Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

AS ke China: Serang Taiwan Akan seperti Kesalahan Rusia di Ukraina

Jenderal tinggi Pentagon pada Rabu (16/11) memperingatkan China bahwa setiap serangan terhadap Taiwan akan menjadi kesalahan strategis yang sama buruknya dengan invasi Rusia ke Ukraina. “Saya pikir itu tidak bijaksana, itu akan menjadi kesalahan politik, kesalahan geopolitik, kesalahan strategis, mirip dengan kesalahan strategis yang dilakukan (Presiden Rusia Vladimir) Putin di Ukraina,” kata Ketua Kepala Gabungan AS Jenderal Mark Milley.

Milley sama sekali tidak mengatakan serangan yang mungkin akan dihadapi pulau dengan pemerintahan sendiri dan demokratis tersebut. Namun, dia meyakini Presiden China Xi Jinping adalah “aktor rasional.” Xi juga baru saja memenangkan masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai pemimpin terpenting negara itu dan telah menyatakan penyatuan Taiwan dengan China sebagai prioritas tinggi.

Dia mengatakan invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 menawarkan pelajaran yang jelas. Invasi tersebut belakangan sulit dilanjutkan karena Barat membentengi Ukraina dan menjatuhkan sanksi kepada Rusia. “Salah satu hal yang dipelajari orang adalah bahwa perang di atas kertas jauh berbeda dari perang sesungguhnya,” kata Milley. Dia juga menyoroti bahwa militer China tidak terlibat dalam pertempuran sejak melawan Vietnam pada 1979.

Search