Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 22 Calon Pekerja Migran Ilegal di Riau

TNI Angkatan Laut (AL) menggagalkan penyelundupan 22 calon pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal di Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (1/3/2022). Para calon pekerja migran itu akan dikirim ke Malaysia. Dari 22 orang itu, 8 orang di antaranya adalah pria dan 14 perempuan. “(Diamankan) pada titik koordinat 01°637’920″ N – 101°784’360″ E yang sedang bersiap akan diberangkatkan ke Malaysia,” ujar Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan.

Himawan menjelaskan, penggagalan penyelundupan itu berawal dari kerja tim gabungan yang mendapatkan informasi dari agen di lapangan tentang adanya rencana pemberangkatan calon pekerja migran Indonesia ilegal menuju Malaysia melalui pesisir pantai pada 28 Februari pukul 19.00 WIB.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Laksamana Pertama Johanes Djanarko Wibowo mengatakan, TNI AL akan melakukan patroli secara rutin. Patroli itu  dilakukan terutama pada wilayah-wilayah yang disinyalir menjadi jalur tikus, baik itu berupa komoditi dari luar negeri, barang ilegal, bahkan narkoba serta penyelundupan pekerja migran ilegal yang terjadi di wilayah kerja Lantamal I.

Search