Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Legislator PAN Harap Pelantikan Anggota KPU-Bawaslu Akhiri Polemik Penundaan Pemilu

Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus, mengucapkan selamat atas pelantikan anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027, yang telah dilantik. Guspardi berharap pelantikan anggota KPU-Bawaslu baru itu dapat mengakhiri polemik wacana penundaan pemilu. Ditambahkannya, Komisi II sejak awal sejalan dengan amanah konstitusi dan UUD 1945, tidak pernah berbicara mengenai wacana penundaan dan perpanjangan masa jabatan presiden. Komisi II DPR RI tetap berkomitmen terhadap apa yang telah diputuskan bersama dengan pemerintah dan penyelenggara Pemilu sebelumnya.

Anggota KPU-Bawaslu yang baru dilantik diharapkan segera fokus bekerja mempersiapkan tahapan-tahapan Pemilu 2024, karena penyelengaraan Pemilu mendatang dinilai lebih berat daripada Pemilu 2019 lalu. Selain itu, anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 agar bisa membawa energi dan semangat yang membuahkan proses pelaksanaan pemilu yang demokratis, luber dan jurdil.

Presiden Jokowi telah melantik dan mengambil sumpah jabatan tujuh komisioner KPU dan lima komisioner Bawaslu periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa, (12/4/2022). Tujuh nama yang dilantik sebagai komisioner KPU, yakni Betty Epsilon Idrus, Hasyim Asyari, Muhammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sementara lima anggota Bawaslu yang dilantik yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.
Pelantikan ketujuh anggota KPU berdasarkan dengan Keppres nomor 33P/2022. Sementara itu pelantikan kelima anggota Bawaslu sesuai Keppres nomor 34P/2022.

Search