Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

China Protes Bantuan Senjata AS untuk Taiwan: Salah dan Berbahaya!

Pemerintah China melayangkan protes keras atas bantuan senjata yang diberikan oleh Amerika Serikat (AS) untuk Taiwan. Beijing mendesak Washington untuk menahan diri dari menempuh jalan yang disebutnya ‘salah dan berbahaya’. Sebelumnya, AS mengumumkan paket bantuan untuk Taiwan yang nilainya mencapai US$ 345 juta (Rp 5,2 triliun) pada Jumat (28/7) pekan lalu, setelah Kongres mengesahkan bantuan senjata senilai US$ 1 miliar (Rp 15 triliun) untuk Taipei sebagai bagian dari anggaran tahun 2023.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China, Tan Kefei, menegaskan AS harus menghentikan segala bentuk ‘kolusi militer’ dengan Taiwan. “Masalah Taiwan menyangkut kepentingan inti China dan merupakan garis merah yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan China-AS,” tegas Tan dalam pernyataannya.

AS sendiri merupakan pemasok senjata terpenting bagi Taiwan dan terikat oleh undang-undang (UU) untuk menyediakan sarana mempertahankan diri, meskipun tidak ada hubungan diplomatik resmi dan selalu memicu kemarahan Beijing dengan adanya penjualan senjata semacam itu. Pada Juli lalu, jenderal top AS mengatakan bahwa pihaknya dan sekutu-sekutu AS harus mempercepat pengiriman senjata Taiwan dalam beberapa tahun mendatang untuk membantu pulau itu mempertahankan diri.


Search