Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

PM Australia Albanese Kunjungi Indonesia

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan delegasi Australia dijadwalkan berada di Indonesia pada 5-7 Juni 2022. Selama di Indonesia, Albanese akan bertemu Presiden Joko Widodo sebagai bagian dari Annual Leaders’ Meeting atau pertemuan tahunan antara pemimpin negara.

Albanese dan Jokowi akan membahas perdagangan dan investasi bilateral. Termasuk kerja sama di bidang iklim dan energi, serta kepentingan regional dan global. Hal yang penting dalam kunjungan ini adalah keinginan kedua belah pihak untuk membuka potensi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia. Termasuk meneruskan dana infrastruktur dan iklim yang diusulkan pemerintah kedua negara sebesar 200 juta dolar Australia.

Di Jakarta, Albanese juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi. Keduanya akan membahas komitmen Pemerintah Australia terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN. Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan, Australia serius terhadap keterlibatannya di Asia Tenggara. Kunjungan Albanese beserta delegasi bisnis menunjukkan betapa pentingnya kemitraan Australia dengan Indonesia.

Search