Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Kunjungan Wantimpres ke Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto beserta Anggota Wantimpres, Putri Kus Wisnu Wardani, H.R. Agung Laksono dan Soekarwo melakukan kunjungan kerja ke Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada hari Senin (26/06). Turut hadir mendampingi Sekretaris Wantimpres, Agus Widodo, Sekretaris Ketua Wantimpres Begi Hersutanto dan para Sekretaris Anggota Wantimpres Hasbullah Ahmad, Devanto S. Pratomo dan Jan Prince Permata. Tujuan Wantimpres melakukan kunjungan ke UB dan UMM guna mendapatkan masukan mengenai peran Universitas dalam rangka memberikan kontribusi kepada upaya pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Wantimpres harus terus bergerak mendengar dan menyaksikan apa yang terjadi di masyarakat atas kebijakan yang telah disampaikan oleh Presiden.

Dalam kunjungannya ke UB, Wantimpres diterima langsung oleh Rektor, Prof. Widodo beserta para Wakil Rektor, para Dekan dan civitas akademika UB di Gedung Rektorat UB. Pada pertemuan dengan UB, dibahas mengenai pengembangan IPTEK yang sangat penting dan sangat berguna bagi kemajuan bangsa. “Presiden sudah wanti-wanti bahwa persaingan global akan diwarnai dengan persaingan yang sangat ketat sekali, pemenangnya bukan negara yang besar dan kuat tetapi siapa yang paling cepat menangkap peluang, mengadopsi teknologi maju yang kemudian dikembangkan untuk mendapatkan suatu keuntungan bagi pembangunan ekonomi nasional”, ujar Wiranto.

Wantimpres ingin mendapat masukan dari UB, terkait dengan seberapa jauh peran yang dapat dimainkan oleh universitas dalam mendukung kebijakan Presiden. Hal ini terutama untuk mengembangkan IPTEK bagi generasi sekarang dan yang akan datang. “13 tahun yang akan datang merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk bisa bergerak dari negara berkembang menjadi negara maju,” tegas Wiranto.

Rektor UB mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Wantimpres, memberikan masukan bagi pengembangan UB ke depan, banyak diskusi dan mendapatkan arahan dari Wantimpres mengenai bagaimana perguruan tinggi dapat merespons perkembangan teknologi khususnya untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.

Masih pada hari yang sama, Wantimpres beserta jajaran melakukan kunjungan ke UMM. Dalam kunjungannya ke UMM, Wantimpres diterima langsung oleh Rektor, Prof. Fauzan, para Wakil Rektor, para Dekan dan civitas akademika UMM. Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Rektorat Kampus III UMM membahas mengenai Peran Pendidikan Muhammadiyah dalam Revitalisasi dan Penguatan Karakter Bangsa.

Wantimpres mengapresiasi program UMM untuk menyongsong Indonesia Emas. Ketua Wantimpres menyampaikan bahwa dalam rangka menghadapi persaingan global membutuhkan karakter yang kuat, bagaimana menciptakan suatu kondisi yang kondusif untuk mencapai berbagai tujuan yang telah diterapkan Pemerintah. Dalam membangun bangsa dan mencapai tujuan Indonesia emas 2045, perlu adanya persatuan, toleransi, dan juga kolaborasi dari semua unsur negara.

Selanjutnya Rektor UMM menjelaskan upaya nyata UMM untuk membangun bangsa melalui program pusat unggulan untuk mengakselerasi dan memperkuat link and match antara perguruan tinggi dengan dunia nyata.

Search