Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Dubes Ukraina Syok Dengar Pernyataan Edy soal Invasi Rusia ke Ukraina

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin angkat bicara mengenai pernyataan Gubernur Sumatra Edy Rahmayadi mengenai invasi Rusia ke Ukraina. Dalam jumpa pers via daring pada Rabu (8/6/2022), Hamianin mengaku sangat syok dan sangat kecewa dengan pernyataan Edy tersebut. Hamianin menegaskan bahwa dirinya tak menyangka pernyataan tersebut keluar dari seorang pejabat tinggi dari sebuah negara. “Dengan segala hormat, saya tidak menemukan adanya rasa hormat terhadap kemanusiaan dari pernyataan gubernur (Edy Rahmayadi),” ujar Hamianin.

Dia berujar, pernyataan Edy tersebut menjustifikasi penyerangan dan pendudukan terhadap Ukraina oleh negara tetangganya. “Sedangkan dalam pembukaan indonesia, jelas tertulis bahwa Indonesia menentang segala bentuk penjajahan di muka bumi,” papar Hamianin. Hamianin turut mengingatkan bahwa warga Ukraina beserta pemerintah ikut mengevakuasi serta memulangkan sejumlah WNI yang terjebak di wilayah yang terkepung. Beberapa dari WNI tersebut berasal dari Binjai, Sumatra Utara.

Kendati demikian, Hamianin menuturkan tak melupakan banyak warga Indonesia yang mendukung Ukraina. Dia mengaku sangat banyak warga Indonesia yang mendukung Kyiv. Hamianin juga berharap bahwa Edy seharusnya mengingat perjuangan Ukraina dalam membantu Indonesia memperjuangkan kemerdekaan. Dia menambahkan, Ukraina kemudian ikut serta dalam pembuatan Komisi PBB untuk Indonesia pada Januari 1949. Saya berharap pak Gubernur punya waktu mungkin untuk mengunjungi Ukraina, khususnya di wilayah timur,” kata Hamianin.

Search