Menteri Sri Mulyani Sebut Harta Rafael Alun Rp 56 M Tak Masuk Akal, Cek Kekayaannya

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menyelidiki harta kekayaan eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo yang mencapai Rp 56 miliar mencurigakan dan tidak masuk akal. Pengusutan harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo adalah buntut dari kasus penganiyaan yang dilakukan Mario Dandy Satrio. Mario Dandy adalah anak dari Rafael Alun Trisambodo yang melakukan tindakan penganiayaan terhadap David di Pesanggarahan, Jakarta Selatan.

Sri Mulyani tak membantah, harta fantasis yang dimiliki Rafael dan banyak dibicarakan oleh masyarakat dinilai juga tak masuk akal. “Terhadap yang bersangkutan, yang masyarakat sudah mengatakan ini kayaknya doesn’t make a sense (tidak masuk akal), kita juga tahu itu tidak make sense (masuk akal),” ujar Sri Mulyani dalam acara Economic Outlook 2023, Selasa (28/2). Oleh karena itu, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pihaknya akan langsung melakukan pemeriksaan internal dari Kemenkeu untuk melakukan pemeriksaan terhadap harta Rafael. Namun dirinya mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut harus melalui prosedur, tidak boleh sembarangan.

“Terus orang menanyakan kapan koreksi dilakukan, bagaimana bentuknya? Bagaimana pun ini institusi publik yang memang kami terikat dengan Undang-Undang (UU) publik, UU aparatur sipil negara (ASN), UU tentang keuangan negara. Jadi ngak bisa seenaknya sendiri,” ungkap Menkeu.

Search