Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Mabes Polri Sebut Jaringan Teroris NII Sudah Berkembang Pesat di Indonesia

Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menyatakan, jaringan teroris Negara Islam Indonesia atau NII sudah semakin berkembang pesat. Mereka disebut akan memberikan ancaman teror. Jaringan NII itu berkembang pesat di daerah-daerah seperti Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Maluku dan Sumatera Barat. Jaringan NII ini, menurutnya, juga telah menggunakan proses rekrutmen yang tersruktur dan sistematis.

Polisi, menaruh perhatian khusus terhadap jaringan NII di Sumatera Barat. Jaringan ini memberi ancaman teror karena memiliki keinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi lain dan memiliki hubungan dengan kelompok teror di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Bali. Dari serangkaian rencana tersebut, upaya serangan teror yang tertuang dalam wujud perintah, serta mempersiapkan senjata tajam yang disebutkan dengan nama golok dan mencari para pandai besi.

Sampai saat ini sudah ada 16 tersangka anggota NII yang sudah ditangkap Densus 88 Polri, kemudian penyidik Densus 88 juga telah mengamankan sejumlah barang bukti. Khusus di Sumatera Barat, para tersangka yang ditangkap beri keterangan bahwa struktur NII berada pada tingkatan cabang atau kecamatan. Perekrutan anggota NII dilakukan tanpa memandang jenis kelamin dan batas usia terbukti dengan ditemukannya 77 orang anak di bawah umur 17 tahun yang dicuci otak dan dibaiat untuk sumpah setia kepada NII.

Search