Klaim 40 Persen Belanja Produk Lokal

Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Teten Masduki membuka pergelaran Indonesia Digital Meetup 2022 (IDM22). Dia memandang ajang itu bisa menjadi langkah percepatan digitalisasi UMKM. Dalam IDM, terdapat pameran dari sejumlah platform pendukung digitalisasi yang diharapkan dapat menjalin kerja sama dengan berbagai platform sehingga ke depan bisa mengoptimalkan peluang pemasaran produk.

Teten menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara UMKM, yakni mencapai 99,9 persen. UMKM besar hanya mencakup 0,01 persen, sedangkan 97 persen merupakan usaha mikro. Dia menyebutkan, saat ini, pasar digital diketahui masih menjual produk impor sekitar 50 persen. Dalam hal ini, pemerintah sudah mulai mendukung produk lokal, brand lokal, serta produk UMKM. Pemerintah sudah mulai belanja 40 persen produk koperasi dan UMKM nilainya kira-kira Rp 400 triliun.

Search