Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Putri Kus Wisnu Wardani Mendukung Kebaya Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Putri Kus Wisnu Wardani, mengikuti dan mendukung penuh inisiatif yang dilakukan oleh Pertiwi Indonesia bersama Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia melalui kegiatan jalan pagi santai bertajuk CFD Berkebaya pada hari Minggu 19 Juni 2022 di lokasi Car Free Day (CFD) Sudirman-Thamrin, mulai dari halaman Kemendikbud Ristek RI dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia.

Kegiatan berkebaya di lokasi CFD ini bertujuan untuk mempopulerkan dan melestarikan kebaya, busana adat khas Indonesia, yang direncanakan diajukan ke UNESCO untuk diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda asal Indonesia. Kegiatan jalan pagi santai dipilih sebagai bentuk penyampaian aspirasi tersebut dan sebagai pengingat bahwa kebaya selain sebagai busana khas Indonesia juga merupakan busana yang dapat dikenakan dalam berbagai waktu dan kesempatan. Selain itu ini adalah salah satu upaya dalam memperkuat akar budaya bangsa agar tidak mudah goyah oleh derasnya pengaruh dari luar.

Sebanyak 3700 peserta berpartisipasi pada kegiatan ini, baik secara pribadi maupun dari berbagai organisasi perempuan. Turut hadir pada kegiatan ini Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Search