Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Rapimnas Gerindra akan Umumkan Kesiapan Prabowo Maju di Pilpres 2024

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto akan menjawab pertanyaan publik mengenai rencana partai mencalonkan dirinya sebagai capres 2024. Walaupun sebagai ketua umum dan ketua dewan pembina, Prabowo berhak dan memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan itu, Prabowo menyadari perlunya pengambilan keputusan bersama. Rapimnas direncanakan diadakan di Sentul, Bogor, pada Sabtu (30/7). Muzani berharap, seluruh pengurus Gerindra mengikuti rangkaian kegiatan rapimnas, baik secara langsung maupun virtual. Sebab, keputusan yang akan diambil dalam agenda tersebut sangat menentukan masa depan negara, kesinambungan pembangunan, dan penentu kemajuan demokrasi.

Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tengah berupaya menguji materi ambang batas pencalonan presiden, akan menjalani sidang perdana uji materi Pasal 222 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pada hari ini (26/7). Ketua Tim Kuasa Hukum PKS Zainudin Paru mengatakan, berdasarkan surat panggilan sidang yang disampaikan oleh panitera MK, sidang perdana mengagendakan pemeriksaan pendahuluan permohonan.

Zainuddin meyakini bahwa MK akan memeriksa permohonan secara seksama. Apalagi permohonan diklaim berbeda dengna permohonan uji materi terhadap ambang batas pencalonan presiden yang pernah diajukan pihak lain sebelumnya. Pihak penggugat tidak membantah pandangan Mahkamah bahwa terkait presidential threshold merupakan open legal policy. Namun, open legal policy tersebut sebaiknya diberikan batasan, yakni interval range 7 persen sampai dengan 9 persen untuk ditetapkan oleh pembentuk undang-undang. Karena itu, Mahkamah Konstitusi dimohon untuk memutus inkonstitusional bersyarat Pasal 222 UU Pemilu.

Search