Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Gandi Sulistiyanto Mendampingi Presiden Joko Widodo Dalam Kunjungan Ke Vietnam

Jumat, 12 Januari 2024, saya mendampingi Presiden Joko Widodo dan delegasi terbatas dalam kunjungan kenegaraan ke Istana Kenegaraan Viet Nam di Hanoi. Hujan rintik-rintik menyambut kedatangan kami. Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi, Menteri Perindustrian, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kelautan dan Perikanan, Bapak Sakti Wahyu Trenggono, dan Kepala Staf Kepresidenan Bapak Moeldoko.

Presiden disambut langsung oleh Presiden Viet Nam Võ Văn Thưởng. Dalam kunjungan ini, telah dilakukan pertemuan bilateral antara kedua negara, serta pertukaran Nota Kesepahaman antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan dari kedua negara.

Ketika menyampaikan keterangan pers bersama Presiden Viet Nam, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dan Viet Nam telah berhasil mencapai target perdagangan sebesar 10 miliar USD dan sepakat untuk meningkatkan target perdagangan baru. Presiden juga mendorong perusahaan Viet Nam untuk meningkatkan investasi di Indonesia. Kedua negara juga sepakat untuk memperkuat kerja sama ketahanan pangan, khususnya dalam bidang pertanian dan perikanan.

Search