Menjadi Guru 5.0 untuk Menyiapkan Generasi Pelita Masa Depan

Dan Brown, novelis ternama dengan capaian penjualan best seller, karyanya dinyatakan sebagai salah satu buku yang paling populer dalam sejarah buku sepanjang masa pada 2009, pernah menuliskan di novelnya yang berjudul Origins, tentang kemajuan teknologi yang sedemikian luar biasa bahwa dimasa depan komputer dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) telah mampu membuat novel sendiri melalui serangkaian proses berpikir secara otomasi. Ternyata tak hanya berada dihalaman novel, peneliti dari Future University di Hakodate, Jepang pun pada 2016 berhasil membuktikan bahwa hal ini bukan isapan jempol semata, hasilnya adalah sebuah novel berjudul Konpyuta ga shosetsu wo kaku hi atau “Hari Sebuah Komputer Menulis Novel” berhasil ditulis oleh komputer dengan AI nya.

Ditempat lainnya, Scorpion, tayangan serial fiksi yang diinisiasi oleh Walter O’Brien sebagai CEO nya, hanya untuk sekedar informasi, beliau ini merupakan manusia ber IQ 197 sehingga menjadi salah satu manusia pemilik IQ tertinggi dalam sejarah manusia, dalam salah satu episode Scorpionnya pernah menyajikan tentang hebatnya komputer dimasa depan dengan kemampuan duplikasi menggambar selevel dengan skill Da Vinci. Tak hanya didunia fiksi semata, Google pada April 2017 yang lalu pun berhasil mengembangkan teknologi AI yang memungkinkan komputer menggambar sketch dengan urutan motorik dan jaringan syaraf tiruannya sendiri. Nampaknya tak seberapa lama, khayalan Walter O’Brien ini sepertinya akan mewujud dalam dunia nyata.

Dalam kaitan di atas, dunia pendidikan juga menemui tantangannya sendiri, menurut Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, per maret 2018 yang lalu angka pengangguran lulusan perguruan tinggi kita masih mencapai 630.000 orang. Angka ini menyumbang 8,8 % dari 7 juta pengangguran di Indonesia. Angka ini membuat kita miris sehingga harus menata ulang pendidikan kita. Berkaca pada Human Development Index (Index Pembangunan Manusia) yang dirilis oleh PBB pada tahun 2016 yang diukur dari angka harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup, Indonesia berada pada ranking 113 dari 188 negara. Angka ini tentu saja membuat kita perlu bekerja keras untuk mendongkrak posisi ini agar lebih berkembang dari waktu ke waktu. Belum lagi kasus menyedihkan didunia pendidikan yang sebagian masih diisi dengan kasus bullying, tawuran antar pelajar, narkoba dan lain sebagainya yang masih membuat kita mengelus dada untuk kejadian-kejadian serupa di tanah air.

Berbicara tentang pendidikan, faktor sentral yang menjadi ujung tombak kualitas pendidikan adalah guru. Guru-guru terbaik lah yang akan membuat kualitas pendidikan lebih maju. Jika pendidikan telah maju, maka kapasitas bangsa ini akan terus menerus menuju garis terdepan. Sehingga tak lebih dan tak kurang, guru menjadi salah satu pilar penting dalam kemajuan peradaban melalui jalur pendidikan. Kalau pendidikan Finlandia, Jepang dan Korea bisa dikatakan dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia saat ini, mereka sudah mulai jauh-jauh hari bahkan sedari tahun 60 -70an yang lalu. Menghadapi era revolusi industri 4.0 pun, kapasitas guru sedianya juga sudah sampai versi 4.0, lebih baik lagi jika sudah sampai 5.0. Ini tidak hanya sekedar angka-angka an, namun analoginya sederhana, tidak mungkin versi 2.0 akan memiliki daya saing di versi 4.0. Sehingga menjadi penting untuk merumuskan apa saja kapasitas guru 5.0

Search