Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Ketika Ketum PKB-Golkar Tampung Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Presiden…

Setelah sebelumnya wacana untuk menunda Pemilu 2024 disampaikan Muhaimin karena menerima masukan para pelaku UMKM, pengusaha dan para analis ekonomi, kini Airlangga menampung aspirasi mengenai keberlanjutan pemerintahan Jokowi hingga bisa menjabat selama 3 periode. Aspirasi itu diterima Airlangga dari petani di Kabupaten Siak, Riau, pada kunjungan kerjanya selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (24/02/2022). Airlangga menyatakan akan membicarakan usulan tersebut dengan pimpinan partai politik lainnya.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menyatakan partainya tegas menolak usulan penundaan pemilu. PDI-P taat pada UUD 1945 yang menyatakan bahwa pemilu dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Periodisasi pemilu lima tahunan membentuk kultur demokrasi, sehingga apabila diganggu, akan berdampak pada instabilitas politik. Ketua DPP Partai Nasdem Saan Mustopa juga menyatakan partainya menolak pengunduran pemilu, dan meminta semua pihak untuk menghormati ketentuan yang ada di konstitusi.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengingatkan bahwa perpanjangan masa jabatan dapat menciptakan rezim yang otoriter. Penundaan pemilu atas nama stabilitas ekonomi dinilai tidak beralasan karena selama ini penyelenggaraan pemilu tidak pernah mengganggu kegiatan pembangunan di Indonesia. Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai pemerintah dan partai pendukungnya harus fokus pada upaya pemulihan ekonomi, ketimbang menciptakan kegaduhan di tengah masyarakat dengan mewacanakan penundaan pemilu.

Search