Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Digagas RI, OKI Rapat Darurat Bahas Dampak Perang Hamas-Israel di Gaza

Organisasi Kerja sama Islam (OKI) akan menggelar rapat darurat membahas dampak perang Israel vs Hamas Palestina yang berlangsung sejak 7 Oktober lalu. Rapat darurat ini akan digelar di Riyadh, Arab Saudi, pada (18/10). Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia menyatakan RI dan sejumlah negara OKI mengusulkan pertemuan khusus tingkat menteri ini.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan terus melakukan komunikasi dengan para Menlu negara sahabat untuk menggalang suara soal situasi di Palestina. Retno juga akan menghadiri langsung pertemuan tersebut usai dari Beijing. Sejumlah menteri mengikuti kunjungan resmi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke China sejak Senin. Setelah dari Negeri Tirai Bambu, Jokowi dan delegasi memang dijadwalkan akan ke Arab Saudi.

Belakangan ini, situasi di Gaza menjadi sorotan karena pasukan Israel dan Hamas terus berperang sejak 7 Oktober. Israel bahkan sempat mengultimatum ke warga Gaza untuk pindah karena mereka akan melancarkan serangan besar-besaran ke wilayah kekuasaan Hamas. Namun, sejumlah komunitas dan organisasi internasional mengecam seruan tersebut. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan menyebut jika eksodus itu terjadi akan memicu bencana manusia.

Search