Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Dubes Ukraina Komentari Rencana Jokowi ke Moskow: Setiap Sen Rusia untuk Perang

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, menanggapi rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Rusia pada akhir Juni. Hamianin mengingatkan, setiap kerja sama yang terjalin dengan Moskow berpotensi menjadi sumber pendanaan bagi Rusia untuk menginvasi Ukraina. Dia menambahkan negara non-blok seperti Indonesia dapat mengambil langkah-langkah efisien untuk menghentikan perang, seperti membantu pihak terjajah, mengutuk sampai menjatuhkan sanksi kepada agresor. 

Sumber dari kantor kepresidenan Rusia mengatakan, bahwa Presiden Vladimir Putin akan bertemu dengan Jokowi di Moskow pada 30 Juni. Dia mengatakan, kunjungan Jokowi ini bakal sangat penting.  Sumber Kremlin itu juga membahas forum G20 yang sekarang diketuai Indonesia dan pentingnya hubungan bilateral kedua negara. 

Hamianin menyatakan, jika salah satu tujuan Jokowi ke Moskow adalah untuk menjadi penengah perang, dia berharap itu benar-benar terwujud. Namun dia meminta Jokowi memiliki rencana konkret seandainya Putin tidak mau berunding. “Perang harus dihentikan dan Rusia harus dihukum berat. Jika tidak, dunia mungkin akan tenggelam ke dalam krisis global yang sangat serius,” katanya.

Search