Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

2 ANGGOTA DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN RI BERTOLAK KE ARAB SAUDI MENJEMPUT 3 PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI)

Jakarta, 29 Agustus 2024.   Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres) Sidarto Danusubroto dan Djan Faridz pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2024 bertolak ke Arab Saudi didampingi oleh Sekretaris Anggota Wantimpres Sudiman Tarigan dan Kasubdit Pelindungan WNI untuk wilayah Timur Tengah Kementrian Luar Negeri Akhmad Baihaqie. Keberangkatan kedua Anggota Wantimpres bertujuan melakukan penggalian informasi mengenai permasalahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sekaligus menjemput 3 PMI beserta 3 orang anaknya yang berada di Arab Saudi.

Di Arab Saudi Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto dan Djan Faridz disambut dibandara King Abdul Aziz Jeddah  oleh Konjen KJRI untuk Jeddah, Bapak Yusron Ambary. Selama berada di Jeddah, Anggota Wantimpres mengunjungi KJRI Jeddah dan melakukan diskusi dengan Konjen dan staf KJRI terkait permasalahan PMI di Arab Saudi. Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto dan Djan Faridz juga melakukan kunjungan ke shelter KJRI Jeddah dan berbincang dengan PMI.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubrto dan Djan Faridz juga melakukan kunjungan ke Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), dimana mayoritas murid didiknya adalah anak dari PMI. Dalam kesempatan tersebut, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden  memberikan bingkisan berupa tas sekolah dan alat tulis bagi murid didik SIJ.

Melalui siaran persnya Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto menjelaskan bahwa kedatangannya ke Arab Saudi merupakan bagian dari kunjungan kerja terkait dengan kajian yang sedang dilakukan oleh Wantimpres yakni mengenai penyelesaian permasalahan PMI.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa PMI kita yang bekerja di Arab Saudi jumlahnya sangat banyak dan beberapa di antara mereka menghadapi permasalahan yang beragam. Melalui kajian yang kami buat kiranya akan dapat membantu memberikan masukan kepada Bapak Presiden terkait penyelesaian permasalahan PMI kita khususnya  yang berada di Arab Saudi. Memanusiakan Pekerja Migran Indonesia.” Ujar Sidarto.

“Pemerintah Indonesia sangat concern dan peduli dengan permasalahan yang terjadi pada PMI kita dan selalu berupaya agar negara selalu hadir untuk memberikan pelindungan bagi PMI kita dimanapun mereka berada.”jelas Sidarto  Danusubroto.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Djan Faridz yang ikut serta dalam kunjungan kerja menambahkan bahwa kunjungan ini menjadi istimewa sebab tidak hanya melakukan tatap muka dan memberikan pembekalan serta sharing kepada PMI yang berada di Arab Saudi namun juga membawa serta 3 PMI dan anak-anaknya pulang ke tanah air.

“Setelah beberapa hari kami melakukan kunjungan kerja di Arab Saudi, pada hari ini kami tiba kembali ke tanah air bersama 3 PMI kita dari Arab Saudi.  Ketiga PMI ini berasal dari Sukabumi, Indramayu dan Sumbawa NTB, selain ketiga PMI tersebut ada pula 3 anak PMI  yang ikut serta kembali ke tanah air, ada  balita berusia 5 bulan, 10 bulan serta berusia 4 tahun. Alhamdulillah mereka semua dalam keadaan sehat.” Ungkap Djan Faridz.

“Kita semua berharap agar PMI kita di negara manapun mereka bekerja dapat bekerja dengan tenang, nyaman, aman dan kembali ke tanah air lebih sejahtera. PMI kita adalah pahlawan devisa negara untuk itu negara selalu hadir dalam memberikan pelindungan bagi PMI dimanapun PMI kita  berada” tutup Djan Faridz.

Search