Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Bahas Konflik di Gaza, Jokowi Segera Meluncur ke KTT Darurat OKI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri KTT Darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Arab Saudi. Jokowi menjelaskan bahwa situasi terkini Gaza, Palestina, akan menjadi bahasan dalam KTT tersebut. “Ini kan belum, tetapi KTT OKI ini khusus memang membicarakan Gaza,” ujar Jokowi disela-sela kunjungan kerjanya di Purwakarta, Kamis (9/11/2023).

Puncak KTT OKI akan berlangsung di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (12/11/2023), Jokowi belum memberikan penjelasan secara detail mengenai poin-poin pertemuan antara pemimpin negara anggota OKI itu. Namun, dia memastikan bahwa pertemuan ini merupakan respons dari konflik antara Israel dan kelompok Hamas Palestina di Gaza.

Jokowi juga mengungkapkan, setelah KTT OKI selesai, dirinya bakal terbang ke Amerika Serikat (AS) untuk menemui Presiden Joe Biden. Melalui pertemuan itu, Jokowi bakal meminta Joe Biden untuk turut bertindak menghentikan perang Israel dan Hamas. Hal ini tak terlepas karena AS merupakan sekutu Israel. Posisi AS dinilai sangat berpengaruh terhadap konflik di Gaza.

Search