Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

AS dan Kosel Gelar Latihan Militer Bersama

Pasukan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan memulai latihan militer bersama pada Senin (22/8/2022) di tengah ketegangan yang sedang berlangsung di Semenanjung Korea. Latihan Ulchi Freedom Shield (UFS) selama 11 hari terdiri dari serangkaian latihan darurat seperti manuver lapangan bersamaan yang belum diadakan selama beberapa tahun terakhir.

Latihan tahunan reguler ini berorientasi pada pertahanan dan bertujuan untuk memperkuat kesiapan tempur bersama sekutu, menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan. Tahun ini, kedua sekutu juga berencana melakukan serangkaian pelatihan lapangan, termasuk latihan menembak. Menjelang latihan ini, pada Rabu lalu Korea Utara melakukan uji tembak dua rudal jelajah ke arah Laut Kuning.

Pada Jumat kemarin, Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, menolak tawaran insentif ekonomi dari presiden Korea Selatan. Dia mengatakan: “Seorang penipu yang berbicara tentang rencana berani hari ini dan menggelar latihan anti-perang Utara besok tidak lain adalah daripada dalang (Presiden Korea Selatan) Yoon Suk-yeol.” AS dan Korea Selatan telah berulang kali menawarkan dialog dengan Korea Utara untuk meredakan ketegangan saat ini di semenanjung, tetapi belum juga ditanggapi.

Search