Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Pakai Rompi Antipeluru, Presiden Zelensky Datangi Tentara Ukraina yang Berjuang di Garis Depan

Untuk pertama kalinya sejak perang dengan Rusia 3 bulan lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi pasukan Ukraina yang berada di garis depan Kharkiv, Minggu (29/5/2022). Ini menjadi perjalanan resmi pertama Zelensky keluar dari Ibu Kota Kiev sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari. Pada kunjungannya tersebut, Zelensky terlihat menggunakan rompi anti-peluru. Ia terlihat tengah mengamati reruntuhan di kota Kharkiv, yang menjadi sasaran gempuran pasukan Rusia.

Beberapa ledakan keras terdengar di kota setelah kunjungan Zelensky. Kantor Presiden Zelensky pun memposting video kunjungannya di Telegram. “2,229 gedung telah dihancurkan di Kharkiv dan wilayah sekitarnya. Kami akan memperbaiki, membangun kembali dan hidup lagi, di Kharkiv dan kota serta desa di mana iblis datang,” bunyi keterangan video tersebut.

Zelensky juga telah memecat Kepala Badan Keamanan Ukraina di Kharkiv, Roman Dudin. Zelensky menegaskan pemecatan tersebut dilakukan karena Dudin tak bekerja untuk pertahanan kota sejak hari pertama perang, tetapi hanya memikirkan dirinya sendiri. Terkait motifnya, Zelensky menegaskan penegak hukum yang akan mengungkapkannya.

Search