Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

PUPR Pastikan Seluruh Infrastruktur Penunjang KTT ASEAN Rampung April

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan Labuan Bajo untuk menjadi lokasi perhelatan KTT ASEAN pada awal pekan ini. Kementerian PUPR memastikan seluruh infrastruktur pendukung perhelatan yang akan diselenggarakan pada Mei 2023 rampung bulan depan.

KTT ASEAN akan digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori di Labuan Bajo. Adapun infrastruktur yang tengah dibangun untuk menunjang perhelatan ini, yakni pembangunan round about Beach Club, shelter dermaga, penataan lansekap dan pemasangan geomat pada koridor jalan kawasan Tana Mori, helipad, dan pembangunan parkiran berkapasitas 100 unit mobil yang direncanakan semuanya selesai di pertengahan April atau setidaknya di akhir April 2023.

Pemerintah berharap perhelatan KTT ASEAN akan mendorong lebih banyak wisatawan berkunjug ke destinasi prioritas. Kunjungan wisatawan asing ke Nusa Tenggara Timur sebenarnya menunjukkan tren kenaikan dalam 10 tahun terakhir, dengan kunjungan tertinggi pada 2019 mencapai 155,9 ribu orang.Namun, tren pertumbuhan kunjungan Wisman anjlok ketika pandemi Covid-19. Pada 2020 saat tahun pertama pandemi, jumlah kunjungan wisman ke Nusa Tenggara Timur anjlok menjadi 44,7 ribu orang. Jumlahnya merosot lagi pada 2021 menjadi hanya 8,74 ribu orang.

Search