mencegah degradasi lingkungan akibat pembangunan fisik dengan mempertahankan dan memanfaatkan keberadaan ruang terbuka hijau seperti hutan kota menjadi ekowisata.

Pengembangan kawasan wisata Ekowisata Nusliko Park ini juga bertujuan untuk menggerakkan perekonomian daerah antara lain meningkatkan pendapatan daerah dan meningkatkan pendapatan masyarakat lokal yang melakukan aktivitas ekonomi usaha kecil dan menengah di sekitar Nusliko.

Agung berharap Ekowisata Nusliko Park semakin berkembang lebih baik dan menjadi sektor unggulan yang menarik banyak wisatawan lokal dan internasional sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah dengan tetap memelihara konservasi kekayaan alam. (EW)

Search