dicetak pada tanggal: 06 Mei 2024 2:52 AM

Pemerintah Siapkan 2 Juta Ha Lahan untuk Swasembada Gula dan Bioetanol

Pemerintah siapkan lahan untuk pengembangan swasembada gula terintegrasi bioetanol dengan total dua juta hektare. Sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2024 yang ditetapkan pada tanggal 19 April 2024, pemerintah melakukan percepatan fasilitasi investasi komoditas tebu yang terintegrasi dengan industri gula, bioetanol, dan pembangkit listrik biomassa di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan. Lahan tersebut terbagi menjadi empat klaster. Klaster 1 (satu) dan 2 (dua) seluas kurang lebih 1.000.000 Ha, klaster 3 (tiga) seluas kurang lebih 504.373 Ha, dan klaster 4 (empat) seluas kurang lebih 400.000 Ha.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol, Bahlil Lahadalia, mengatakan total rencana investasi perkebunan tebu terintegrasi swasta klaster tiga diperkirakan mencapai US$ 5,62 miliar atau Rp 83,27 triliun. Ini akan menjadi investasi yang besar sehingga investor yang masuk harus memiliki kredibilitas nyata. Bahlil mengatakan, nantinya lahan tersebut akan dikelola dengan teknologi tinggi dan pabriknya memiliki skala besar. Setiap investor yang ingin ikut ambil bagian pada proyek ini diwajibkan mampu memenuhi hak-hak adat masyarakat di sana. Badan Karantina Indonesia telah mengetes bibit tebu yang didatangkan langsung dari Australia. Diharapkan bibit ini mampu menjadi bibit unggul yang bisa menghasilkan tanaman tebu yang berkualitas. Pelaksanaan investasi swasembada gula dan bioetanol ini diperkirakan akan selesai 2027.

Presiden Jokowi Dorong Hilirisasi untuk Stabilkan Harga Jagung

Presiden Joko Widodo mendorong hilirisasi untuk menstabilkan harga jagung. Hal itu diungkap Jokowi saat meninjau panen raya jagung di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, 2 Mei 2024. Dalam acara itu, Presiden ditemani Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Presiden juga mendengar informasi harga jagung di tingkat petani anjlok hingga menyentuh angka Rp. 4.200 perkilogram. Harga ini menguntungkan bagi peternak, namun tidak bagi petani. Presiden mengungkapkan bahwa hilirisasi, atau peningkatan nilai tambah melalui pengolahan lebih lanjut, adalah kunci untuk memastikan harga jagung tetap stabil dan menguntungkan bagi petani.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mendorong agar memperbanyak inisiatif hilirisasi di sektor pertanian. Misalnya, dengan mengolah jagung menjadi berbagai produk turunan. Industri yang dibangun juga harus dekat dengan lahan lahan jagung sehingga bisa menjadi pakan ternak, bisa menjadi minyak goreng jagung, sehingga tercipta hilirisasi. Upaya hilirisasi dengan mendekatkan industri kepada sentra produksi jagung bisa menjadi solusi untuk menekan biaya transportasi yang cukup tinggi. Dengan demikian harga bisa lebih stabil. Andi Amran Sulaiman mengatakan, hilirisasi memberi dampak positif bagi kesejahteraan petani. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi fluktuasi harga yang sering menjadi masalah di sektor pertanian, khususnya saat musim panen raya tiba. Hilirisasi di bidang pertanian penting untuk meningkatkan nilai tambah produk dan mengurangi ketergantungan impor serta membuka peluang ekonomi baru bagi petani dan industri terkait.

Aturan Impor Hortikultura Dirombak, Bawang Putih Tak Diajak

Pemerintah melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 7/2024 resmi mencoret syarat rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) untuk sejumlah komoditas hortikultura. Namun, bawang putih menjadi yang dikecualikan dari aturan teranyar itu. Dalam lampiran 1 bagian VIII, Permendag No. 7/2024 yang merupakan perubahan kedua dari Permendag No. 36/2023 menyebutkan produk pertanian masuk dalam kategori hortikultura antara lain kentang, bawang bombay, wortel, lobak, sayuran lainnya termasuk cabai, pisang, korma, nanas, alpukat, jeruk, anggur, melon dan lainnya.

Bukan Jastip, Ini Detail Impor yang Diatur Permendag No. 7/2024

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan resmi menerbitkan aturan baru mengenai segala hal yang berkaitan dengan ketentuan atau persyaratan dalam kegiatan impor di Indonesia. Regulasi itu bernama Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 7/2024 tentang Perubahan Kedua atas Permendag No. 36/2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor. Permendag ini, sebelum direvisi, sempat viral dan menjadi pergunjingan publik lantaran berkaitan dengan aktivitas jasa titip (jastip) barang dari luar negeri. Namun, perlu digarisbawahi, regulasi tersebut sejatinya tidak hanya mengatur soal barang bawaan perorangan saja, tetapi segala aktivitas arus barang dari luar negeri ke wilayah kepabeanan Indonesia alias importasi.

Setelah direvisi, terdapat 3 poin utama yang mengalami perubahan paling signifikan dalam beleid baru ini. Pertama, ketentuan soal barang bawaan pribadi penumpang. Kedua, ketentuan soal barang kiriman pekerja migran Indonesia (PMI). Ketiga, ketentuan soal impor bahan baku industri. Di luar ketiga subjek tersebut, Permendag No. 7/2024 juga mengatur segala ruang lingkup kegiatan impor yang masih selaras dengan beleid sebelumnya.

Gerindra Ungkap Ajakan Prabowo Buat Membangun Bangsa, Bukan Ramai-ramai Masuk Pemerintahan

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Wihadi Wiyanto, mengatakan untuk masuk ke dalam pemerintahan diperlukan komunikasi mendalam agar ada kesamaan visi dan misi yang dimiliki. Wihadi menyampaikan, sejak awal Prabowo memiliki pandangan dalam membangun bangsa dibutuhkan kerja sama dari semua elemen bangsa, baik itu dari partai politik ataupun masyarakat umum.

Wihadi juga menilai sangat wajar jika publik mengartikan ajakan Prabowo buat bersama membangun bangsa dianggap hanya untuk partai politik. Padahal, ajakan itu tidak sebatas merangkul partai politik. Wihadi juga tidak bisa menyalahkan jika imbauan Prabowo merangkul semua kalangan masyarakat dianggap sebagai ajakan duduk bersama di dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Wihadi mengatakan seluruh unsur bangsa bisa bersama-sama membangun dan mendukung program Prabowo-Gibran tanpa harus masuk ke pemerintahan.

PDI-P Tuding KPU Gelembungkan Perolehan Suara PAN di Dapil Kalsel II

Kuasa hukum PDI-P RI Rikardus Sihura yang tertera dalam perkara bernomor 191-01-03-22/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024, dalam sidang sengketa Pileg di Gedung MK, pada (2/5/2024), mengatakan telah terjadi penambahan 15.690 suara untuk PAN di Dapil Kalimantan Selatan II. Lewat penambahan suara tersebut, suara PAN yang seharusnya hanya sebesar 262.315 bertambah jadi 278.005 suara.

Menurut pemohon, terjadi penambahan 807 suara PAN di sejumlah TPS se-Kabupaten Kotabaru. Padahal menurut C-hasil PDI-P, PAN memperoleh 487 suara, namun menggelembung menjadi 1.294 suara yang ditetapkan oleh KPU. Oleh karenanya, terjadi selisih sebanyak 807 suara. Selain Kabupaten Kotabaru, penambahan jumlah suara ini terjadi di beberapa TPS. Di sejumlah TPS Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan misalnya, terjadi penambahan 5.488 suara. Berdasarkan C-Hasil pemohon, suara PAN hanya mencapai 7.048 suara di kabupaten tersebut. Namun menurut data KPU, suara bertambah menjadi 12.536, yang mencerminkan terjadi penambahan 5.488 suara. Penambahan suara ini tersebar di 203 TPS di 6 kecamatan 29 desa. Kemudian, penambahan suara terjadi di sejumlah TPS di Banjarmasin, sebesar 9.395 suara. Menurut C-Hasil pemohon, suara PAN sebesar 11.560. Sedangkan penetapan oleh Termohon (KPU) 20.955 sehingga terjadi penambahan sebesar 9.395.

Kumpulkan Kepala Perwakilan, Menlu Retno Bahas Rencana Evakuasi WNI Jika Konflik di Palestina Meluas

Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia, Retno Marsudi membahas rencana evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di zona konflik jika situasi Timur Tengah kian memburuk. Mengingat belakangan konflik Israel-Palestina meluas ke wilayah lain hingga melibatkan Iran. Rencana evakuasi ini dibahas ketika Retno berada di Turki pada 1-2 Mei 2024. Pembahasan melibatkan para kepala perwakilan Indonesia di kawasan. Apalagi berdasarkan catatan, jumlah WNI yang tinggal di wilayah rawan konflik sebanyak 26.835 WNI. Rinciannya, Yordania 1.524 WNI, Tepi Barat dan Israel 131 WNI, Mesir 15.708 WNI, Lebanon 217 WNI dan 1.232 personil Satgas UNIFIL, Suriah 2.361 WNI, Irak sekitar 796 WNI, dan Yaman 4.866 WNI.

“Dengan dasar pemikiran inilah maka Rakor dengan beberapa Kepala Perwakilan terkait diadakan di Ankara dan saya pimpin langsung. Secara detail kita bahas dinamika situasi saat ini,” kata Retno, Kamis (2/5/2024). Retno mengakui situasi Timur Tengah amat dinamis, upaya de-eskalasi juga diharapkan segera terjadi dalam konflik Palestina – Israel di Gaza.

Pada rapat koordinasi itu, Retno menjabarkan upaya yang terus dilakukan pemerintah Indonesia dan hasil pembicaraannya bersama Menteri Luar Negeri Turki. Rencana evakuasi perlu disusun sedari dini agar tak terjadi kegagapan ketika konflik Timur Tengah meluas dan memburuk. “Kita juga bahas mengenai persiapan evakuasi jika situasi memburuk. Persiapan matang selalu diperlukan dan menjadi utama sehingga kita tidak tergagap jika situasi memburuk,” jelas Retno.

Ikut ‘Jejak’ AS, Mahasiswa di Irak Gelar Demo Pro-Palestina

Puluhan mahasiswa dan profesor di Irak berunjuk rasa di ibu kota Baghdad, mengikuti aksi mahasiswa di Amerika Serikat yang menggelar demonstrasi pro-Palestina dalam beberapa pekan terakhir. Mahasiswa dari Universitas Al-Nahrain terlihat mengibarkan bendera Palestina dan Irak sambil menyerukan dukungan terhadap Palestina.

Sejumlah mahasiswa dan profesor juga terlihat membawa spanduk yang mendesak kemerdekaan Palestina. Beberapa orang juga terlihat mengenakan keffiyeh, syal yang selama ini menjadi simbol perjuangan Palestina. “Kami di sini untuk memberi tahu mereka untuk menghentikan pembunuhan dan berterima kasih kepada suara-suara bebas di seluruh dunia,” kata kepala fakultas teknik, Profesor Jomaa Salman.

Sejak beberapa pekan belakangan, mahasiswa-mahasiswa di AS berunjuk rasa dengan berkemah di jalanan dan sekitar kampus. Mereka mengekspresikan solidaritas dengan warga Palestina di Jalur Gaza atas agresi Zionis yang telah menewaskan lebih dari 34.500 orang. Kendati begitu, aksi damai tersebut diwarnai dengan penangkapan oleh aparat kepolisian. Aparat menangkap sejumlah mahasiswa karena dinilai mengganggu ketertiban umum.

Kolombia Putuskan Hubungan dengan Israel Terkait Genosida Palestina

Presiden Kolombia Gustavo Petro mengatakan pada Rabu (1/5/2024) bahwa negaranya akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel. Negara yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu itu disebut bertanggung jawab atas genosida dalam perangnya di Gaza. “Besok hubungan diplomatik dengan negara Israel akan diputuskan karena memiliki pemerintahan, karena memiliki presiden yang melakukan genosida,” kata Petro, seorang pengkritik keras perang yang menghancurkan melawan Hamas, dalam sebuah unjuk rasa May Day di Bogota.

Pada Rabu, Petro mengatakan kepada ribuan pendukungnya bahwa dunia tidak dapat menerima genosida atau pemusnahan umat manusia “Jika Palestina mati, maka kemanusiaan akan mati,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin, yang sebagian mengibarkan spanduk-spanduk pro-Palestina.

Israel menanggapi dengan menggambarkan Petro sebagai sosok anti-Semit dan penuh kebencian.  Sikapnya disebut sama saja dengan memberikan hadiah kepada Hamas. “Presiden Kolombia telah berjanji untuk memberikan hadiah kepada para pembunuh dan pemerkosa Hamas – dan hari ini dia telah menepatinya,” ujar Menteri Luar Negeri Israel Katz di X. “Sejarah akan mengingat bahwa Gustavo Petro memutuskan untuk mendukung monster paling hina yang pernah dikenal manusia, yang membakar bayi, membunuh anak-anak, memperkosa wanita dan menculik warga sipil tak berdosa,” tambah Katz. Sementara itu, Hamas memuji langkah tersebut sebagai kemenangan.


Tekan Tiket Penerbangan, Kemendag Permudah Impor Suku Cadang Pesawat

Kementerian Perdagangan tak lagi merecoki impor suku cadang pesawat agar harga tiket penerbangan bisa turun.
Direktur Impor Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Arif Sulistyo mengatakan impor suku cadang pesawat mulanya diatur dalam Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor. Akan tetapi, pembatasan itu dicabut dalam revisi pertama beleid tersebut.

Arif menyebut Kemendag kini sudah merelaksasi impor suku cadang untuk pesawat udara. Ini diatur dalam Permendag Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Permendag Nomor 36 Tahun 2023. “Ini kita kecualikan larangan dan pembatasan (lartas) impor kepada perusahaan maintenance, repair, and overhaul (MRO) aviasi dan maskapai penerbangan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan,” kata Arif dalam diskusi virtual, Kamis (2/5). “Tujuannya adalah pemerintah berupaya menurunkan harga tiket pesawat dengan membebaskan suku cadang pesawat udara. Harapannya, pariwisata kita semakin berkembang dan harga tiket turun,” sambungnya.

Pemilih Potensial Pilkada 2024 Capai 207,11 Juta Jiwa

Berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada 2024 yang diserahkan Kemendagri ke KPU, pada Kamis (2/5/2024), jumlah penduduk potensial pemilih mencapai 207.110.768 jiwa. Mendagri menyampaikan, DP4 untuk pilkada serentak 2024 bersumber dari data kependudukan dan pencatatan sipil Kemendagri. Mendagri juga menggarisbawahi bahwa Kemendagri juga berharap KPU memperhatikan betul aspek keamanan data karena DP4 yang akan diolah menjadi DPT adalah data pribadi yang harus dilindungi.

Koordinator KPU Divisi Data dan Informasi, Betty Epsilon Idroos menambahkan, DP4 akan menjadi alas data penyusunan DPT. DP4 akan diharmonisasi dengan DPT terakhir. Betty menegaskan bahwa rangkaian penyusunan data DPT sangat panjang. Karena itu, KPU memang memerlukan partisipasi masyarakat untuk mengecek datanya sejak DP4.

Terkait dengan anggaran pilkada serentak 2024 diambil dari dana hibah daerah melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), pihaknya bertugas melakukan koordinasi kepada KPU dan Bawaslu Daerah, serta aparat keamanan. Semua daerah sudah menganggarkan NPHD hingga 100 persen untuk KPU daerah. Adapun untuk Bawaslu daerah masih berada di kisaran 95 persen. Untuk target realisasi pemenuhan anggaran pilkada serentak 2024, Kemendagri berharap secepat mungkin, yaitu pada bulan Mei-Juni, sudah harus selesai.

PIP Salurkan Pembiayaan Ultra Mikro Rp37,31 T hingga Akhir April 2024

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyalurkan pembiayaan ultra mikro (UMi) mencapai Rp37,31 triliun hingga 28 April 2024. Direktur Utama PIP Ismed Saputra menyebut total pembiayaan tersebut telah disalurkan kepada sebanyak 9,95 juta debitur melalui 89 lembaga keuangan bukan bank (LKBB) dengan jangkauan sebanyak 510 dari total seluruhnya sebanyak 514 kabupaten/kota. “Berdasarkan demografi debitur, 96 persen adalah perempuan, dengan sektor usaha paling banyak di perdagangan,” tutur Ismed dalam konferensi pers di Gunungkidul, Yogyakarta, Rabu (1/5).

Secara rinci, berdasarkan wilayah, penyaluran pembiayaan terbesar tercatat di Pulau Jawa, yakni sebesar Rp22,08 triliun kepada sebanyak 6,14 juta debitur. Angka tersebut merupakan 63,8 persen dari total pembiayaan yang disalurkan se-Indonesia.
Penyaluran pembiayaan tertinggi selanjutnya di Pulau Sumatra, yang mencapai Rp8,40 triliun kepada sebanyak 2,12 juta debitur. Diikuti oleh pembiayaan UMi di Pulau Sulawesi yang mencapai Rp2,3 miliar atau 6,9 persen dari total debitur nasional, mencapai 606.600 debitur. Kemudian, penyaluran kredit UMi kepada 523.385 debitur di Pulau Bali dengan total pembiayaan Rp1,9 miliar atau 5,4 persen. Selanjutnya, di Pulau Kalimantan yang telah disalurkan kepada 198.063 debitur dengan total pembiayaan Rp772,2 miliar. “Pembiayaan untuk 31.342 debitur di Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat yang totalnya telah mencapai Rp130,7 miliar atau 0,3 persen,” jelas Ismed.

Cuaca Lagi Panas-panasnya, BRIN: Indonesia Aman dari Heatwave

Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Eddy Hermawan memastikan fenomena gelombang panas yang sekarang menyerang kawasan Asia Selatan, Asia Tengah, dan sebagian Asia Tenggara tidak menciptakan efek serupa bagi Indonesia. Gelombang panas terjadi karena matahari masuk ke belahan bumi utara, seperti di India dan Vietnam. “Secara geografis, Indonesia aman dari fenomena gelombang panas,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Eddy menjelaskan negara-negara yang saat ini mengalami gelombang panas mayoritas daratan dan masuk di belahan bumi utara, seperti India dan Vietnam. Gelombang panas bagi negara-negara itu adalah fenomena yang lumrah terjadi ketika matahari bergerak ke arah utara. Sedangkan, Indonesia sebagian besar berupa laut dan secara astronomis terletak pada posisi 6 derajat lintang utara dan 11 derajat lintang selatan yang membuat posisi negara ini berada dominan di wilayah selatan bumi.

Secara historis, kata Eddy, Indonesia tidak pernah tercatat mengalami fenomena gelombang panas. Walau ada kawasan yang mengalami suhu 40 sampai 42 derajat Celcius, tetapi itu hanya bersifat sementara dan tidak permanen. “Apakah gelombang panas membahayakan? Iya pasti berbahaya bagi negara daratan, tetapi itu tidak berbahaya untuk Indonesia,” kata Eddy.

Alasan Luhut Mau Beri Kewarganegaraan Ganda ke Diaspora Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan memberikan hak kewarganegaraan ganda bagi diaspora asalkan mereka mau kembali ke Tanah Air. Hal itu ia sampaikan di acara ‘Microsoft Build: AI Day’ di JCC, Selasa (30/4). “Kami juga mengundang diaspora Indonesia, kami juga segera memberikan mereka (diaspora Indonesia) kewarganegaraan ganda,” katanya. Luhut beralasan kewarganegaraan negara diberikan bagi diaspora agar mereka mau pulang dan membantu membangun ekonomi Indonesia. “Ketika mereka (diaspora) memenuhi syarat untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, menurut saya sangat membantu perekonomian Indonesia dan juga membawa para Indonesia (diaspora) yang sangat terampil itu kembali ke Indonesia,” ujarnya.

Adapun diaspora Indonesia merupakan warga yang mempunyai keterikatan dengan Indonesia sesuai aturan hukum maupun kebutuhan masyarakat dan negara. Diaspora Indonesia meliputi warga negara Indonesia (WNI) yang berpaspor Indonesia, bekas WNI, keturunan Indonesia, dan warga negara asing (WNA) yang telah menetap lama di Indonesia dan dinilai telah mencintai negara Indonesia. Tak hanya diaspora, Luhut juga berjanji mengguyur para investor, termasuk Microsoft, dengan banyak insentif jika menanamkan modal di Indonesia. Insentif yang diberikan bahkan katanya akan lebih dari yang diminta perusahaan teknologi itu.

Ghufron Melawan, Mengaku Sengaja tak Hadir Pemanggian Dewas KPK, Ini Alasannya

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengaku sengaja tidak hadir di sidang etik Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang dijadwalkan hari ini, Kamis pukul 09.30 WIB. Ia ingin agar pelaksanaan sidang ditunda. “Kebetulan saya sengaja tidak hadir, dan melalui surat saya sampaikan bahwa saya harap pemeriksaan sidang etik terhadap diri saya itu ditunda,” ujar Ghufron saat ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan permintaan tersebut diajukan dengan alasan pelaksanaan sidang etik terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dalam mutasi pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) yang menimpa dirinya itu sedang digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Dengan demikian, lanjut dia, akan menjadi hal yang bertentangan apabila putusan di PTUN Jakarta dan Dewas KPK berbeda nantinya.

Sebelumnya pada awal Desember 2023, Ghufron diadukan ke Dewas KPK terkait dugaan penyalahgunaan wewenang dengan membantu mutasi pegawai Kementan ke Malang, Jawa Timur. Adapun pada pagi hari ini, Kamis, seharusnya menjadi sidang etik perdana kasus Nurul Ghufron di Dewas KPK. Namun lantaran Ghufron absen, sidang ditunda pelaksanaannya menjadi 14 Mei 2024.

MPR Dorong Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mendorong implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di momen Hardiknas pada 2 Mei 2024. Ia menyebut target penerapan kurikulum tersebut harus menyeluruh pada setiap Satuan Pendidikan, meskipun saat ini baru 80 persen. “Kesiapan tenaga pengajar dalam menerapkan Merdeka Belajar harus menjadi perhatian bersama. Target pelaksanaan Kurikulum Merdeka itu dapat dijalankan sesuai yang direncanakan,” ungkap Lestari dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Lestari yang merupakan politisi Nasdem ini berharap proses pembangunan SDM nasional yang tangguh dan berdaya saing dapat terwujud. Ia menyatakan perubahan di berbagai sektor kehidupan sangat membutuhkan SDM yang mampu menjawab berbagai tantangan di masa depan. “Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengambil tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar. Kesiapan para tenaga pengajar dalam penerapan Kurikulum Merdeka penting untuk dipastikan,” katanya 

Lestari yang juga anggota Komisi X DPR ini mengatakan sejumlah upaya percepatan untuk mengakselerasi kualitas pendidikan harus konsisten. Hal tersebut diantaranya memastikan kesejahteraan guru, hingga memastikan pemahaman para tenaga pengajar dalam menjalankan Kurikulum Merdeka.

Menteri Bahlil Ungkap Pemerintah Bakal Tambah Kepemilikan Saham di Freeport

Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan rencana pemerintah menambah kepemilikan saham pada PT Freeport Indonesia (PTFI). Itu sekaligus memperpanjang kontrak Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) perusahaan hingga 2061. Bahlil mengatakan, pembelian saham pemerintah pada PTFI sejalan dengan kebijakan pemerintah guna membangun hilirisasi di Indonesia, khususnya pada ekosistem kendaraan listrik. Melalui kepemilikan saham yang lebih besar, pemerintah tidak hanya diuntungkan dengan besaran dividen tapi juga dapat mendukung kebijakan pemerintah dalam melakukan hilirisasi.

 Bahlil juga mengatakan, perpanjangan kontrak PTFI tidak terlepas dari rencana perusahaan untuk memproduksi kawat tembaga. Kawat tembaga merupakan produk turunan tembaga yang bisa menghasilkan nilai 24 kali lipat.  Bahlil menyebut, dengan memproduksi kawat tembaga, Indonesia akan semakin dekat dalam mewujudkan ekosistem industri kendaraan listrik dari hulu ke hilir di dalam negeri.

Gaji Pekerja Migran Indonesia di Malaysia Tidak Dibayarkan

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kuching, Malaysia mengawal kasus persidangan dengan korban pekerja Migran Indonesia berinisial E. Perempuan asal Sekadau, Kalimantan Barat itu disiksa oleh majikannya, bahkan gajinya selama tujuh tahun bekerja tidak dibayarkan. “Sebelum persidangan di Mahkamah Sibu Sarawak, kami kembali bertemu E. Kami yakinkan dia untuk memberikan keterangan apa yang terjadi agar jelas,” kata Konsul Jenderal RI, Raden Sigit Witjaksono dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Kamis (2/6/2024). Dalam persidangan terungkap perlakuan semena-mena majikan terhadap E seperti bekerja sepanjang hari. Kemudian pekerja E yang sehari-sehari sebagai asisten rumah tangga, kerap mendapatkan kekerasan karena dituduh mencuri. Mirisnya, gaji E tidak dibayarkan selama tujuh tahun bekerja. Selain itu, majikannya kerap memaksa bekerja ditempat lain dengan bayaran diambil oleh majikan. 

Terungkapnya kasus karena adanya laporan dari tetangga yang mendengar jeritan dari rumah majikan E, pada 18 Juni 2023. Tetangga kemudian melapor ke pihak kepolisian Sibu dan ditindaklanjuti dengan penangkapan majikannya pada ke-esokan harinya dan langsung ditetapkan sebagai tersangka. Seharusnya persidangan dimulai pada Januari 2024 namun ditunda dengan alasan majikan tidak hadir di persidangan karena mengaku sakit. Persidangan dimulai pada 29 dan 30 April 2024, diperkirakan sidang akan dilanjutkan pada September. 

Pihak KJRI akan berusaha agar gaji E selama tujuh tahun segera dibayarkan. Sementara pihak kepolisian fokus pada kejahatan yang dilakukan majikan E. Pekerja E juga diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Kasus TPPO perhatian utama KJRI untuk segera tuntaskan. 

Kementerian ESDM: Nuklir, Amonia, dan Hidrogen Masuk dalam RUU EBET

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) mengungkapkan nuklir, hidrogen, amonia dan sumber energi baru lainnya masuk ke dalam Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET). Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi mengatakan isu yang sebelumnya pending pembahasannya dengan DPR adalah mengenai isu amonia, namun saat ini sudah disepakati bahwa amonia, hidrogen, dan nuklir masuk kedalam RUU EBET.

RUU EBET telah disampaikan oleh DPR kepada pemerintah pada 14 Juni 2022. RUU EBET merupakan RUU inisiatif DPR yang menjadi prioritas pembahasan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2022 melalui Keputusan DPR RI Nomor 8/DPR RI/II/2021-2022. RUU ini telah dibahas bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada awal April 2024.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno mengatakan bahwa pihaknya sudah selesai membahas daftar inventarisasi masalah (DIM). Lebih lanjut, ia menilai terdapat beberapa topik yang memerlukan pendalaman, seperti masalah power wheeling. Menurut dia, skema power wheeling inilah yang paling penting untuk dibahas lebih lanjut. Terkait energi nuklir, DPR menaruh perhatian pada protokol keamanan dan keselamatan dalam pengoperasian energi nuklir.

Kawah Gunung Ruang Keluarkan Asap Tipis Putih Kelabu, tak Ada Aktivitas Erupsi

Aktivitas vulkanik dan kegempaan Gunung Ruang terpantau cenderung landai pada Jumat (3/5/2024) pagi. Gumpalan asap tipis berwarna putih kelabu membumbung setinggi 200 meter dari pusat kawah Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan menuturkan, pihaknya masih menyematkan status level IV atau Awas bagi gunung api bertipe strato tersebut. Sepanjang hari ini pukul 00:00 hingga 06:00 WITA, jumlah gempa vulkanik dangkal tercatat sebanyak lima kali, gempa vulkanik dalam hanya satu kali, gempa tektonik jauh ada dua kali, dan tidak ada aktivitas erupsi.

Pada Kamis (2/5/2024), data kegempaan yang tercatat oleh stasiun seismik Taliwang satu kali gempa letusan, 29 kali gempa vulkanik dangkal, lima kali gempa vulkanik dalam, dan dua kali gempa tektonik lokal. Lalu, ada 10 kali gempa tektonik jauh dan satu kali gempa tremor menerus

Kuasa Hukum Prabowo-Gibran Sebut Gugatan PDIP di PTUN Salah Alamat

Partai Demokrasi Indonesia atau PDIP, dalam petitumnya, meminta hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan perbuatan melawan hukum karena menerima pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Putusan itu nantinya diharapkan menjadi pertimbangan MPR membatalkan pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran sebagai presiden dan cawapres terpilih.

Menanggapi hal itu, Kuasa Hukum Prabowo-Gibran, Maulana Bungaran, mengatakan, gugatan itu salah alamat. Menurut Maulana, gugatan itu berhubungan dengan sengketa proses Pilpres 2024. Karena itu, PDIP seharusnya lebih dahulu mengajukan masalah itu ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Menurut Maulana, mempermasalahkan penetapan pasangan calon sudah diatur dalam Undang-Undang Pemilu. Dalam Undang-undang itu, pemohon harusnya mengajukan sengketa proses di awal-awal saat KPU menerima dan menetapkan Gibran sebagai cawapres, ke Bawaslu. Bila tak menerima keputusan Bawaslu, pemohon bisa mengajukan gugatan ke PTUN. Di samping itu, Maulana mengatakan, PDIP tidak mmiliki legal standing atau kedudukan hukum untuk mengajukan gugatan itu. Alasannya, masalah ini berkaitan dengan Pilpres 2024. Pihak yang berhak mengajukan gugatan seharusnya paslon peserta Pilpres 2024.

Sidang Sengketa Pileg di MK: Ribuan Suara PPP dan PDIP Diklaim Berpindah ke Partai Lain

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggugat ribuan suara yang pindah ke partai politik lain dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Legislatif (PHPU Pileg) atau sengketa Pileg di Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini, Kamis, 2 Mei 2024. PDIP mengajukan gugatan sengketa Pileg Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Selatan (Kalsel). PDIP menyatakan sebanyak 15.690 suara dari pemilihnya beralih ke Partai Amanat Nasional (PAN) di Dapil tersebut. Sementara PPP pun mengklaim telah terjadi perpindahan ribuan suara partainya ke Partai Garuda di Dapil Sumatra Utara I, II, dan III.

Kuasa Hukum PDIP Rikardus Sihura menyebutkan adanya peningkatan suara yang diterima PAN di Kabupaten Kotabaru, Kalsel, yang tersebar di 5 kecamatan, 18 desa, 49 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Dia merinci, menurut formulir C hasil pemohon, suara PAN sebanyak 487, sedangkan suara yang ditetapkan Termohon adalah 1.294, sehingga didapatkan selisih 807 suara. Tak hanya itu, Rikardus kemudian menambahkan, penambahan suara PAN juga terjadi di beberapa

Lebih lanjut, Rikardus mengungkapkan, perpindahan suara terjadi juga di beberapa TPS di Banjarmasin, Kalsel, yakni ada 9.395 suara. Dia merinci, menurut C Hasil Pemohon suara PAN sebesar 11.560 sedangkan penetapan oleh Termohon yakni 20.955 suara. Dengan demikian, Rikardus menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan suara untuk PAN dengan total sekitar 15.690 suara. Dia mengatakan seharusnya perolehan suara PAN adalah 262.315, namun karena penambahan yang dilakukan oleh pihak tergugat, total suara PAN yang ditetapkan menjadi 278.005 suara, seperti yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).TPS di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel. Dia menyebut penambahan suara mencapai 5.488.

KPK Bongkar Nilai Gratifikasi dan TPPU Bupati Probolinggo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap nilai penerimaan gratifikasi Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari (PTS) dan beberapa orang lainnya mencapai Rp149 miliar. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mendetailkan, dari jumlah tersebut, Puput menyamarkan penerimaannya hingga Rp90 miliar melalui tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Di Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong pada Kamis (2/5), Ali mengatakan telah dilaksanakan penyerahan tersangka dan barang bukti dalam perkara lanjutan penerimaan gratifikasi dan TPPU dengan tersangka PTS dan lainnya. Ali menyebut perkara ini telah siap untuk diproses di meja hijau. Jaksa penuntut umum (JPU) juga disebut tengah menyiapkan surat dakwaannya.

KPK sebelumnya telah menyita aset Rp 104,8 miliar terkait kasus dugaan TPPU tersangka Puput Tantriana Sari. Aset itu terdiri atas emas hingga tanah, KPK tak mendetailkan lokasi aset tersebut. Dia mengatakan KPK akan membuktikan aset yang disita itu terkait dengan perkara dugaan korupsi dan TPPU. Dia mengatakan KPK akan berupaya agar aset-aset itu dirampas untuk negara.

KPK Singgung Potensi Keluarga SYL Jadi Tersangka TPPU

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan keluarga mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) berpotensi menjadi tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan potensi itu muncul setelah banyak ditemukan fakta-fakta menarik di persidangan terdakwa SYL, selain yang tertuang dalam surat dakwaan jaksa. Ia kemudian menegaskan fakta-fakta tersebut bakal didalami lebih jauh. Termasuk, penggunaan anggaran-anggaran yang sempat disinggung saksi di muka persidangan.

Ali menyebut jajarannya bakal berdiskusi lebih lannjut terkait fakta-fakta tersebut. Ia berpendapat para jaksa penuntut umum (JPU) ke depannya bakal terus mengembangkan fakta yang terungkap. Ali menyebut analisis terkait hal itu tentunya setelah proses persidangan. Saat dihadirkan sebagai saksi, mantan koordinator substansi rumah tangga Kementan, Arief Sopian menyebut SYL menggunakan anggaran Kementerian Pertanian untuk pengeluaran hiburan, salah satunya membayar biduan. Selain itu, ada pula keterangan saksi yang menyebut Eselon I Kementerian Pertanian RI yang membelikan mobil merek Toyota Innova seharga Rp500 jutaan untuk anak perempuan SYL, Indira Chundra Thita. SYL didakwa melakukan pemerasan hingga mencapai Rp44.546.079.044 dan menerima gratifikasi dianggap suap sejumlah Rp40.647.444.494 selama periode 2020-2023.

Tindak pidana itu dilakukan SYL bersama-sama dengan dua terdakwa lainnya, yakni Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta.

BPS: Harga Beras Mulai Turun

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras mulai mengalami penurunan. Harga beras mulai turun seiring meningkatnya produksi. Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan, komoditas beras mengalami deflasi pada April 2024 sebesar 2,72 persen month-to-month (mtm) setelah mengalami inflasi delapan bulan berturut-turut sejak Agustus 2023. “Hal ini seiring dengan peningkatan produksi beras sehingga dampaknya tingkat inflasi beras terus menurun hingga mengalami deflasi sebesar 2,72 persen pada bulan April 2024 dan memberikan andil deflasi sebesar 0,12 persen,” ucap Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Amalia menuturkan bahwa deflasi tersebut terjadi di 28 provinsi. Sementara itu, harga beras cenderung stabil di satu provinsi dan mengalami inflasi di sembilan provinsi lainnya. Kesembilan provinsi itu adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, dan Riau. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena pola konsumsi, masa tanam, dan masa panen yang berbeda di satu wilayah dengan wilayah lainnya. “Hal ini yang menyebabkan struktur permintaan dan suplai beras antarwilayah bervariasi, walaupun secara nasional terjadi panen raya, tetapi tidak semua wilayah mengalami penurunan harga beras,” ujar Amalia.

Amalia mengatakan bahwa preferensi terhadap beras lokal juga mempengaruhi pembentukan harga beras di pasaran. Misalnya, varietas beras Solok yang menjadi konsumsi utama masyarakat Riau atau varietas beras Siam yang dikonsumsi oleh warga Kalimantan cenderung memiliki karakteristik harga yang inelastis. “Pasokan beras dari luar wilayah di masa panen seperti sekarang tidak serta merta mampu menekan harga beras lokal tersebut jika produksi beras lokal belum mengalami peningkatan,” katanya. Berbeda dengan beras, komoditas bahan pokok lainnya yaitu bawang merah, mengalami inflasi sebesar 30,75 persen pada April. Sementara untuk andilnya terhadap inflasi mencapai 0,14 persen. Amalia mengatakan, selain karena bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, inflasi bawang merah terjadi karena pasokan ke beberapa wilayah yang terganggu karena kondisi cuaca. Inflasi ini menjadi yang tertinggi selama Januari 2021-April 2024.

Alih Kelola PLTU Paiton, Pemerintah Diminta Cermati Kebijakan Manajemen Baru

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menyarankan pemerintah bersama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN untuk mencermati sejumlah keputusan yang mungkin dibuat pengelola baru PLTU Paiton 7 & 8 di Jawa Timur, Indonesia. Adapun, operator sebelumnya, Mitsui & Co Ltd melepas saham mayoritasnya 36,260% di PT Paiton Energy kepada RH International (Singapore) Corporation Pte. Ltd. atau RHIS, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan energi asal Thailand, RATCH Group Public Company Limited. Sisanya, 9,255% saham Paiton Energy didivestasikan ke PT Medco Daya Energi Sentosa (MDES), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh PT Medco Daya Abadi Lestari, serta pemegang saham Paiton existing yang berafiliasi dengan Keluarga Panigoro, PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC).

“Pengambilalihan itu harus disikapi dengan hati-hati yang berkaitan dengan keputusan-keputusan yang dibuat manajemen baru mengenai operasi pembangkit listrik misalnya,” kata Fabby saat dihubungi, Kamis (2/5/2024). Adapun, manajemen Mitsui menyatakan divestasi saham atas aset PLTU dengan kapasitas keseluruhan 2.045 megawatt (MW) atau 2,04 gigawatt (GW) itu diselesaikan pada 30 April 2024, waktu Eropa. Harga jual saham Mitsui kepada dua perusahaan itu mencapai sekitar 109 miliar yen atau setara dengan Rp11,31 triliun (asumsi kurs Rp103,84 per yen), sekitar US$698.892.250.

Menurut Fabby, keputusan-keputusan baru yang mungkin diambil RATCH Group selepas divestasi bakal memiliki implikasi serius pada keandalan listrik, rencana net zero emission (NZE) nasional, hingga peta jalan pensiun dini PLTU yang telah dijadwalkan pemerintah sampai 2050 mendatang. “Saya harapkan dengan manajemen baru mungkin mereka bisa mempertimbangkan juga untuk menghentikan operasi PLTU Paiton lebih awal sebelum kontraknya berakhir,” kata Fabby. Seperti diberitakan sebelumnya, Chief Executive Officer of RATCH Group Public Company Limited Nitus Voraphonpiput mengatakan akuisisi saham Mitsui di PT Paiton Energy itu bakal memperkuat komitmen jangka panjang perusahaan untuk mengembangkan bisnis di Indonesia.

Mendagri Tito: Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp27 Triliun

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, penyelenggaraan Pilkada 2024 menelan anggaran hampir Rp27 triliun. Tito menjelaskan, UU No. 10/2016 mengatur bahwa anggaran pilkada berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Oleh sebab itu, Kemendagri mempunyai tugas untuk ingatkan para pemerintah daerah agar melakukan koordinasi kepada KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tingkat daerah ihwal kebutuhan anggaran Pilkada 2024.

Dari hasil koordinasi tersebut, didapat bahwa KPU memerlukan Rp20,68 triliun, sementara Bawaslu membutuhkan Rp6,09 triliun. “Jadi totalnya lebih kurang hampir Rp27 triliun dari seluruh daerah, untuk KPUD dan Bawaslu daerah. Belum termasuk, kami belum merekap untuk yang aparat keamanan, Polri dan TNI terutama,” jelas Tito di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2024).

Meski demikian, belum semua anggaran tersebut terealisasi. Dia menargetkan realisasi anggaran Rp27 triliun itu pada bulan depan. “Bila perlu dalam bulan Mei, Juni sudah harus selesai karena teman-teman KPUD mereka memerlukan biaya untuk mengeksekusi program-programnya, Bawaslu juga demikian,” ungkap Tito. Lebih lanjut, mantan Kapolri ini menjelaskan penyedia dana Pilkada 2024 berasal dari 40% APBD tahun anggaran 2023 dan 60% APBD tahun anggaran 2024 dalam bentuk belanja hibah. Anggaran Rp27 triliun itu nantinya akan digunakan untuk melaksanakan Pilkada 2024 serentak di 545 daerah.

BPS: Inflasi Inti Pada April 2024 Meningkat Jadi 1,82%

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi komponen inti secara tahunan mengalami peningkatan menjadi 1,82% year on year (yoy) pada April 2024. Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan, inflasi ini memberikan andil inflasi sebesar 1,17% pada inflasi April 2024. “Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi pada April 2024 di antaranya adalah emas perhiasan, gula pasir, nasi dengan lauk, biaya kontrak rumah, dan biaya sewa rumah,” tutur Amalia dalam konferensi pers, Kamis (2/5). Adapun jika dilihat secara bulanan, komponen inti mengalami inflasi sebesar 0,29% month on month (mom) dengan andil inflasi sebesar 0,18% mom.

Komoditas yang dominan memberikan andil terhadap inflasi komponen inti secara bulanan adalah emas perhiasan, minyak goreng, dan gula pasir. Adapun secara tahunan, inflasi terjadi pada seluruh komponen. selain inflasi inti, tekanan inflasi tahunan komponen harga diatur pemerintah tercatat lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, yakni mencapai 1,54%. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi harga diatur pemerintah adalah sigaret kretek mesin (SKM), tarif angkutan udara,sigaret kretek tangan (SKT), dan sigaret putih mesin (SPM). Sementara itu, secara bulanan, komponen harga diatur pemerintah mengalami inflasi sebesar 0,62% dengan andil inflasisebesar 0,12%. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi komponen ini adalah tarif angkutan udara, tarif angkutan antarkota, sigaret kretek mesin (SKM), dan tarif kereta api.

Terakhir, adalah inflasi komponen harga bergejolak mengalami penurunan secara tahunan atau mencapai 9,635. Meski begitu, Amalia menyebut inflasi ini terbilang masih tinggi. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi komponen harga bergejolak adalah beras, daging ayamras, bawang merah, tomat, bawang putih, cabai merah, dan telur ayam ras. Adapun jika dilihat secata bulanan, komponen harga bergejolak mengalami deflasi sebesar 0,31% dengan andil deflasi sebesar 0,05%. Komoditas yang dominan memberikan andil deflasi komponen harga bergejolak adalah cabai merah, beras, telur ayamras, dan cabai rawit.

Peringati Hardiknas, KSP: Jangan Ada Lagi Cerita Guru Terjerat Pinjol

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Abetnego Tarigan menyinggung soal masih adanya guru yang terjerat pinjaman online (pinjol). Hal itu disampaikannya dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke-65 yang jatuh pada Kamis (2/5/2024). Menurut Abetnego salah satu upaya memenuhi jaminan kebutuhan bagi guru adalah melalui sertifikasi guru. Artinya jika perhitungan pendapatan guru diperoleh dari gaji dan tunjangan profesi berdasarkan sertifikasi, masih terdapat lebih dari satu juta guru yang belum sejahtera. Percepatan sertifikasi guru menjadi keniscayaan agar guru memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimun dan jaminan kesejahteraan sosial. Jangan ada lagi cerita guru harus nyambi jadi buruh tani atau kurir barang setelah jam sekolah selesai, bahkan cerita guru yang terjerat pinjol.

Abetnego menyampaikan Kantor Staf Presiden mendukung upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) yang tengah menyiapkan skema baru untuk percepatan sertifikasi guru. Dengan skema baru tersebut, ada beberapa penyesuaian bagi guru dan calon guru yang mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG), khususnya dalam proses rekrutmen, pembelajaran, dan seleksi. Dalam proses rekrutmen, sambung Abetnego, pemerintah melakukan pembaruan data guru dalam jabatan (daljab) yang memuat pendidikan dan pengalaman mengajar guru secara lebih akurat. Sementara dalam pembelajaran, nantinya ada penyesuaian terkait pelaksanaan secara hybrid/bauran, masa tempuh, dan satuan kredit bagi guru-guru dengan kondisi tertentu.

HET Beras Bakal Melonjak, Inflasi RI Terancam Bengkak?

Laju inflasi RI berisiko bengkak usai pemerintah memberi sinyal harga eceran tertinggi (HET) beras naik dalam waktu dekat. Sinyal kenaikan HET beras disampaikan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). Nantinya harga baru tersebut tak hanya berlaku untuk beras premium, tetapi termasuk beras medium. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menuturkan lembaganya sedang mempersiapkan payung hukum berupa Peraturan Badan untuk memberlakukan HET beras yang baru tersebut.

Kendati demikan, dia tidak memberikan penjelasan lanjutan terkait dengan nominal selisih kenaikan harga dan waktu pemberlakuannya. Dia menegaskan penerapan HET beras terbaru bakal dilakukan dalam waktu dekat. Adapun, pemerintah juga tidak menutup kemungkinan untuk menurunkan HET jika produksi dalam negeri dan kesejahteraan petani meningkat. Hingga saat ini, Arief menyebut Kementerian Pertanian (Kementan) tengah menyiapkan dukungan baik kepada petani maupun peternak untuk meningkatkan produktivitasnya. Mulai dari menyediakan benih, penyuluh, ketersediaan pupuk, hingga memperbaiki unsur lahan. Berbagai langkah tersebut diharapkan dapat mendorong produksi produk-produk yang dapat dikembangkan di Indonesia.

Untuk diketahui, pemerintah kembali memperpanjang relaksasi HET beras premium hingga 31 Mei 2024. Kebijakan ini semula berakhir pada 24 April 2024. Arief kala itu menyebut, ada potensi relaksasi HET beras ini akan permanen. Sejalan dengan hal tersebut, pihaknya tengah menyiapkan Perbadan baru untuk penyesuaian HET terbaru. “Hari ini kami akan melakukan perpanjangan [HET beras] sampai 31 Mei, tetapi dengan catatan kita juga akan harmonisasi sehingga Peraturan Badannya akan ditetapkan. Hampir pasti angkanya untuk beras premium HET ada di 14.900,” kata Arief . Tak hanya HET beras premium, pemerintah juga berencana untuk mengerek harga beras medium. Arief menyebut, pemerintah akan mematok HET beras medium di kisaran Rp12.000 hingga Rp12.500 per kilogram, sesuai dengan zona wilayah. Sebagai informasi, HET beras premium naik sebesar Rp1.000 untuk tiap wilayah sejak 10 Maret 2024. Di wilayah Jawa, Lampung, dan Sumatra Selatan misalnya, HET yang semula Rp13.900 per kilogram kini dipatok menjadi Rp14.900 per kilogram.

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Sumbawa

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tiu Suntuk, di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis (2/5/2024). Presiden mengatakan, pemerintah membangun tujuh bendungan hanya untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Pemerintah sepuluh tahun ini membangun tujuh bendungan di NTB, hanya di NTB, paling banyak. Dan Bendungan Tiu Suntuk ini jadi salah satu bendungan yang besar di Sumbawa Barat menghabiskan anggaran Rp1,4 triliun,” ujar Presiden. Bendungan tersebut menurut Presiden berkapasitas tampung sebanyak 60,8 juta meter kubik menampung air sebanyak itu besar sekali. Presiden mengatakan, manfaat bendungan tersebut untuk irigasinya seluas 1900 hektare.

Bendungan itu juga untuk membantu penyediaan air baku untuk masyarakat di Sumbawa. Selain itu juga, untuk mencegah banjir di Sumbawa dan sekitarnya. “(Untuk penyediaan) air baku sebanyak 680 liter per detik dan mereduksi banjir di sekitar Sumbawa barat. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya resmikan Bendungan Tiu Suntuk,” kata Presiden.

Studi: Lapisan Es di Kutub Utara Sekarang Jadi Sumber Gas Rumah Kaca

Sebuah studi menemukan bahwa wilayah lapisan es (permafrost) di Kutub Utara sekarang mengeluarkan lebih banyak gas rumah kaca daripada yang ditangkapnya. Permafrost mendasari sekitar 14 juta kilometer persegi daratan di dalam dan sekitar Kutub Utara. Tiga meter teratas mengandung sekitar 1 triliun metrik ton karbon dan 55 miliar metrik ton nitrogen.

Secara historis, wilayah permafrost utara telah menjadi penyerap karbon, karena tanah yang membeku menghambat penguraian mikroba. Namun, kenaikan suhu berkontribusi terhadap pencairan lapisan es dan karenanya meningkatkan aktivitas biogeokimia yang memperburuk perubahan iklim dengan melepaskan gas rumah kaca seperti karbon dioksida, metana, dan dinitrogen oksida. Studi baru yang dipublikasikan di Global Biogeochemical Cycles, mensintesis pengukuran gas rumah kaca di wilayah permafrost utara antara tahun 2000 dan 2020 untuk memberikan neraca karbon untuk wilayah tersebut, serta penilaian komprehensif pertama tentang jumlah gas rumah kaca yang diserap dan dikeluarkan oleh wilayah tersebut.

Pekerjaan para peneliti, yang dilakukan sebagai bagian dari proyek Regional Carbon Cycle Assessment and Processes (RECCAP2), menggunakan pendekatan bottom-up, dengan fokus pada estimasi emisi berdasarkan kategori sumber tertentu. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa area tersebut telah bergeser dari penyerap menjadi sumber karbon dalam jumlah kecil. Para peneliti mengumpulkan banyak perkiraan masa lalu mengenai fluks gas rumah kaca di berbagai bagian wilayah permafrost utara untuk mengungkap bagaimana seluruh wilayah tersebut merespons perubahan iklim. Mereka menemukan bahwa area penelitian merupakan sumber metana dan dinitrogen oksida antara tahun 2000 dan 2020.

Pemerhati Pendidikan Soroti Program Merdeka Belajar

Pemerhati pendidikan Ubaid Matraji menyoroti program Merdeka Belajar yang digulirkan Kemendikbudristek. Meski banyak capaian positif, namun sejumlah tantangan masih belum terselesaikan.  “Merdeka Belajar ini belum mampu menjawab tantangan yang masih dasar sekali. Yaitu, akses pendidikan di Indonesia,” kata Ubaid dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Kamis (2/5/2024). Ubaid mengungkapkan, hingga kini masih banyak anak-anak Indonesia yang tidak bisa sekolah. Hal ini dikategorikan sebagai Anak Tidak Sekolah atau ATS. 

Padahal, anak-anak Indonesia ini mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. “Mestinya ini layanan dasar soal masuk sekolah dan mempunyai tekad hal yang sama,” ujarnya. Apalagi, kata dia, Undang Undang 1945 dan Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional semua menjamin seluruh anak Indonesia untuk bisa sekolah. “Mereka harus bisa sekolah dari SD hingga SMA,” ucapnya. Selain akses pendidikan, ia menyebut, tantangan lain adalah masalah ekonomi yang mendominasi. Menurutnya, sekolah dan kuliah masih menjadi sesuatu yang mahal di Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Tim Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Yogi Anggraena menyampaikan seputar program Merdeka Belajar. Ia mengingatkan, bahwa indikator keberhasilan belajar selaras dengan kurikulum merdeka jika kegiatan belajar menyenangkan. “Selain itu, kegiatan anak-anak belajar juga berlangsung secara mendalam,” ucapnya, seperti dikutip dari Antaranews. Tujuan dari kurikulum merdeka, yakni ingin fokus materi esensial, hilangkan materi yang tidak penting.  Sehingga anak tidak dijejali lagi berbagai materi untuk menghindari siswa tertekan dan tidak memahami. Saat awal perancangan, kata dia, Presiden RI Joko Widodo meminta untuk menyederhanakan kurikulum.

Kemendag Kembali Merilis Revisi Aturan Perubahan Terkait Kebijakan Impor

Kementerian Perdagangan menerbitkan perubahan kedua Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor. Perubahan kedua ini tertuang dalam Permendag Nomor 7 Tahun 2024 Tentang Perubahan Kedua Atas Permendag 36 Tahun 2023 yang ditandatangani Senin (29/4) lalu, untuk selanjutnya dalam proses diundangkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Beberapa pokok yang diubah pada Permendag 7/2024, yakni tindak lanjut atas importasi barang kiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI), tindak lanjut atas permasalahan impor barang bawaan pribadi penumpang, serta evaluasi atas pengaturan beberapa komoditas bahan baku industri yang mengalami kendala importasi setelah pemberlakuan Permendag 36/2023 pada 10 Maret 2024. Semangat perubahan kedua dalam Permendag 36/2023 untuk kemudahan impor bahan baku industri dan kemudahan impor barang kiriman PMI serta menyelesaikan permasalahan impor barang pribadi penumpang.

Mendag mengungkapkan, terkait importasi barang kiriman PMI, Permendag 7/2024 meniadakan batasan jenis barang, jumlah barang dan kondisi barang (baru atau tidak baru). Pengaturan impor barang kiriman PMI ini akan diberlakukan surut, yaitu sejak 11 Desember 2023. Hal ini untuk menyelesaikan permasalahan tertahannya barang impor kiriman PMI yang telah masuk ke pelabuhan Tanjung Mas, Tanjung Perak, maupun pelabuhan tujuan lainnya sejak 11 Desember 2023.

Mengejar Selisih Satu Suara Demokrat hingga ke MK

Partai Demokrat kehilangan satu suara di Kalimantan Barat, yakni di daerah pemilihan Kalbar 1. Rupanya, hilangnya satu suara tersebut berpotensi untuk memengaruhi pengisian kursi calon anggota DPRD Kalbar. Untuk mengejarnya, Demokrat pun harus mempersoalkan ke Mahkamah Konstitusi.

Kuasa hukum Partai Demokrat, Mehbob, saat membacakan permohonannya dalam sidang sengketa hasil pemilu legislatif pada Selasa (30/4/2024) lalu mengatakan, telah terjadi pengurangan suara Demokrat di TPS 80 Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak. Hilangnya suara terjadi saat rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Adapun perolehan suara Partai Demokrat di Dapil Kalbar 1 menjadi 27.928 suara. Perolehan suara Demokrat tersebut hanya selisih enam suara dengan Partai Hanura di dapil yang sama yang memeroleh 27.930 suara. Menurut pemohon, perolehan suara tersebut tidak benar. Yang benar, suara Demokrat bertambah satu menjadi 27.929 suara sedangkan suara Partai Hanura seharusnya berkurang enam suara menjadi 27.924.

Selain kehilangan suara di Kalbar Dapil 1, Demokrat juga mempersoalkan hilangnya suara di Dapil 2 Kabupaten Aceh Timur, menuding penambahan suara Perindo di Dapil 4 Maluku Utara, dan juga di Dapil Kabupaten Buru Selatan 2.

Prediksi soal Kabinet Prabowo-Gibran: Menteri Triumvirat Tak Diberi ke Parpol

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda memprediksi, posisi menteri triumvirat di era Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak akan diberikan ke parpol. Adapun menteri triumvirat yakni Menteri Luar Negeri (Menlu), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Menteri Pertahanan (Menhan). Ketiganya secara bersama-sama akan bertugas menggantikan presiden dan wakil presiden tidak dapat melakukan kewajiban dalam masa jabatannya.

Hanta memprediksi ada kemungkinan posisi Mendagri tetap akan diisi oleh Tito Karnavian yang juga orangnya Presiden Jokowi. Kemudian, posisi Menhan bisa diisi Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin yang juga orang dekat Prabowo Subianto.

Selain tiga menteri triumvirat ini, posisi Menteri BUMN, Menteri ESDM, Menteri Keuangan, hingga Mensesneg juga dinilai tak akan diberikan ke partai politik. Sebab, posisi tersebut sangat strategis karena berkaitan menguasai hajat hidup rakyat dan dapur kekuasaan presiden. Dalam kesempatan yang sama, Hanta juga berpandangan, nomenklatur menteri di era Prabowo-Gibran bisa bertambah.

MK Gelar Sidang Lanjutan Pemeriksaan Pendahuluan Sengketa Pileg, Ada 81 Perkara

Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang sengketa Pemohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum hasil Pemilihan Legislatif 2024, Kamis, 2 Mei 2024. Sidang tersebut akan memeriksa 81 perkara, yang merupakan tahap pemeriksaan pendahuluan. Sidang ini masih akan diadakan dalam tiga panel, masing-masing dengan tiga hakim konstitusi. Panel pertama diisi oleh hakim Suhartoyo, M. Guntur Hamzah, dan Daniel Yusmic P. Foekh. Panel kedua oleh Saldi Isra, Arsul Sani, dan Ridwan Mansyur, sementara panel ketiga oleh M. Guntur Hamzah, Arief Hidayat, dan Enny Nurbaningsih.

Sidang ini merupakan bagian dari rangkaian sidang yang berlangsung dari 29 April hingga 3 Mei 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat. Dalam sidang ini, majelis hakim akan mendengarkan pokok-pokok permohonan, memeriksa kelengkapan dan kejelasan materi permohonan, serta memeriksa dan mengesahkan alat bukti yang diajukan oleh pemohon.

Menurut Juru Bicara MK Fajar Laksono, terdapat total 297 perkara dalam sengketa pileg 2024, yang disidangkan secara bertahap. Sidang perdana yakni pada Senin, 29 April 2024 MK menyidangkan 79 perkara, kemudian dilanjut pada Selasa, 30 April 2024 dengan 77 perkara. Selanjutnya, Jumat, 3 Mei 2024 masih ada 60 sidang perkara dengan agenda serupa.

Kapolri Angkat Suara Soal Motif Bunuh Diri Brigadir RA di Mampang

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo angkat suara terkait kasus bunuh diri anggota Polresta Manado Brigadir RA yang terjadi pada Kamis (25/4). Listyo mengatakan saat ini penyidik dari Polres Metro Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya masih terus mendalami motif bunuh diri yang dilakukan oleh Brigadir RA. “Yang paling utama adalah peristiwanya yang terjadi, motifnya yang sedang didalami. Saya kira nanti, karena itu sangat teknis, biar yang menjelaskan Polres atau Polda,” ujarnya kepada wartawan di Stadion Madya GBK, Rabu (1/5).

Brigadir RA ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala dalam sebuah mobil di rumah seorang pengusaha di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (25/5). Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan Brigadir RA tewas diduga bunuh diri saat tengah berada di dalam mobil. Ia mengatakan penyidik juga menemukan pistol jenis HS-9 dari lokasi penemuan korban.

Teranyar, Polres Metro Jakarta Selatan kini telah menutup kasus kematian Brigadir RA setelah dipastikan tidak ada unsur pidana. Tim Dokter Forensik RS Polri Kramat Jati juga memastikan tidak ada luka selain di kepala yang ditemukan di tubuh Brigadir RA.

Berkas Pendaftaran Lengkap, Airin Tunggu Restu Megawati untuk Pilgub Banten

Airin menyerahkan formulir pendaftaran bakal cagub Banten ke kantor DPD PDI-P Banten di Kota Serang pada Rabu (1/5/2024). Mantan Bupati Pandeglang, A Dimyati Natakusumah, juga menyerahkan formulir pendaftaran bakal cagub Banten ke DPD PDI-P Banten, di hari yang sama. Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPD PDI-P Banten Muhlis mengungkapkan, berkas pendaftaran yang diserahkan kedua bakal cagub itu sudah lengkap.

Selain Airin dan Dimyati, terdapat tiga tokoh lain yang telah mengambil formulir pendaftaran, yaitu Rano Karno, anggota Fraksi PDI-P DPR yang pernah menjabat sebagai Gubernur Banten; Eden Gunawan yang merupakan Ketua ICMI Banten; dan Ratu Ageng Ekawati yang merupakan Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara. Sementara itu selain PDI-P, pada Rabu sore, Airin juga mendaftarkan diri sebagai bakal cagub Banten ke DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banten. Seperti dilaporkan kompas.com, Airin menyampaikan bahwa ia juga akan mengambil formulir penjaringan di Partai Nasdem dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sekjen PDI-P, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan partainya akan bekerja sama tidak hanya dengan partai sesama pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, tetapi membuka ruang kerja sama dengan Partai Gerindra, Partai Golkar, PKB, dan PAN. Meski demikian, pendekatan kesesuaian ideologi tetap dikedepankan oleh PDI-P. Dalam menetapkan bakal calon kepala daerah, PDI-P akan melihat rekam jejak dan kinerjanya.

Buruh Minta Prabowo-Gibran Revisi UU Cipta Kerja

Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (DPP Konfederasi Sarbumusi) memberikan pesan kepada pemerintahan baru Prabowo-Gibran pada Hari Buruh Internasional 2024.  Presiden DPP Konfederasi Sarbumusi, Irham Ali Saifuddin meminta Prabowo-Gibran untuk mengevaluasi dan merevisi kembali UU Cipta Kerja.

Irham menyebut sejak awal pihaknya menolak RUU tersebut, semenjak tahap pengusulan pemerintah kepada DPR. UU Cipta Kerja, menurut Irham, lebih berorientasi pada kebijakan perburuhan ramah pasar (market-oriented driven) dengan karakter neoliberalisme yang kuat.

Menurutnya, kesejahteraan buruh merupakan kunci dalam memepersiapkan visi Indonesia Emas 2045. Perlindungan dan kesejahteraan buruh merupakan prasyarat utama untuk keadilan ekonomi distributif dan inklusif.

Alasan Buruh Desak UU Ciptaker Dicabut saat Peringatan May Day

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) mendesak agar Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja Nomor 6 Tahun 2023 berikut semua peraturan turunannya dicabut saat memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day), Rabu (1/5). Presiden ASPEK Mirah Sumirat mengungkapkan tuntutan itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, dampak buruk UU Cipta Kerja atau Ciptaker, khususnya kluster ketenagakerjaan, sudah mulai dirasakan oleh rakyat Indonesia. Menurut Mirah, pekerja Indonesia semakin miskin, karena beleid itu telah menghilangkan jaminan kepastian kerja, jaminan kepastian upah dan juga jaminan sosial.

Selain itu, beleid itu juga membuat penetapan upah minimum yang tidak lagi melibatkan unsur tripartit dan kenaikannya tidak memenuhi unsur kelayakan. UU Ciptaker, menurut Mirah, juga membuat sistem kerja outsourcing diperluas tanpa pembatasan jenis pekerjaan yang jelas. Kemudian, sistem kerja kontrak dapat dilakukan seumur hidup, tanpa kepastian status menjadi pekerja tetap. Ketentuan upah minimum sektoral provinsi dan kota/kabupaten juga hilang. Tak hanya itu, beleid tersebut juga memudahkan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan. Termasuk hilangnya ketentuan PHK harus melalui Penetapan Pengadilan.

Dampak negatif lainnya, UU Ciptaker mengurangi kompensasi PHK pesangon dan penghargaan masa kerja, serta mempermudah masuknya tenaga kerja asing (TKA), bahkan untuk semua jenis pekerjaan yang sesungguhnya bisa dikerjakan oleh pekerja Indonesia. Selainitu, Mirah juga menuntut perlindungan hak berserikat di perusahaan. Pasalnya, masih banyak perusahaan yang anti terhadap keberadaan Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Dia juga mendorong pembenahan menyeluruh desk pidana perburuhan di kepolisian. Selanjutnya, Serikat Pekerja/Serikat Buruh meminta agar di tahun 2024 ini Pemerintah dan DPR mensahkan Rancangan Undang Undang Pekerja Rumah Tangga (PPRT) yang sudah lama mangkrak di DPR RI untuk menjadi UU.

7 Bandara di Sulawesi Tutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav Indonesia mengeluarkan Notice to Airmen (NOTAM) atau informasi penerbangan terkait penutupan sementara tujuh bandara di sekitar wilayah Sulawesi. Langkah itu diambil imbas erupsi Gunung Ruang pada Selasa (30/4) pukul 01.30 WITA, sesuai dengan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan tinggi letusan sekitar 2.000 meter dan menyebar ke utara.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro mengungkapkan sekitar 50 penerbangan terdampak akibat penutupan sementara tujuh bandara di sekitar Sulawesi. “Dihimpun dari data sementara, terdapat total 50 penerbangan yang terdampak di tujuh bandara tersebut, yaitu 25 keberangkatan dan 25 kedatangan, dengan jumlah penumpang sekitar 3.842 pax,” kata Hermana.

Berikut tujuh bandara di sekitar Sulawesi yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

  1. Bandara Gorontalo (WAMG) dengan nomor NOTAM: C0575/24 NOTAMN, ditutup sejak 30 April 13.17 WITA sampai dengan 1 Mei 2024 pukul 12.00 WITA.
  2. Bandara Siau/Sitaro (WAMO) dengan nomor NOTAM: C0578/24 NOTAMN, ditutup sejak 30 April 10.49 WITA sampai dengan 1 Mei 2024 pukul 12.00 WITA.
  3. Bandara Bolaang Mongondow (WAMI) dengan nomor NOTAM: C0577/24 NOTAMN, ditutup sejak 30 April 10.48 WITA sampai dengan 1 Mei 2024 pukul 12.00 WITA.
  4. Bandara Tahuna/Naha (WAMH) dengan nomor NOTAM: C0576/24 NOTAMN, ditutup sejak 30 April 10.42 WITA sampai dengan 1 Mei 2024 pukul 12.00 WITA.
  5. Bandara Pohuwato (WAFZ) dengan nomor NOTAM: C0581/24 NOTAM, ditutup sejak 30 April 12.02 WITA sampai dengan 1 Mei 2024 pukul 12.00 WITA.
  6. Perpanjangan penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado (WAMM) dengan nomor NOTAM: A1148/24 NOTAMR A1144/24, diperpanjang penutupannya sejak 30 April pukul 11.13 WITA sampai dengan 1 Mei 2024 pukul 12.00 WITA.
  7. Bandara Pogogul (WAFY) dengan nomor NOTAM: C0587/24 NOTAM, ditutup sejak 30 April pukul 15.28 WITA sampai dengan 1 Mei 2024 pukul 18.00 WITA.
The Fed Kembali Tahan Suku Bunga Gara-gara Inflasi AS Masih Tinggi

Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) mempertahankan suku bunga acuan di level 5,25 persen – 5,50 persen karena inflasi masih jauh dari target 2 persen. Suku bunga di kisaran 5,25 persen hingga 5,50 persen ini berlaku sejak Juli 2023.

Pilihan menahan suku bunga ini diambil lantaran inflasi masih sulit dikendalikan agar turun menuju target. Gubernur The Fed Jerome Powell menyebut kenaikan harga-harga alias inflasi masih naik terlalu cepat. Meski kenaikannya mulai landai, angka inflasi dinilai masih tinggi. “Kemajuan lebih lanjut dalam menurunkannya (inflasi) masih belum pasti dan arah ke depan masih belum pasti,” imbuhnya.

Pendukung Israel Serang Kamp Protes Pro-Palestina di Los Angeles

Para pendukung Israel menyerang kamp protes pro-Palestina di Universitas California di Los Angeles pada Rabu (1/5/2024). Sementara wali kota New York mengatakan bahwa demonstrasi pro-Palestina di Universitas Columbia yang dibubarkan polisi dipimpin orang luar. Rekaman saksi mata dari UCLA, menunjukkan orang-orang yang menggunakan tongkat atau galah, memalu papan kayu yang digunakan sebagai barikade sementara untuk melindungi para demonstran pro-Palestina sebelum polisi dikerahkan ke kampus.

Di bagian lain negara itu, polisi New York menangkap para demonstran pro-Palestina yang bersembunyi di sebuah gedung di Universitas Columbia dan membubarkan perkemahan protes pada Selasa (30/4/2024) malam. Wali kota New York City Eric Adams mengatakan sekitar 300 orang telah ditangkap dan ia menyalahkan protes tersebut pada penghasut dari luar, namun tanpa memberikan bukti konkrit. Serangan 7 Oktober terhadap Israel selatan oleh militan Hamas dari Jalur Gaza dan serangan Israel berikutnya terhadap daerah kantong Palestina telah memicu aktivisme mahasiswa AS yang terbesar sejak protes anti-rasisme pada tahun 2020. Ketika demonstrasi mahasiswa telah menyebar ke puluhan sekolah di seluruh AS dalam beberapa hari terakhir untuk mengekspresikan penentangan terhadap perang Israel di Gaza, polisi dipanggil untuk memadamkan atau mengamankan aksi-aksi protes.

Protes mahasiswa di Amerika Serikat juga bernuansa politis menjelang pemilihan presiden pada bulan November, dengan Partai Republik menuduh beberapa administrator universitas menutup mata terhadap retorika dan pelecehan antisemit.


AS Paksa Hamas Terima Tawaran Israel dalam Proposal Gencatan Senjata

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, mendesak gerakan Palestina, Hamas, untuk menerima proposal kesepakatan gencatan senjata dengan Israel untuk menukar tahanan Israel dan Palestina. Dia mengatakan kepada keluarga-keluarga sandera Israel bahwa AS tidak akan berhenti sampai semua orang kembali ke rumah. Hamas belum mengomentari pernyataan Antony Blinken. Menteri Luar Negeri AS itu sebelumnya bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog dan mengatakan pemerintah AS bertekad untuk mencapai perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Hamas. Antony Blinken juga menyalahkan kelompok Hamas jika kesepakatan gencatan senjata tidak tercapai.

Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, mengatakan proposal Israel yang disampaikan kepada Hamas mencakup gencatan senjata 40 hari dalam perang Gaza dan pembebasan kemungkinan ribuan tahanan Palestina sebagai imbalan atas pembebasan beberapa tawanan Israel. Tawaran itu tidak mencakup gencatan senjata total di Gaza, seperti permintaan Hamas. Hamas menuntut diakhirinya serangan Israel yang sedang berlangsung di Gaza sebagai imbalan atas kesepakatan pertukaran tahanan dengan Israel. Sementara itu, Israel menolak untuk mundur dari Jalur Gaza meski keduanya menyetujui proposal gencatan senjata.

Israel masih melancarkan agresinya di Jalur Gaza, jumlah kematian warga Palestina meningkat menjadi 34.568 jiwa dan 77.765 lainnya terluka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Rabu (1/5/2024), dan 1.147 kematian di wilayah Israel, Israel memperkirakan, kurang lebih ada 136 sandera yang masih ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023. Sementara itu, lebih dari 8.000 warga Palestina yang masih berada di penjara-penjara Israel, menurut laporan The Guardian pada Desember 2023 lalu.

Israel akan Menyerang Rafah di Gaza dengan atau Tanpa Kesepakatan Terkait Sandera, kata Netanyahu

Israel akan menyerang Rafah di Gaza ‘dengan atau tanpa’ kesepakatan penyanderaan, kata Benyamin Netanyahu pada hari Selasa. “Gagasan bahwa kita akan menghentikan perang sebelum mencapai semua tujuannya adalah mustahil. Kita akan memasuki Rafah dan kita akan melenyapkan batalyon Hamas di sana – dengan atau tanpa kesepakatan – untuk mencapai kemenangan total,” katanya Netanyahu katanya. Lebih dari satu juta pengungsi Palestina telah melarikan diri ke Rafah, kota di sepanjang perbatasan selatan Jalur Gaza dengan Mesir.

Khawatir akan tingginya angka kematian warga sipil dan memburuknya situasi kemanusiaan di Gaza, kelompok bantuan dan pemimpin internasional, termasuk Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, mendesak Israel untuk mengurangi rencananya atau membatalkan serangan sama sekali. Pada hari Minggu, menteri keuangan sayap kanan Israel Bezalel Smotrich, anggota kabinet perang Netanyahu, mengatakan di situs media sosial X bahwa menyetujui kesepakatan gencatan senjata akan menjadi “penyerahan yang memalukan” dan “ancaman nyata” terhadap negara Israel. Di Israel, mungkin tidak ada suara yang lebih kuat daripada suara keluarga para sandera yang masih ditahan di Gaza. Hamas telah merilis dua video penyanderaan selama seminggu terakhir, yang berupaya meningkatkan tekanan dalam negosiasi. Pada konferensi pers hari Senin, keluarga dua sandera mendesak Netanyahu dan seluruh kabinet perangnya untuk mencapai kesepakatan.

Secara terpisah, mengecam laporan bahwa Pengadilan Kriminal Internasional sedang bersiap mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi pejabat senior Israel atas tuduhan terkait perang terhadap Hamas. “Ini akan menjadi keterlaluan dalam skala sejarah,” kata Netanyahu, mengingatkan akar sistem pengadilan pidana internasional setelah Perang Dunia II dan Holocaust. Mengeluarkan surat perintah penangkapan berarti “menaburkan bahan bakar jet ke api antisemitisme, api yang sudah berkobar di kampus-kampus Amerika dan di seluruh ibu kota di seluruh dunia,” katanya.

Maksimalkan Panen Raya, Bulog Serap Beras Setara 30 Ribu Ton GKP Sehari

Perum Bulog memaksimalkan penyerapan gabah dan beras pada momentum panen raya yang tengah berlangsung di beberapa daerah di tanah air. Hal ini ini dilakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan melalui pemenuhuan stok beras nasional yang bersumber dari produksi dalam negeri. Direktur Utama Perum BULOG, Bayu Krisnamurthi menegaskan komitmen Bulog untuk melakukan penyerapan gabah dan beras dalam negeri secara optimal pada periode panen raya ini. Baginya, pemenuhan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) melalui penyerapan gabah dan beras dari dalam negeri pada masa panen raya ini merupakan prioritas pemerintah saat ini.

Bayu mengatakan BULOG sebagai perusahaan pangan pemerintah yang bertugas melakukan penyerapan dan pengelolaan stok pangan nasional berupaya secara aktif dengan turun langsung ke lokasi panen. Secara year on year di bulan April 2024, penyerapan gabah/beras dalam negeri kita lebih tinggi selama 3 tahun terakhir, yakni mencapai 468 ribu ton setara Gabah Kering Panen (GKP).

“Dan saat ini dengan berbagai upaya yang kami lakukan, BULOG  dapat melakukan penyerapan sampai dengan 30.000 ton setara GKP setiap harinya, yang sebelumnya rata-rata dibawah 20.000 ton. Kedepannya, hasil serapan yang kami lakukan akan terus kami tingkatkan secara optimal,” katanya.

Dampak Erupsi Gunung Ruang, 5 Bandara Masih Ditutup Sementara

AirNav Indonesia memperbarui status penutupan sementara 7 bandara yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Sebelumnya pada 30 April sampai 1 Mei 2024 pukul 12.00 Wita, sebanyak 7 bandara ditutup sementara sehingga menyebabkan 50 penerbangan terdampak. Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro mengatakan, jumlah bandara yang ditutup sementara akibat aktivitas Gunung Ruang menjadi berkurang lantaran terdapat dua bandara yang telah beroperasi normal.

Kedua bandara yang telah beroperasi normal, yaitu Bandara Naha yang mulai beroperasi sejak pukul 12.10 Wita dan Bandara Buol sejak pukul 18.03 Wita. Sementara lima bandara lainnya, sampai dengan tanggal 1 Mei 2024 pukul 12.00 WITA, yang masih ditutup sementara ialah Bandara Sam Ratulangi, Bandara Djalaluddin, Bandara Sitaro, Bandara Bolaang Mongondow, dan Bandara Pohuwato.

Berikut rincian lima bandara yang diperpanjang penutupannya akibat erupsi Gunung Ruang, yaitu:

  1. Penutupan Bandara Sam Ratulangi, Manado (WAMM) mulai 1 Mei pukul 11.25 Wita sampai 2 Mei 2024 pukul 12.00 Wita
  2. Penutupan Bandara Djalaluddin, Gorontalo (WAMG) mulai 1 Mei pukul 09.17 Wita sampai 1 Mei 2024 pukul 24.00 Wita
  3. Penutupan Bandara Sitaro, Siau (WAMO) mulai 1 Mei pukul 12.37 Wita sampai 2 Mei 2024 pukul 12.00 Wita
  4. Penutupan Bandara Bolaang Mongondow (WAMI) mulai 1 Mei pukul 12.02 Wita sampai 2 Mei 2024 pukul 12.00 Wita
  5. Penutupan Bandara Pohuwato (WAFZ) mulai 1 Mei pukul 12.02 Wita sampai 2 Mei 2024 pukul 12.00 Wita.

Tanggapi Ucapan Hari Buruh dari Prabowo, Partai Buruh Bilang Begini

Partai Buruh menanggapi ucapan Hari Buruh 2024 yang disampaikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada Rabu, 1 Mei 2024. Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan partainya berharap Prabowo bisa membuat kebijakan pro-buruh jika sudah jadi orang nomor satu di Indonesia nantinya.

Said menyatakan Partai Buruh berharap Prabowo bisa mengakomodir tuntutan kaum pekerja. Salah satunya, kata dia, adalah menyejahterakan buruh dengan mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja. “Bentuknya apa? Presiden terpilih kami berharap mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (jika sudah dilantik),” ujar Said. Khususnya, kata dia, untuk mencabut cluster ketenagakerjaan dan cluster petani di Omnibus Law UU Cipta Kerja yang merugikan buruh, petani, nelayan.

Selain itu, Said juga meminta agar Prabowo menghapuskan praktik outsourcing atau alih daya di dunia kerja. “Seingat kami Bapak Presiden Prabowo juga berulang berjanji menghapuskan outsourcing, buruh yang sejahtera adalah buruh yang upah yang layak tapi produktivitasnya tinggi,” ucap Said. 

Bappenas Pasang Target PDB Biaya Logistik Turun ke 12% pada 2029

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas memasang target penurunan biaya logistik nasional terhadap produk domestik bruto (PDB) menjadi 12% dalam 5 tahun ke depan. Deputi Bidang Ekonomi Bappenas, Amalia A. Widyasanti mengatakan biaya logistik nasional terhadap PDB masih di angka 14,3% pada 2022. Sementara, persaingan sektor logistik antarnegara semakin ketat, sehingga efisiensi dan peningkatan kinerja logistik perlu dipercepat. “Di tahun 2029 nanti, biaya logistik terhadap PDB kita turunkan menjadi 12% targetnya. Ini target untuk 5 tahun kedepan,” kata Amalia dalam agenda Bisnis Indonesia Shipping & Logistics Forum 2024, Selasa (30/4/2024).

Bahkan, pemerintah juga menargetkan PDB biaya logistik turun hingga 8% pada 2045. Adapun, penghitungan komponen biaya logistik tersebut diperoleh dari biaya transportasi, biaya pergudangan, biaya inventory, dan biaya administrasi. Di samping itu, dia mengungkap perkembangan skor Logistic Performance Index (LPI) Indonesia pada tahun 2023 yang berada di level 3,0 turun dari skor LPI pda 2018 di angka 3,15.

Terdapat sejumlah isu strategis pada ekosisitem logistik di Indonesia yaitu jaringan pelayaran yang belum efisien secara kalabilitas, pusat ekonomi dan jaringan logistik utama belum terintegrasi, cargo & trade imbalance antar wialayah. Selain itu masih ada ketidakoptimalan proses konsolidasi dan dekonsolidasi muatan, belum meratanya hilirisasi antar wilayah sehingga biaya logistik dalam proses industri tidak efisien, belum meratanya cakupan kualitas logistik, dan belum optimalnya adopsi teknologi dan digitalisasi logistik. Oleh karena itu, dalam dalam visi Indonesia Emas 2045 disebutkan sebagai negara kepulauan, penting untuk Indonesia mengoptimalkan logistik kelautan dan menggenjot potensi laut untuk modal pembangunan masa depan. Bappenas telah membuay ekonomi biru atau economy blue roadmap yang akan menjadi mesin baru penggerak ekonomi di masa depan. Peta jalan pengembangannya telah dibuat.

Bank Dunia: Pertumbuhan PDB Indonesia Terus Melambat

Bank Dunia menyatakan kendati ekonomi Indonesia sudah cukup bagus, tetapi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan Indonesia terus mengalami perlambatan. Senior Economist Bank Dunia, Alexandre Hugo Laure, dalam pertemuan dengan dunia usaha di Surabaya, Selasa (30/4), mengatakan pertumbuhan sektor manufaktur yang menjadi penyumbang utama ekonomi Indonesia jika dibandingkan dengan berbagai negara, maka pertumbuhannya terbilang cukup lambat, kalah dibanding Tiongkok, Meksiko, Mesir, Nigeria, bahkan dengan India.

Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh minimnya penelitian dan pengembangan serta rendahnya adaptasi teknologi dan inovasi yang dilakukan oleh industri besar di Indonesia. Pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan yang dilakukan industri di Indonesia, lanjutnya, hanya sekitar sembilan persen, jauh tertinggal dibandingkan kompetitor. “Hanya sekitar lima persen perusahaan yang memperkenalkan inovasi, baik inovasi produk atau proses. Mengadopsi teknologi dan efisiensi energi juga sangat kecil di Indonesia dan hanya sedikit perusahaan yang mengadopsi praktik manajemen ramah lingkungan,” katanya.

Ketua Umum Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, mengatakan peningkatan kinerja bisa dilakukan dengan menguasai pasar dalam negeri karena saat ini pasar di luar negeri tengah melambat. Masalahnya, Indonesia masih memiliki tantangan melalui platform e-commerce, karena transaksi antara dua negara tidak lagi Business to Business (B to B), tetapi polanya sudah menjadi Business to Consumer (B to C). Guru Besar Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Aloysius Gunadi Brata, mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebelum pandemi selalu di kisaran 5 persen saja. Tertinggi pada 2018 sebesar 5,17 persen, dan setelah pandemi tertinggi di pada 2022 sebesar 5,31 persen. Tahun 2023, pertumbuhan ekonomi turun menjadi 5,05 persen, cenderung di bawah rata-rata pertumbuhan 2017-2019.

Pekerja Migran Hadapi Sederet Persoalan, Kemlu Dorong Perpres Tata Kelola Migrasi

Jaminan kesejahteraan dan keselamatan masih menjadi isu bagi para pekerja migran. Koordinator Departemen Pengorganisasian Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Fitri Wahyuni menyebutkan, berbagai persoalan yang dihadapi pekerja migran di Indonesia ketika bekerja di luar negeri. Pertama, Fitri menyebutkan persolan yang dihadapi sebelum bekerja mulai dari keterbatasan akses informasi, pungli pembuatan dokumen, pemalsuan dokumen, tempat penampungan yang tidak kayak, ancaman jerat hutang, perpeloncoan, dan ancaman gagal berangkat.

Tak hanya itu, pekerja migran harus dihadapkan lagi dengan berbagai persoalan selama bekerja seperti resiko ketidaksesuaian kontrak, penahanan kepulangan, hilang kontak, kekerasan fisik dan psikis, kekerasan seksual, visa tidak sesuai, perbudakan, sakit, kecelakaan kerja, hingga meninggal dunia. Belum selesai, Fitri juga menyebutkan masalah pasca bekerja seperti resiko tidak menerima gaji, ditelantarkan, disandera, pulang dengan kondisi cacat fisik dan psikis, hamil atau membawa anak di luar nikah, konflik keluarga, dan ketidaktahuan soal BPJS Ketenagakerjaan.

Dari banyaknya persoalan yang dihadapi pekerja migran, Fitri turut mengemukakan rekomendasi kepada pemerintah. “Membangun (Balai Latihan Kerja Luar Negeri) BLKLN milik pemerintah daerah untuk meningkatkan skill calon (Pekerja Migran Indonesia) PMI karena kebanyakan BLKLN ini kebanyakan dari P3MI, jadi miliknya swasta. Pemerintah ada namun masih sangat jarang,” ungkap Fitri dalam Diskusi Publik Mayday MPM PP Muhamadiyah di Jakarta, Rabu (1/5). Fitri juga menghimbau pemerintah untuk mengatur perlindungan pekerja migran sampai di tingkat Peraturan Daerah (Perda), menuntut peran aktif pemerintah Kota/Kabupaten untuk melindungi PMI, memperkuat Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) melalui loket pengaduan, dan melibatkan organisasi pekerja migran dalam upaya perlindungan PMI. Kepala Sub Direktorat Kelembagaan dan Diplomasi Perlindungan, Direktorat Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Fajar Nuradi mengaku bahwa belum ada kebijakan tata kelola migrasi di tingkat nasional yang terintegrasi dengan baik. “Karena itu sekarang ini, bahkan sudah sampai tahap uji publik, atas perintah bapak presiden sedang dibuat Perpres tentang penguatan tata kelola. Ini akan ada uji publik kedua dan insyallah akan segera diharmonisasi dan segera disahkan,” pungkasnya.

Demo Hari Buruh, Prabowo Diminta Hapus Sistem Outsourcing

Kalangan buruh meminta presiden terpilih Prabowo Subianto agar mencabut sistem outsourcing di sektor ketenagakerjaan. Presiden Partai Buruh sekaligus Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan para buruh menyimpan keyakinan bahwa Prabowo bisa menjadikan buruh lebih sejahtera. Namun, dia menegaskan bahwa kesejahteraan buruh bisa tercapai tanpa adanya Omnibus law Cipta Kerja. “Kami berkeyakinan bapak presiden Prabowo Subiyanto sebagaimana telah menyampaikan di dalam pidato singkatnya pada hari ini yang menyatakan selamat hari buruh internasional dan buruh nasional, menjadikan buruh sejahtera, buruh yang sejahtera adalah buruh tanpa omnibus law,” ujar Said di tengah aksi unjuk rasa Hari Buruh di kawasan Monas, Rabu (1/5/2024).

Said pun menekankan, kesejahteraan buruh dapat tercapai apabila sistem outsourcing tenaga kerja dihapuskan. Mereka mengandalkan janji-janji Prabowo pada masa lampau untuk menghapus outsourcing. “Seingat kami bapak presiden prabowo juga berulang-ulang berjanji menghapuskan outsourcing,” tutur Iqbal. Selain itu, para buruh juga mendesak agar penetapan upah buruh bisa lebih layak untuk mendorong produktivitas dan daya saing. Mereka berharap Prabowo bisa mendengar seluruh permintaan buruh yang disebut sebagai penggerak roda perekonomian negara.

Serikat pekerja pun berharap ke depannya tidak ada kluster ketenagakerjaan dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja. Prabowo diminta mencabut ketenagakerjaan dengan klaster petani dalam Perppu pengganti UU Cipta Kerja. Musababnya, mereka menilai klaster pekerja itu telah merugikan pekerja seperti buruh, petani, nelayan dan kelas pekerja lainnya.

Bea Masuk Barang Impor Disoal, YLKI juga Mendapat Aduan

Kepala Bidang Pengaduan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Rio Pambudi mengatakan keluhan konsumen soal bea masuk barang dari luar negeri yang mahal selama 2023 dan 2024 hanya ada 2 laporan saja. Rio memberikan data pengaduan soal bea cukai pada 2023 yang menyebut pembelian salah satu konsumen yang barang senilai USD 128 atau Rp 2,076 Juta namun pajaknya mencapai Rp 1,045 Juta. Pengadu meminta penjelasan penetapan pajak itu. Rio tidak menjelaskan secara rinci siapa pengadu itu.

Kemudian, aduan pada 2024 yakni orang Bekasi yang bekerja di Jepang. Orang itu menanyakan hal serupa, dia menjelaskan baru saja membeli barang seharga 2.000 Yen. Tapi, dia malah mendapatkan email yang mengharuskan membayar pajak bea cukai lebih banyak, yakni kurang lebih 3.500 Yen.

Beberapa waktu ini ada beberapa keluhan soal bea masuk barang yang tinggi, keluhan itu viral di media sosial seperti kasus sepatu merek Adidas yang harganya Rp 8,8 Juta tapi pajaknya Rp 30,9 Juta, pembeli robotik yang mengeluh kardusnya rusak dan keyboard braile hibah dari Korea Selatan ke Sekolah Luar Biasa Lebak Bulus tapi tinggi pajaknya.

Realisasi Investasi RI Tembus Rp401,5 T pada Kuartal I 2024

Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat investasi Indonesia pada kuartal I 2024 mencapai Rp401,5 triliun. Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan realisasi investasi itu baru 24,3 persen dari target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar Rp1.650 triliun. “Realisasi investasi kita pada kuartal pertama adalah sebesar RP401,5 triliun. Tumbuh secara kuartal dari kuartal IV-2023 9,8 persen, dan dibandingkan dengan semester pertama 2023 atau year on year, 22,1 persen,” kata dia dalam konferensi pers di Kementerian Investasi, Jakarta Selatan, Senin (29/4).

Bahlil merinci realisasi investasi tersebut terdiri atas Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp197,1 triliun atau 49,1 persen dari total investasi pada kuartal-I 2024. Selanjutnya, realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp204,4 triliun atau 50,9 persen dari total investasi kuartal I-2024. Secara wilayah, luar Pulau Jawa masih mendominasi investasi yang masuk sepanjang periode tersebut. Porsinya mencapai 50,1 persen atau setara Rp201 triliun. Sementara itu, investasi di Pulau Jawa sebesar Rp200,5 triliun. Realisasi tersebut setara dengan 49,9 persen dari total investasi kuartal-I 2024.

BI Catat Transaksi Digital Banking Tembus Rp15,8 Ribu T Kuartal I 2024

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi digital banking tembus Rp15.881,5 triliun pada kuartal I 2024. Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Elyana Widyasari mengatakan angka itu tumbuh 16,15 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (yoy). “Kita juga melihat transaksi digital banking yang dilaksanakan perbankan itu Rp15.881,53 triliun,” ucapnya di Samosir, Sumatera Utara, Minggu (28/4).

Adapun untuk nominal transaksi uang elektronik (UE) meningkat 41,70 persen (yoy) menjadi Rp253,39 triliun. Ia juga mengungkapkan transaksi Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) meningkat 6,62 persen menjadi Rp42.005,48 triliun pada kuartal I 2024.

Alasan Kontrak Freeport Diperpanjang hingga 2061

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membeberkan alasan pemerintah ingin segera memperpanjang kontrak izin tambang PT Freeport Indonesia. Rencananya, kontrak tersebut akan kembali diperpanjang selama 20 tahun, atau hingga 2061, selepas berakhirnya kontrak saat ini yang berlaku sampai 2041.

Menurut Bahlil, perpanjangan kontrak izin usaha pertambangan khusus (IUPK) Freeport dilakukan pemerintah lantaran cadangan dan produksi mineral perusahaan tersebut diprediksi akan mencapai puncaknya pada 2035. Pemerintah menilai jika setelah 2035 kegiatan eksplorasi tidak dilakukan, maka produksi bisa habis. Di sisi lain, eksplorasi di wilayah tambang bawah tanah membutuhkan waktu 10-15 tahun.

Saat ini, proses perpanjangan kontrak ini hampir final, hanya tinggal menunggu revisi Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Mardiono Sebut Gugatan PPP ke MK karena KPU Salah Catat Jumlah Suara

Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono menegaskan, gugatan partainya ke Mahkamah Konstitusi atau MK soal sengketa pemilihan legislatif bukan karena dicaplok suaranya oleh Partai Garuda, namun PPP menilai ada kesalahan pencatatan di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mardiono menekankan, pihaknya sebagai peserta pemilu tentu saja tak melakukan mencatatan, karena hal tersebut merupakan tugas KPU. “Pemilu ini kan secara nasional sekian juta suara yang harus diurus, tentu kalau toh ada kesalahan ya itu manusiawi,” imbuh dia. Menurut Mardiono, gugatan PPP di MK bukan perihal pihak mana yang mengambil suara pihak lain, namun PPP ingin mengungkap dan menyajikan data yang benar demi mendapatkan keadilan. MK telah memulai proses persidangan sengketa Pileg hari ini. Sebanyak 297 permohonan perkara telah tercatat, termasuk salah satunya yang diajukan oleh PPP. Partai yang memiliki simbol Ka’bah itu menduga perolehan suara DPR RI mereka di sejumlah dapil di Banten pindah secara tidak sah ke Partai Garuda.

“Praktik pemindahan suara pemohon untuk pemilu anggota DPR RI pada daerah pemilihan Banten I, Banten II, dan Banten III Provinsi Banten secara tidak sah kepada Partai Garuda,” kata Kuasa hukum PPP, Dharma Rozali Akbar, dalam sidang di Gedung MK, Jakarta Pusat pada Senin, 29 April 2024.Dalam Pemilu 2024 PPP memperoleh 5.878.777 suara atau 3,87 persen. Ini menyebabkan partai ini gagal lolos ke Senayan karena perolehan suara mereka di bawah ambang batas parlemen 4 persen. Dharma menilai, terdapat perbedaan perhitungan suara versi PPP dengan KPU.

Terungkap di Sidang SYL, Pejabat Kementan Patungan Rp 750 Juta untuk THR Anggota DPR

Eks Koordinator Subtansi Rumah Tangga (Rumga) Kementerian Pertanian (Kementan), Arief Sopian membeberkan soal pengumpulan uang yang dilakukan pejabat eselon I Kementan. Uang yang dikumpulkan hingga nyaris Rp1 miliar itu lantas diberikan ke para anggota DPR RI, termasuk politikus Nasdem. Hal tersebut disampaikan Arief saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (29/4/2024). Arief bersaksi untuk terdakwa mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) Dkk.

Mulanya, jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Arief soal tunjangan hari raya (THR) yang disalurkan kepada anggota Fraksi Partai Nasdem di DPR RI. Ditemukan bahwa THR itu menyentuh angka Rp 750 juta. Uang tersebut diserahkan lewat mantan Direktur Alat dan Mesin Kementan, Muhammad Hatta.

Dalam BAP itu, Arief menghimpun data pemberian dalam buku agenda berwarna hijau dengan logo Kementan. Catatan tersebut dibuat pada April 2022. Penyerahan uang Rp 750 juta dilakukan di ruang kerja Muhammad Hatta di gedung Kementan secara bertahap. Berdasarkan BAP Arief, uang Rp 750 juta itu ternyata didapat dari Pejabat Eselon I Kementan. Arief membenarkan BAP yang dibacakan JPU KPK itu.

Jokowi Bakal Umumkan Tim Percepatan Investasi IKN Bulan Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membentuk tim percepatan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tim tersebut rencananya diumumkan pada Mei 2024. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (29/4).

Tim tersebut, lanjut dia, akan melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk pemerintah daerah hingga investor. Ia ingin segala urusan investasi di IKN tidak dilakukan secara parsial. Menurutnya, jika urusan investasi dilakukan secara parsial, strateginya akan lambat.

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan investasi di IKN tengah dikebut setelah Pemilu 2024. Ia pun memungkiri jika dikatakan investasi di IKN mengalami stagnasi. Ia menyebut investasi dari dalam negeri atau penyertaan modal dalam negeri (PMDN) di IKN mulai bergulir, di antaranya hotel-hotel oleh beberapa konsorsium. Ia mengungkapkan perkantoran sudah mulai dibangun. Bahkan, investasi untuk tempat olahraga dan fasilitas umum sudah dilakukan.

Menkominfo Sampaikan Lima Kebijakan Ekonomi Digital dalam VID 2045

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyampaikan lima kebijakan strategis ekonomi digital dalam Visi Indonesia Digital (VID) 2045 dalam acara bertajuk Green Impact Day – Untuk Ketahanan Pangan, Air, dan Energi Indonesia di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat.

Lima Kebijakan tersebut yaitu:

  1. Mendorong aktivitas riset dan pengembangan guna menghadirkan efektivitas dan efisiensi teknologi bagi pelaku ekonomi digital.
  2. Mengoptimalkan riset dan inovasi sebagai solusi bagi perusahaan rintisan lokal serta akses informasi strategis untuk mendukung pembangunan dan kebijakan.
  3. Meningkatkan perlindungan merek dan perlindungan paten invensi teknologi.
  4. mengadopsi teknologi digital di sektor-sektor prioritas, seperti manufaktur, pertanian, logistik, dan keuangan.
  5. Menggalakkan pendanaan dan investasi pada ekonomi digital.

Mengutip data Google, Temasek, Bain & Company (2023), ia menyebutkan bahwa ekonomi digital Indonesia nilainya pada 2025 diproyeksikan mencapai 109 miliar dolar AS (sekitar Rp 1,7 kuadriliun) atau naik sekitar 15 persen bila dibandingkan dengan tahun 2023. Budi Arie mengemukakan bahwa teknologi hijau berbasis kecerdasan artifisial (AI) juga akan berkontribusi bagi perekonomian global pada tahun 2030, nilai lebih besar 4,4 persen dibandingkan jika AI dimanfaatkan untuk bisnis pada umumnya.

Heru Budi Yakin Pengesahan UU DKJ yang Terbaik untuk Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meyakini, pengesahan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) merupakan hal yang terbaik untuk Jakarta. Heru berharap, Jakarta bisa secepatnya menerapkan pasal-pasal yang tertuang dalam UU DKJ tersebut. 

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres) untuk meresmikan berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Heru mengaku dirinya belum mengetahui kapan Keppres tersebut akan diterbitkan. Menurut Heru, yang terpenting nantinya Jakarta bisa menerapkan seluruh pasal yang ada dengan baik demi kemajuan Jakarta.

Presiden Joko Widodo menandatangani pengesahan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta, yang salah satunya mengatur tentang peralihan status Ibu Kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada UU DKJ disebutkan dalam pasal 1 (ayat 1) bahwa Provinsi Daerah Khusus Jakarta adalah daerah provinsi yang mempunyai kekhususan dalam menyelenggarakan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adapun pengesahan UU DKJ ditandatangani Presiden Joko Widodo di Jakarta, tertanggal 25 April 2024 dan diundangkan di Jakarta pada tanggal yang sama oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Bank Indonesia Susun Ulang Sistem Pembayaran, Rilis Pada Pertengahan 2024

Bank Indonesia (BI) tengah dalam proses memperbarui, menyempurnakan dan memperluas digitalisasi sistem pembayaran lewat Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025-2030. Sistem Pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang dipakai untuk melaksanakan pemindahan dana, guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Secara garis besar sistem pembayaran di Indonesia dibagi menjadi dua yaitu sistem pembayaran tunai dan sistem pembayaran non-tunai.

Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan bahwa BSPI 2025-2030 kini tengah dalam proses penyusunan. BSPI ini nantinya akan diluncurkan secara resmi pada pertengahan 2024. “Nanti kita akan luncurkan secara resmi BSPI 2025 ini. Insya Allah, tengah tahun ini kita akan luncurkan,” tuturnya dalam Kick Off Hackathon BI 2024, Senin (29/4/2024). Perry menjelaskan bahwa bocoran pertama dalam inisiatif BSPI 2025 adalah memperbarui modernisasi dan memperkuat infrastruktur sistem pembayaran, yakni pengembangan sistem pembayaran retail. Adapun, hal ini tidak saja pada Bank Indonesia Fast Payment (BI FAST), namun juga Fast Payment oleh swasta dan berkolaborasi untuk mendorong ekonomi keuangan digital nasional.

“Demikian juga infrastruktur pembayaran wholesale. Kami juga akan memperbarui modernisasi RTGS (Real Time Gross Settlement) yang tidak hanya multi currency tapi juga modern, sesuai dengan ISO 2022, dan infrastruktur pusat data pembayaran yang tentu saja akan mendorong ekonomi keuangan digital pertama,” jelasnya. Berikutnya dalam industri, pihaknya akan melakukan penguatan dan konsolidasi industri. BI nantinya akan mendorong industri, para pelaku dan sistem pembayaran. Terdapat dua kelompok dalam konsolidasi yakni kelompok pelaku atau perusahaan sistem pembayaran yang besar, dan dengan lainnya. BI juga akan mendorong inovasi digital yang akan bekerjasama dengan industri, digitalisasi ekonomi keuangan nasional, digitalisasi sistem pembayaran, yang semuanya diperlukan untuk memperluas layanan dengan tetap memperhatikan perlindungan konsumen, APU-PPT.

Harga Bawang Putih Meroket, Mendagri Curiga Ada Aksi Penimbunan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mewanti-wanti risiko adanya spekulan bawang putih yang sengaja melakukan penimbunan di tengah lonjakan harga bawang putih saat ini. Tito menjelaskan, kekhawatiran itu muncul seiring adanya laporan Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang mendapati angka realisasi pendistribusian bawang putih ke pasaran cenderung minim. Hasil pertemuan Bapanas dengan para importir pada 25 April 2024, mendapati bahwa pengadaan bawang putih dari 43 importir baru mencapai 93.815 ton. Padahal, izin impor bawang putih yang telah diterbitkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mencapai 244.194 ton, artinya realisasi impor baru sekitar 38% dari izin yang diterbitkan. Di sisi lain, dari 93.815 ton bawang putih impor yang telah didatangkan dan tiba di Indonesia, hanya 13.601 ton yang telah didistribusikan ke pasaran.

“Dari yang sudah masuk, 80% kemana ini bawang putihnya? Takutnya masih disimpan supaya harga naik dulu baru dilepas, ini perlu diwaspadai,” ujar Tito dalam rapat pengendalian inflasi daerah, Senin (29/4/2024). Sementara itu, Sekretaris Utama Bapanas, Sarwo Edhy mengaku, dalam pertemuannya dengan para importir, pihaknya telah mengimbau mereka untuk segera merealisasikan impor dan mendistribusikannya ke pasaran di seluruh wilayah Indonesia. “Dengan begitu harga bawang putih bisa turun,” ucapnya.

Adapun data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah wilayah yang mengalami kenaikan harga bawang putih pada pekan keempat April 2024 mencapai 272 kabupaten/kota. Jumlah wilayah itu meningkat dibandingkan jumlah wilayah yang mengalami kenaikan harga bawang putih pada pekan sebelumnya sebanyak 260 kabupaten/kota. Selain itu, rata-rata harga bawang putih pada pekan keempat April 2024 sebesar Rp43.916 per kilogram telah naik 4,9% dibandingkan harga rata-rata bawang putih pada Maret 2024.

Panas Ekstrem Landa Asia Tenggara dan Selatan, Sekolah Tatap Muka Ditangguhkan

Asia Selatan dan Tenggara menghadapi cuaca panas ekstrem belakangan ini. Pihak berwenang hampir di seluruh wilayah tersebut telah mengeluarkan peringatan kesehatan, dan sebagian masyarakat ‘mengungsi’ ke taman atau pusat perbelanjaan untuk mencari udara yang lebih sejuk. Gelombang cuaca yang sangat panas melanda Asia Selatan dan Tenggara sejak sepekan terakhir, dengan suhu tertinggi mencapai 45 derajat Celcius. Kondisi ini memaksa ribuan sekolah meminta siswanya untuk tinggal di rumah.

Di Thailand, di mana setidaknya 30 orang telah meninggal akibat serangan panas sepanjang tahun 2024, departemen meteorologi memperingatkan adanya “kondisi buruk” setelah suhu di provinsi utara melebihi 44,1 derajat Celcius pada Sabtu lalu. Sementara di Kamboja, Myanmar, Vietnam, India dan Bangladesh, badan prakiraan cuaca memperingatkan bahwa suhu udara bisa melebihi 40 derajat Celcius dalam beberapa hari mendatang. Masyarakat diminta mewaspadai suhu panas menyengat dan kelembaban yang menyesakkan pernapasan.

Suhu global mencapai rekor tertinggi tahun lalu, dan badan cuaca serta iklim PBB pada hari Selasa pekan kemarin mengatakan bahwa Asia mengalami pemanasan dengan laju yang sangat tinggi. Penelitian ilmiah yang ekstensif menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan gelombang panas menjadi lebih lama, sering, dan intens.

Realisasi Investasi di Indonesia Capai Rp 405,5 Triliun di Kuartal I 2024

Pencapaian realisasi investasi di Indonesia periode Januari-Maret 2024 atau sepanjang kuartal I mencapai Rp 405,5 triliun. Dari nilai itu, investasi yang ada berhasil menyerap 547.419 orang tenaga kerja. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan I tahun 2024 di Gedung Barli Halim, Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta pada Senin (29/4/2024). Realisasi tersebut mengalami kenaikan 9,8% dibanding kuartal IV 2023 dan naik 22,1% dibandingkan Kuartal I 2023.

Bahlil mengatakan, capaian tersebut menjadi yang tertinggi di sepanjang sejarah dan merupakan bentuk kepercayaan global kepada Indonesia. “Alhamdulillah capaian tersebut sebagai wujud kepercayaan global kepada Indonesia,” ujar Bahlil. Selain wujud kepercayaan global, Kepala BKPM itu menyampaikan peran kementerian teknis dan kementerian koordinator yang merealisasikan arahan Presiden Joko Widodo menjadi alasan capaian tersebut dapat terealisasi.

Sebagai Informasi, total rincian realisasi investasi itu terbagi atas Penyertaan Modal Asing (PMA) sebesar Rp 204,4 triliun dengan menyerap 328.073 tenaga kerja dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 197,1 triliun dengan menyerap 219.346 tenaga kerja. Sektor Industri Logam Dasar, Barang Logam, Bukan Mesin dan Peralatannya menjadi kontributor paling besar dengan nilai mencapai US$ 2,7 miliar atau 20,2%. Sedangkan untuk PMDN, sektor Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi menjadi paling besar dengan nilai Rp 30,2 triliun atau 15,3%.

Sri Mulyani Minta Bea Cukai Bebaskan Alat Belajar Siswa SLB Hari Ini

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) membebaskan bea masuk alat pembelajaran siswa tunanetra untuk SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Wanita yang akrab disapa Ani itu memerintahkan langsung para bawahannya untuk menyelesaikan kasus viral belakangan ini. Ia bahkan langsung turun tangan mendatangi Kantor DJBC Soetta.

Sebelumnya, alat bernama taptilo yang dihibahkan untuk SLB di Jakarta itu tertahan di Bea Cukai Soekarno-Hatta. Barang tersebut dikirim dari Korea Selatan. Barang bernama taptilo itu tiba di Indonesia sejak 18 Desember 2022. Pihak SLB diminta melengkapi sejumlah dokumen, bahkan ditagih ratusan juta untuk menebus barang tersebut.

Pihak DJBC Soetta menegaskan langsung berkoordinasi dengan SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta usai masalah ini menjadi sorotan. Ia menyebut langkah tersebut diambil dalam rangka mengurus fasilitas bebas bea masuk dan pajak. Mereka berdalih tengah meminta sejumlah data karena barang impor itu atas hibah. Bea Cukai Soetta menyebut proses administrasi tersebut juga berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Kompolnas Pertanyakan 6 Kejanggalan di Kasus Brigadir RA

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mempertanyakan enam poin kejanggalan di kasus dugaan bunuh diri anggota Polresta Manado Brigadir RA di Jakarta yang terjadi baru-baru ini. Pertama, benny mempertanyakan soal legalitas penugasan Brigadir RA. Baginya, legalitas sebuah penugasan pasti memiliki surat perintah. Kedua, Benny mempertanyakan surat tugas Brigadir RA apakah ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP) maupun hasil penggeledahan di tempat menginap Brigadir RA. Ketiga Benny turut mempertanyakan pihak yang menugaskan RA. Sebab, ia mengatakan pengakuan istri Brigadir RA suaminya sudah ditugaskan sejak tahun 2022 untuk mengawal.

Keempat, Benny mempertanyakan adanya sosok Polwan yang dimaksud istri Brigadir RA yang mengajak Brigadir RA ke Jakarta. Kemudian kelima, Benny mempertanyakan hasil digital forensik terhadap media sosial, handphone dan rekan kerja Brigadir RA. Lalu Keenam terkait legalitas senjata, apakah ada surat izin membawa senjata? Dan senjata tersebut terdaftar di satuan mana.

Kompolnas, lanjutnya, juga telah mendorong agar Propam dan Itwasda Polri ikut memeriksa poin-poin ini. Ia berharap motif dan latar belakang kasus ini dapat terselesaikan. Brigadir RA sebelumnya ditemukan tewas di dalam mobil dengan luka tembak di bagian kepala. Jasadnya ditemukan di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (25/4) malam. Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal menyebut korban bunuh diri dengan cara menembak kepala sendiri. Namun Ade belum merinci motif atau penyebab korban nekat bunuh diri.

Kemenag: Persiapan Haji 2024 Hampir Tercapai 100 Persen

Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) RI, Arsad Hidayat mengatakan, persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2024 sudah hampir 100 persen atau lebih dari 90 persen. Menurut dia, pihaknya sudah melakukan kontrak kerjasama dengan pemerintah Arab Saudi untuk memberikan layanan terbaik untuk jamaah haji Indonesia. “Lebih dari 90 persen lah ya (persiapan haji), karena kaitannya dengan layanan di Arab Saudi sudah dikontrak. Kemudian proses bimbingan manasik juga sedang gencar di seluruh tanah air. Distribusi buku manasik saya lihat juga sudah hampir diterima oleh seluruh jamah haji di seluruh provinsi,” ujar Arsad.

Dia menambahkan, pada tahun ini pemerintah Arab Saudi akan menerapkan kebijakan visa haji yang sangat ketat untuk mengantisipasi kejadian tahun lalu. Karena itu, dia pun mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk berhati-hati dengan penipuan paket haji tanpa antrean yang beredar melalui grup whatsApp, di mana mereka menawarkan visa non haji. “Haji itu harus pakai visa haji. Selama keberangkatan dengan visa haji, saya kira tidak ada masalah,” jelas dia. 

Jokowi Teken UU DKJ, Mulai Berlaku Setelah Ada Keppres Pemindahan Ibu Kota ke IKN

Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Dilansir salinan UU Nomor 2 Tahun 2024 yang telah diunggah di laman resmi Sekretariat Negara, Senin (29/4/2024), aturan tersebut diteken pada 25 April 2024. Pada pasal 2 aturan itu dijelaskan bahwa dengan adanya UU Nomor 2 Tahun 2024 maka Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta diubah menjadi Provinsi Daerah Khusus Jakarta.

Kemudian nantinya Ibu Kota Provinsi Daerah Khusus Jakarta ditetapkan dengan peraturan pemerintah (PP). Selain itu, dijelaskan pula bahwa Provinsi Daerah Khusus Jakarta merupakan daerah otonom pada tingkat provinsi. Provinsi Daerah Khusus Jakarta memiliki kedudukan sebagai pusat perekonomian nasional dan kota global. Adapun sebagai pusat ekonomi nasional dan kota global, Daerah Khusus Jakarta berfungsi sebagai pusat perdagangan, pusat kegiatan layanan jasa dan layanan keuangan serta pusat kegiatan bisnis nasional, regional dan global. Adapun sebagai pusat ekonomi nasional dan kota global, Daerah Khusus Jakarta berfungsi sebagai pusat perdagangan, pusat kegiatan layanan jasa dan layanan keuangan serta pusat kegiatan bisnis nasional, regional dan global.

Selanjutnya dijelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta dipimpin oleh satu orang gubernur yang dibantu oleh seorang wakil gubernur yang dipilih secara langsung melalui pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Meski telah diteken Presiden dan dinyatakan sah, UU Nomor 2 Tahun 2024 ini akan mulai berlaku saat ditetapkannya Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Provinsi Daerah Khusus Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

MK Gelar Sidang Perdana Sengketa Pileg Hari Ini

Mahkamah Konstitusi atau MK menggelar sidang perdana sengketa pemilihan legislatif atau pileg DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten atau kota, dan DPD RI pada hari ini Senin 29 April 2024.  Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan secara total ada 297 perkara dalam sengketa pemilu 2024. Dia menjelaskan, sidang ratusan perkara itu akan dibagi menjadi tiga panel.

Fajar melanjutkan, sidang pertama akan dimulai pada hari ini, 29 April 2024. Kemudian berlanjut pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat untuk agenda yang sama. Dia menuturkan, untuk sidang hari ini ada 79 perkara. Dinukil dari laman resmi MK, beberapa partai politik yang menjadi pemohon pada sidang hari ini adalah PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, dan sebagainya. Ada juga pemohon perseorangan. Misalnya, mantan Ketua DPD RI Irman Gusman. Fajar melanjutkan, sidang dimulai pukul 08.00 untuk sesi satu. Adapun sesi terakhir pukul 15.30.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, Achmad Baidowi, menyebut partai sudah menyiapkan bukti beserta saksi dalam gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2024. Adapun sidang PHPU Pileg akan akan digelar perdana besok, Senin, 29 April 2024.

Polisi Tahan 5 PMI Ilegal yang Hendak Berangkat ke Malaysia

Polda Kepulauan Riau mengamankan lima Pekerja Migran Indonesia (PMI) non-prosedural atau ilegal di sebuah rumah kontrakan di Perumahan Melia Indah, Kabupaten Karimunm Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu (27/4). Kelima PMI ilegal asal Lombok itu diamankan polisi ketika mereka hendak diberangkatkan oleh pelaku berinisial A ke Malaysia. Mereka diberangkatkan melalui jalur tidak resmi dengan memanfaatkan pelabuhan tikus yang ada di Kabupaten Karimun.

Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, kelima PMI ilegal itu kemudian ditangkap kepolisian. Lebih lanjut, Isa menjelaskan pengungkapan kasus penampungan PMI ilegal berdasarkan pengembangan kasus Maret lalu. Timnya berhasil menggagalkan pengiriman PMI ilegal dengan modus menggunakan kapal jaring Ikan nelayan setempat.

Selain mengamankan pelaku dan lima PMI ilegal, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) unit handphone, tiket pesawat, kartu debet, dan tiket kapal Batam tujuan Karimun. Pelaku dan lima PMI ilegal kemudian dibawa polisi ke Mako Ditpolairud Polda Kepri untuk diperiksa lebih lanjut. Pelaku berinisial A dijerat dengan pasal 81 jo, pasal 69 jo, pasal 83 jo, pasal 68 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2023 tentang penetapan PP Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

KPK Tegaskan Tidak Ada Keretakan dengan Dewas

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak ada keretakan hubungan antara lembaga antirasuah dengan Dewan Pengawas (Dewas). KPK menilai aduanwakil ketua KPK Nurul Ghufron terhadap Albertina Ho bersifat personal. “Kami juga ingin memastikan dinamika yang ada tentu seluruh kegiatan proses-proses agenda di KPK (dengan Dewas KPK) tetap berjalan,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin (29/4).

Ali mengatakan Ghufron memiliki pertimbangan sebelum melakukan tindakannya. Di mana pertimbangan itu bukan bagian dari kolektif kolegial di KPK. Ali juga menyebut Ghufron sudah melakukan tindakan yang tepat dengan membuat laporan ke Dewas, jika merasa ada pegawai KPK yang dirasa melakukan pelanggaran etik. Para anggota dalam instansi pemantau itu nantinya akan menguji aduan yang masuk.

Ghufron melaporkan Albertina ke Dewas KPK. Mantan hakim itu sudah membuka suara atas aduan dari komisioner Lembaga Antirasuah tersebut. Albertina mengatakan laporan terhadapnya berkaitan dengan penyalahgunaan kewenangan. Menurutnya, Ghufron menilai anggota Dewas KPK itu melakukan kesalahan saat berkoordinasi dengan PPATK. Menurut Albertina, koordinasi dengan PPATK itu tidak dilakukan dengan membawa nama pribadinya. Melainkan, lanjutnya, mengatasnamakan Dewas KPK.

Kemendag Musnahkan Baja Tulang Tak Sesuai SNI Rp257 M

Kementerian Perdagangan (Kemendag) musnahkan lebih dari 3,6 juta baja tulangan beton senilai Rp257,24 miliar di Kawasan Modern Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (26/4). Pemusnahan dilakukan lantaran produksi baja tulangan beton tersebut tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) 2052:2017 dan legalitas produk, berupa Sertifikat Pengguna Produk Tanda SNI (SPPT-SNI) serta Nomor Pendaftaran Barang (NPB).

Lebih rinci, produk yang dimusnahkan terdiri dari 116 jenis ukuran dan merek dengan total 3.608.263 batang atau seberat 27.078 ton. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyebut pihaknya sudah melakukan pengawasan khusus pada 6 Maret. Hasilnya, Kemendag menemukan PT Hwa Hok Steel (HHS) telah memproduksi produk baja tulangan beton yang tak memenuhi syarat SNI.

Basuki Ungkap Korsel Bakal Hibahkan Instalasi Air untuk IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Korea Selatan akan menghibahkan satu unit water treatment plant alias instalasi pengolahan air (IPA) untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ia mengatakan hibah tersebut akan diserahkan secara resmi melalui nota kesepahaman (MoU) dalam agenda World Water Forum (WWF) ke-10 yang terlaksana pada 18-25 Mei di Bali. “Ada (IPA berkapasitas) 300 liter per detik, sekarang sudah ada persiapan di lapangan. Tapi MoU akan dipakai sebagai seremonial di WWF,” ucap Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (26/4).

Selain itu, ia juga menyebut ada sejumlah MoU lain yang bakal ditandatangani pemerintah di WWF. Basuki membocorkan salah satunya yakni dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), Finlandia, serta dengan Tunisia. Namun, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah MoU serta hibah yang akan diterima. Pasalnya, sampai saat ini pihaknya masih menerima banyak MoU dari berbagai negara. “Belum (bisa dipastikan berapa jumlah MoU) karena masih terus-terusan. Masih-masih (masuk), karena masih 25 hari (lagi). Biasanya pada saat-saat terakhir baru mereka konfirmasi,” ujar Basuki.

Kantongi Dukungan dari Empat Partai, Khofifah Mantap Maju Lagi di Pilgub Jatim

Khofifah Indar Parawansa mengatakan dirinya tak akan menjadi menteri dalam pemerintahan presiden-wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024, karena akan memfokuskan diri untuk maju kembali menjadi calon gubernur Jawa Timur. Khofifah mengaku, hingga saat ini, setidaknya sudah ada empat partai yang telah memberikan tugas kepada dirinya untuk maju di Pilgub Jatim, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PAN.

Secara terpisah, Sekjen PDI-P, Hasto Kristiyanto, mengatakan partainya membuka peluang bekerja sama dengan Partai Gerindra untuk mengusung Khofifah di Pilgub Jawa Timur. Meski berseberangan di Pemilihan Presiden 2024, Hasto menyebut dinamika politik di daerah bisa sangat berbeda. Kerja sama partainya dengan Gerindra juga pernah terjadi seusai Pilpres 2019.

Sri Mulyani Turun Tangan Usai Banyak Kasus Viral di Bea Cukai Soetta

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani turun tangan usai berbagai keluhan masyarakat terhadap pelayanan Bea Cukai Soekarno Hatta (Soetta) viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Yustinus Prastowo mengatakan Sri Mulyani telah melakukan rapat pimpinan Direktorat Jenderal Bea Cukai Soetta untuk membahas berbagai isu di lapangan. “Saya baru saja mendampingi Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani di Kantor Bea Cukai Soetta,” ujar Prastowo dalam cuitan terbaru di X/Twitter pada Minggu (28/4). “Menkeu melakukan rapat koordinasi dengan pimpinan DJBC dan teman-teman teknis, sekaligus pemantauan lapangan untuk memastikan berbagai isu yang mengemuka dapat diselesaikan dengan baik,” lanjutnya

Prastowo juga mengucapkan terima kasih atas saran dan keluhan yang muncul di publik. Ia memastikan berbagai komentar warga itu menjadi masukan dan bahan perbaikan lembaga tersebut. Selain itu, Menteri Keuangan juga disebut segera memberikan pernyataan resmi mengenai situasi ini. Direktorat Jenderal Bea Cukai akan menindaklanjuti penjelasan Sri Mulyani secara teknis di lapangan. “Penjelasan lengkap akan segera disampaikan Menteri Keuangan dan secara teknis akan ditindaklanjuti oleh DJBC secara kontinu,” ujar Prastowo.

Dukungan PBNU Bisa Jaga Kestabilan Pemerintahan Prabowo

Di acara Halalbihalal PBNU, pada Minggu (28/4/2024), Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ke depan, NU tidak akan pernah tidak bersama-sama presiden dan wapres yang akan datang. Motivasinya adalah kemaslahatan masyarakat.

Pengajar Ilmu Politik dan International Studies Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam, memandang dukungan PBNU merupakan keberpihakan kekuatan Islam moderat terbesar di Indonesia saat ini. Dengan adanya dukungan itu, besar kemungkinan pemerintahan Prabowo-Gibran akan lebih stabil dalam menjalani transisi kepemimpinan nasional.

Partai Gerindra memastikan Prabowo masih akan mendatangi parpol lain untuk menjalin silaturahmi seusai kontestasi pilpres. Namun, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, belum bisa memastikan partai mana yang bakal dikunjungi Prabowo terlebih dahulu (28/4/2024).

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai akan Potensi Longsor

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Sukabumi, Tasikmalaya, Bandung, Garut, dan sekitarnya untuk mewaspadai potensi sejumlah bencana. Seperti longsor dan banjir bandang usai gempa bumi di wilayah Kabupaten Garut Jawa Barat. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan getaran yang terjadi akibat gempa sangat mungkin mengakibatkan lereng-lereng itu menjadi retak-retak atau rapuh. Kondisi tersebut menjadi berbahaya bila terjadi hujan sebab air hujan yang meresap dikhawatirkan akan mendorong massa tanah dan atau batuan menjadi longsor. BMKG, lanjutnya, juga mengimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak. Khususnya yang diakibatkan oleh gempa. Ia meminta masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan, rusak sebagian, atau miring akibat terdampak gempa agar tidak menempatinya untuk sementara waktu. Lalu memilih untuk tinggal di tempat yang lebih aman kokoh dan stabil.  

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Gempa Nasional, Daryono mengungkap gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 6.2. Ini yang mengguncang Kabupaten Garut dan sekitarnya adalah gempa utama.  Hasil analisis BMKG menyimpulkan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia. Ini yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat, atau yang populer disebut sebagai gempa dalam lempeng. 

Sementara itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik. Adapun episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,39° LS ; 107,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 156 Km arah Barat Daya Kabupaten Garut Jawa Barat pada kedalaman 70 km.

PGRI Ingatkan Pemerintahan Baru Jangan Mudah Ubah Kurikulum

Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengingatkan bahwa pemerintahan baru jangan kemudian dengan mudah mengubah kurikulum pendidikan yang sudah ada di sekolah-sekolah. Ketua Umum PB PGRI Prof Unifah Rosyidi menyampaikannya saat membuka Konferensi Kerja Provinsi V PGRI Jawa Tengah Masa Bhakti XXII yang berlangsung di Balairung Universitas PGRI Semarang.

Menurut Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu, perubahan atau pergantian kurikulum pendidikan sebenarnya tidak terlalu penting. Apalagi, kata dia, pergantian kurikulum pendidikan harus dilakukan didasari oleh kajian yang benar-benar matang. Berkaitan dengan pemerintahan baru nantinya, Unifah juga berharap Menteri Pendidikan nantinya adalah sosok yang memiliki kecintaan kepada dunia pendidikan dan guru. Dia mengatakan PGRI juga berupaya menyampaikan masukan kepada pemerintahan baru nantinya mengenai kriteria-kriteria ideal Menteri Pendidikan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024. Penetapan tersebut tertuang dalam berita acara nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Masa jabatan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Jokowi telah menjabat dua periode, dengan periode pertama berpasangan bersama Wapres Jusuf Kalla.

Sri Mulyani Was-Was Surplus Neraca Perdagangan RI dalam dalam Tren Menurun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewaspadai surplus neraca perdagangan Indonesia yang berada dalam tren menurun. Sebagaimana diketahui, neraca perdagangan Indonesia pada Maret 2024 mencatatkan surplus sebesar US$4,47 miliar, melonjak dari surplus pada bulan sebelumnya yang sebesar US$0,87 miliar. Meski demikian, jika diakumulasikan, surplus neraca perdagangan pada Januari hingga Maret 2024 tercatat sebesar US$7,31 miliar, jauh menurun dibandingkan periode yang sama pada 2023 yang sebesar US$12,11 miliar. “Penurunannya US$4,8 miliar, ini cukup besar. Namun, Indonesia masih menikmati kondisi neraca perdagangan yang surplus,” katanya, dikutip pada Minggu (28/4/2024).

Sri Mulyani mengatakan, kondisi sirplus pada Maret 2024 dipengaruhi oleh kontraksi yang lebih dalam pada impor sebesar -12,8% secara tahunan, dibandingkan dengan kontraksi ekspor sebesar -4,2% secara tahunan. Menurutnya, kinerja ekspor konsisten berada dalam tren pertumbuhan negatif, dari yang sebelumnya tumbuh sangat tinggi pada 2022 dan awal 2023. Sementara itu, kinerja impor masih volatil meski cenderung terkontraksi. “Jadi dari sisi faktor eksternal, neraca pembayaran dan neraca perdagangan, kita harus mewaspadai dan memonitor secara detail perkembangan dari neraca pembayaran dan neraca pembayaran, karena ini mempengaruhi kinerja ekonomi, penerimaan, dan APBN kita,” jelas Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan bahwa kondisi neraca perdagangan Indonesia juga dipengaruhi salah satunya harga komoditas yang volatil, yang tidak hanya disebabkan oleh pelemahan ekonomi global, tetapi juga dipengaruhi oleh disrupsi rantai pasok akibat masalah geopolitik di global. Sri Mulyani mencontohkan, harga minyak Brent yang sempat mencapai level US$120 per barel pada 2022, saat ini berada pada level US$88 per barel, meski mengalami kenaikan sebesar 14,3% secara tahun berjalan (year-to-date/YtD). Lebih lanjut, CPO yang sempat menyentuh level hampir US$1.800 per ton pada 2022, mengalami penurunan hingga ke level saat ini US$850,6, meski tumbuh 6,0% secara YtD. Sri Mulyani menambahkan, batu bara juga mengalami penurunan, dari level di atas US$400 per metrik ton menjadi US$129 per metrik ton. Secara tahun berjalan, harga komoditas ini mengalami penurunan sebesar 11,9%.

Restitusi Melonjak, Penerimaan PPN Kuartal I-2024 Anjlok

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, realisasi pajak pertambahan nilai dalam negeri (PPN DN) memiliki kontribusi terbesar terhadap penerimaan pajak secara total sebesar 22,1%. Sayangnya, secara neto jenis pajak tersebut mengalami kontraksi sebesar 23% dikarenakan adanya peningkatan restitusi pada sektor industri pengolahan, perdagangan, dan pertambangan terutama yang berasal dari kompensasi lebih bayar tahun-tahun sebelumnya. “Ini harus kita lihat secara hati-hati. Artinya ada koreksi yang mempengaruhi penerimaan negara. Koreksi dari kegiatan ekonomi, apakah dari sisi harga komoditas maupun kegiatan ekonomi yang terefleksikan dalam penerimaan negara,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum lama ini.

Secara bruto, penerimaan PPN DN pada kuartal I-2024 tumbuh 5,8%, atau melambat dari periode yang sama tahun lalu dengan pertumbuhan sebesar 34,7%. Di sisi lain, PPN impor juga terkontraksi 2,8% sejalan dengan melemahnya aktivitas impor. Pengamat Pajak Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Fajry Akbar mengatakan bahwa kondisi PPN impor tetsebut sejalan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang memperlihatkan perdagangan Internasional Indonesia yang terus mengalami pelemahan. “Sayangnya kinerja PPN impor dan PPnBM ini menahan kinerja penerimaan PPN dan PPnBM secara keseluruhan,” kata Fajry.

Untuk diketahui, realisasi PPN dan PPnBM senilai Rp 155,79 triliun di kuartal I-2024 atau terkontraksi 16,1%. Realisasi tersebut setara 19,2% dari target yang ditetapkan sebesar Rp 811,36 triliun. Fajry menjelaskan, peningkatan restitusi pajak terjadi karena adanya lebih bayar. Lebih bayar ini terjadi karena adanya peningkatan pajak masukan, peningkatan biaya bahan baku masa lalu atau ada pelemahan pajak keluaran karena terjadi pelemahan omzet masa lalu. “Di sisi lain, memang peningkatan restitusi bisa juga diartikan bahwa perusahaan membutuhkan cash flow,” katanya. Fajry meyakini bahwa efek peningkatan restitusi hanya bersifat sementara.

Jumlah Bandara Internasional RI Dikurangi Jadi 17, Ini Alasannya

Pemerintah memangkas jumlah bandara internasional dari semula 34 menjadi hanya 17. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 31/2024 (KM 31/2004) tentang Penetapan Bandar Udara Internasional pada tanggal 2 April 2024 lalu yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan. Penetapan ini bertujuan mendorong sektor penerbangan nasional yang sempat terpuruk saat pandemi COVID-19. Keputusan ini telah dibahas bersama kementerian dan lembaga terkait di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dalam praktik penyelenggaraan bandara internasional di dunia, beberapa negara juga melakukan penyesuaian jumlah bandara internasionalnya. Sebagai contoh, India dengan jumlah penduduk 1,42 miliar hanya memiliki 18 bandara internasional. Sedangkan Amerika Serikat (AS) dengan penduduk 399,9 juta mengelola 18 bandara internasional. “KM 31/2024 ini dikeluarkan dengan tujuan untuk melindungi penerbangan internasional pasca pandemi dengan menjadikan bandara sebagai hub (pengumpan) internasional di negara sendiri,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Jumat (26/4/2024). “Selama ini sebagian besar bandara internasional hanya melayani penerbangan internasional ke beberapa negara tertentu saja dan bukan merupakan penerbangan jarak jauh, sehingga hub internasional justru dinikmati oleh negara lain,” sambung Adita.

Menurut data Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, dari 34 bandara internasional yang dibuka dari 2015-2021, bandara yang melayani penerbangan niaga berjadwal luar negeri dari/ke berbagai negara adalah Soekarno-Hatta, I Gusti Ngurah Rai, Juanda , Sultan Hasanuddin, dan Kualanamu. Beberapa bandara internasional hanya melayani penerbangan jarak dekat dari/ke satu atau dua negara saja. Bandara internasional lainnya hanya beberapa kali melakukan penerbangan internasional, bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki pelayanan penerbangan internasional. Sebanyak dua kriteria bandara yang terakhir ini menyebabkan operasional menjadi tidak efektif dan efisien dalam pemanfaatannya. Meskipun 17 bandara internasional telah ditetapkan, bandara yang status penggunaannya sebagai bandar udara domestik tetap dapat melayani penerbangan luar negeri untuk kepentingan tertentu secara temporer (sementara).

Pengembangan Prediksi Cuaca Mendesak untuk Hadapi Iklim Ekstrem

Indonesia dalam World Water Forum (WWF) atau Forum Air Sedunia akan mendalami, mempelajari, dan mengembangkan pengelolaan prediksi cuaca. Hal itu penting terutama untuk menghadapi iklim ekstrem. Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Firdaus Ali, mengatakan melalui forum tersebut diharapkan membantu Indonesia untuk memitigasi dampak cuaca ekstrem terhadap ketahanan pangan dalam negeri. Cuaca dan iklim, jelas Firdaus, merupakan fenomena yang dapat diprediksi, berbeda dengan gempa bumi yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi dan seberapa besar kekuatannya.

Sebab itu, dia berharap dengan mengetahui cara mengembangkan dan mengelola data dari prediksi cuaca, Indonesia dapat mengantisipasi iklim ekstrem serta memitigasi dampak yang dirasakan oleh masyarakat. “Dengan demikian, kita bisa mengantisipasi lebih tepat lagi, lebih baik lagi, di samping kita seharusnya membangun infrastruktur untuk bisa mendukung pengelolaan,” kata Firdaus.

Dalam rangka memberi wadah kepada berbagai negara untuk bertukar pikiran, Indonesia mengusulkan pembangunan pusat keunggulan atau praktik terbaik untuk ketahanan air dan iklim atau Centre of Excellence on Water and Climate Resilience (COE). “Indonesia punya fasilitas. Infrastruktur kita sudah punya, tinggal tadi, kolaborasi internasional, dukungan dari para negara donor,” kata Firdaus seperti diberitakan Antara.

BTN Pastikan Kondisi Likuiditas Cukup di Tengah Kenaikan BI-Rate

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memastikan kondisi likuiditas di bank tersebut pada saat ini masih memadai di tengah kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI-Rate menjadi 6,25 persen. “Tidak ada masalah dengan likuiditas pada saat ini. Yang ada adalah likuiditasnya kebetulan sedang mahal, karena BI-Rate naik, semua deposan tentu bunganya naik, itu saja penyebabnya. Yang bertindak juga siapa? Masyarakat, karena dia tahu BI-Rate naik dia minta deposan rate-nya naik, itu juga kalau pas depositonya jatuh tempo,” kata Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu. Nixon menekankan menjaga likuiditas tetap aman sangat penting bagi industri perbankan. Dia juga mengingatkan, bank memiliki sistem yang ketat dengan berbagai alat ukur rasio likuiditas yang digunakan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan BTN Nofry Rony Poetra juga memastikan bahwa likuiditas BTN saat ini berada pada posisi yang sangat aman. BTN, kata dia, memiliki cadangan sekunder (secondary reserve) yang sangat cukup yakni sekitar Rp 40 triliun. Dari sisi arus dana masuk, BTN salah satunya berfokus pada dana ritel melalui segmen baru yaitu BTN Prospera dengan nasabah yang memiliki dana simpanan sekitar Rp 100 juta-Rp 500 juta. Sementara dari sisi dana keluar, salah satunya mengelola pertumbuhan kredit yang diturunkan ke level 10-11 persen di akhir tahun serta mengembangkan segmen high yield.

MK Sidangkan Sengketa Pileg 2024 Mulai 29 April, Sehari Puluhan Perkara

Mahkamah Konstitusi akan mulai menyidangkan sengketa Pileg 2024 mulai Senin (29/4/2024) mendatang dan memiliki 30 hari kerja untuk memeriksa serta memutus masing-masing perkara. MK menargetkan, seluruh sengketa Pileg 2024 beres diputus per 10 Juni 2024.

Karena banyaknya jumlah perkara yang masuk, sembilan hakim konstitusi akan dibagi ke dalam 3 panel, sehingga masing-masing perkara sengketa bakal diadili panel yang berjumlah tiga hakim. Dua hakim konstitusi telah disepakati tidak menangani sengketa pileg yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan. Eks Ketua MK, Anwar Usman, tidak akan masuk ke dalam panel hakim yang akan mengadili sengketa Pileg 2024 melibatkan PSI yang diketuai oleh keponakannya. Sementara itu, hakim terbaru MK, Arsul Sani, tak bakal masuk ke dalam panel hakim sepanjang perkara sengketa pileg melibatkan PPP.

Prabowo Serahkan Anggaran Makan Siang Gratis di RAPBN 2025 ke Jokowi

Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Drajad Wibowo menyebut program makan siang gratis Prabowo-Gibran saat ini sudah masuk dalam tahap pembahasan. “Untuk penganggaran dan rincian lainnya, saat ini masih kewenangan pemerintahan Pak Jokowi menyiapkan RAPBN 2025,” katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (25/4).

Drajat mengatakan pihak Prabowo menghormati pemerintahan Jokowi dalam menyusun RAPBN 2025. Namun TKN siap memberikan usulan. “Jika diminta, tentu siap menyampaikan berbagai usulan. Kita menghormati Menkeu dan Menneg PPN/Kepala Bappenas dalam menjalankan tugasnya,” katanya.

Peritel Mau Utang Migor Rp484 M Dibayar Sebelum Jokowi Diganti Prabowo

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey meminta pemerintah segera membayar utang dana talangan atau rafaksi minyak goreng sebesar Rp484 miliar kepada peritel. Roy berharap utang tersebut dibayar sebelum Prabowo-Gibran dilantik Oktober mendatang. “Kita berharap segera konkret saja. Dan tentu berharap juga tidak sampai kepada pergantian pemerintahan. Karena ini mumpung masih masa transisi,” katanya di Kementerian Perdagangan, Rabu (25/4).

Roy mengatakan utang rafaksi sebaiknya segera dibayar karena sudah ditunggak selama dua tahun. Selain itu, utang rafaksi bisa menjadi preseden yang tidak bagus bagi investor karena mereka akan melihat kepastian hukum di Indonesia tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan. Roy juga mengatakan jika nanti pemerintah membayar utang rafaksi tetapi jumlahnya berbeda dari yang diklaim peritel, maka perlu dilakukan dialog. Hingga saat ini katanya belum ada dialog antara peritel dan pemerintah terkait perbedaan jumlah utang. “Kita meminta dialog terbuka terkait selisih perhitungan. Supaya enggak jadi polemik,” katanya.

Dukung Program 3 Juta Rumah, Ini Usulan BTN untuk Prabowo-Gibran

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mengusulkan skema dana abadi untuk membiayai program 3 juta rumah yang dicanangkan oleh pasangan capres-cawapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dana abadi tersebut menggunakan dana FLPP yang selama ini dikelola melalui Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), untuk diputar atau diinvestasikan di instrumen tertentu. Selain itu, BTN mengusulkan batasan harga jual rumah subsidi diperlebar hingga Rp 300 juta sehingga kelayakan dan kualitas rumah menjadi lebih baik dan masyarakat berpenghasilan di atas Rp 8 juta bisa ikut menikmati subsidi.

Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar mengatakan definisi yang masuk kriteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga perlu ditinjau kembali oleh pemerintah. Menurut dia, masyarakat berpenghasilan tanggung (MBT) dengan penghasilan di atas Rp 8 juta sebenarnya bisa masuk MBR mengingat kemampuan daya beli mereka terhadap rumah masih terbatas. BTN juga mengusulkan pemangkasan masa subsidi hingga maksimal 10 tahun mengingat penghasilan masyarakat biasanya terus meningkat pada tahun kesepuluh. Konsumen juga dinilai cenderung melunasi cicilan rata-rata setelah memasuki tahun kesepuluh meskipun tenor yang diambil secara legal berjangka waktu lebih panjang.

Maskapai Keberatan soal Wacana Iuran Pariwisata via Tiket Pesawat

Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) menanggapi wacana iuran dana pariwisata via tiket pesawat. Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan wacana itu bisa membebani penumpang karena tiket akan semakin mahal. “Maskapai juga akan terkena dampak karena jumlah penumpang akan berkurang jika harga tiket dianggap mahal,” kata Denon.

Menurut Denon, iuran pariwisata tidak pantas ditambahkan dalam komponen harga tiket pesawat. Pasalnya tidak semua penumpang pesawat tujuannya untuk pariwisata. Ada juga yang memiliki keperluan bisnis, dinas pekerjaan, maupun urusan keluarga dan pribadi. Belum lagi saat ini, sambungnya, maskapai sedang mengalami masalah kurangnya ketersediaan pesawat, suku cadang, dan sumber daya manusia. Sementara itu, tarif batas atas tiket pesawat belum disesuaikan pemerintah sejak 2019, padahal biaya operasional komponen penerbangan sudah meningkat.

“Dengan demikian pengenaan iuran pariwisata pada tiket pesawat akan menjadi kontraproduktif, karena dapat menyebabkan harga tiket naik, jumlah penumpang turun, dan kondisi bisnis maskapai penerbangan juga turun sehingga program perluasan konektivitas transportasi udara dari pemerintah menjadi tidak tercapai,” kata Denon.

PKS Mengaku akan Bantu PKB Menang di Pilkada Jatim dan Jateng

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku sepakat untuk melanjutkan koalisi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (Sekjen PKS) Aboe Bakar Alhabsyi mengaku PKS bakal membantu kemenangan di wilayah basis PKB. “Kita siap dan kita akan bekerjasama di banyak daerah, khusus di Jawa Timur dan Jawa Tengah, markas-markasnya PKB, kita siap membantu,” kata Aboe.

Aboe mengungkapkan, pertemuan para elite kedua partai pada Kamis Malam (25/04/2024) selain untuk bersilaturahim pascapenetapan presiden dan wapres 2024—2029, juga menyepakati kerja sama lanjutan usai berakhirnya Pilpres 2024. Yakni kerja sama di Pilkada yang akan berlangsung November mendatang.

Sementara itu, seiring dengan dinamika politik di dalam tubuh Koalisi Perubahan, kaitannya dengan bergabung dengan incumbent, PKS hingga saat ini belum memberikan ketegasan untuk berada di barisan koalisi atau oposisi terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran.

Koalisi Prabowo-Gibran Menguasai Parlemen

Keputusan Nasdem bergabung koalisi Prabowo-Gibran disampaikan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh setelah bertemu Prabowo di kediamannya, di Jakarta, Kamis (25/4/2024). Berdasarkan raihan suara Nasdem di Pemilu 2024, Nasdem berpotensi menguasai 69 kursi DPR periode 2024-2029. Sementara Koalisi Indonesia Maju (KIM), berpotensi menguasai 280 kursi DPR. Dengan demikian, jika diakumulasi berjumlah total 349 kursi DPR atau sekitar 60,17 persen.

Menurut Surya Paloh, keputusan bergabung dengan Prabowo-Gibran sudah melalui pertimbangan mendalam terkait masa depan bangsa. Tantangan global yang semakin besar menuntut elite-elite untuk menyatukan kekuatan. Prabowo menuturkan, pertemuannya dengan Paloh berlangsung intens dan produktif. Dalam pertemuan tersebut, semua sepakat Nasdem ikut bergabung dan bekerja sama demi rakyat.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB Daniel Johan mengatakan, pertemuan antara Prabowo dan Muhaimin sama sekali belum membahas soal kabinet Prabowo-Gibran, termasuk porsi menteri yang bisa diperoleh PKB dengan dukungan yang diberikan. Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo juga mengatakan masih terlalu dini untuk membicarakan susunan kabinet.

Gugatan ke PTUN Dinilai tak akan Tunda Pelantikan Prabowo-Gibran

Pengamat politik Tamil Selvan menilai desakan PDI Perjuangan untuk menunda pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka karena masih ada gugatan mereka terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dianggap tidak relevan. Menurutnya tidak tepat pelantikan presiden dan wakil presiden ditunda, pasalnya Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memutuskan menolak gugatan dari para pemohon yakni kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan KPU sudah menetapkan secara resmi pemenang Pilpres 2024, tinggal menunggu dilantik saja pada 20 Oktober 2024.

Tamil menambahkan tidak ada dasar hukum yang bisa menghalangi pelantikan Prabowo-Gibran, kalau hanya sekedar permintaan dari partai yang menggugat ke PTUN itu bukan menjadi dasar pertimbangan yang kuat. Lanjut Tamil mengatakan langkah PDIP melakukan gugatan ke PTUN dianggap sebagai bentuk kekecewaan atau ketidakpuasan terhadap putusan MK karena belum mau menerima kekalahan dan mengakui Prabowo-Gibran sebagai pemenang.

Lebih lanjut Tamil menyatakan meskipun salah satu gugatan PDIP yang masih mempersoalkan penerimaan pendaftaran Gibran sebagai cawapres oleh KPU, namun menurut Tamil secara politik hal itu juga bisa dinilai sebagai langkah politik untuk menaikkan posisi tawar pada pemerintahan yang baru.

Pasca Putusan MK, CLS FH UGM Mendesak Pembatasan Kekuasaan Presiden

Pasca Putusan MK, Constitutional Law Society (CLS), sebuah komunitas studi hukum tata negara yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, menyerukan adanya pembatasan terhadap kekuasaan Presiden dan Wakil Presiden RI. Seruan ini muncul sebagai respons terhadap keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam kasus sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang diumumkan pada Senin, 22 April 2023.

Koordinator CLS FH UGM, Lintang Nusantara, menekankan pentingnya membangun demokrasi yang sehat yang mendorong para mahasiswa untuk mempertimbangkan pembatasan kekuasaan Presiden dan Wakil Presiden RI. Selain itu, Lintang mengutip pepatah Latin “Inde datae leges be fortoir omnia posset,” yang artinya hukum diciptakan untuk mencegah individu yang kuat agar tidak memiliki kekuasaan yang tidak terbatas.

Zainal Arifin Mochtar dalam paparannya menyoroti tetang dampak putusan MK tersebut terhadap masa depan demokrasi Indonesia. Uceng juga mengibaratkan Presiden Joko Widodo seperti seseorang yang sedang bermain game. “Saya lihat ini seperti orang sedang mau game, misal batas main game adalah dua kali, tetapi dia mau main sampai tiga bahkan empat kali. Akhirnya, dia membuat akun baru. Dengan akun baru tersebut, bisa main tiga sampai empat kali,” lanjut Uceng. Di sisi lain, Uceng juga menyatakan bahwa harus ada yang bertanggung jawab terhadap kejahatan demokrasi, misalnya bantuan sosial yng direkayasa menuju ke arah pemilihan dan penggunaan aparat.

MK Registrasi 297 Sengketa Pileg 2024

Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan ada 297 gugatan sengketa Pileg 2024 yang diregistrasi menjadi perkara untuk disidangkan. “(Terdapat) 297 perkara PHPU (perselisihan hasil pemilihan umum) pileg, sudah kita registrasi dan sudah resmi menjadi perkara,” kata juru bicara MK, Fajar Laksono, kepada wartawan pada Kamis (25/4/2024). Sejak kemarin, MK juga telah menerima lebih dari 240 permohonan sebagai pihak terkait dalam 297 perkara itu, dan masih menerima permohonan sebagai pihak terkait hingga hari ini.

Pihak terkait ini merupakan pihak-pihak yang berpotensi mendapat imbas atas dikabulkannya gugatan sengketa pileg, seperti partai-partai yang berpotensi jadi kekurangan suara atau caleg-caleg yang berpotensi jadi tak dapat kursi Dewan.

Sebagai informasi, MK akan mulai menyidangkan sengketa Pileg 2024 mulai Senin (29/4/2024) mendatang dan memiliki 30 hari kerja untuk memeriksa serta memutus masing-masing perkara. MK menargetkan, seluruh sengketa Pileg 2024 beres diputus per 10 Juni 2024. Dari 297 sengketa Pileg 2024 yang didaftarkan ke MK dan diregistrasi menjadi perkara, jumlah itu terbagi ke dalam sengketa Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Oleh sebab banyaknya jumlah perkara yang masuk, sembilan hakim konstitusi akan dibagi ke dalam 3 panel, sehingga masing-masing perkara sengketa bakal diadili panel yang berjumlah 3 hakim. Dua hakim konstitusi telah disepakati tidak menangani sengketa pileg yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan.

Bahlil Jadi Ketua Satgas Swasembada Gula dan Bioetanol

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sebgai ketua satuan tugas (satgas) percepatan swasembada gula dan bioetanol di Merauke, Papua Selatan. Penunjukan Bahlil sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2024 tentang Satuan Tugas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Dalam beleid tersebut, satgas terdiri dari ketua, wakil ketua, anggota, anggota pelaksana, dan sekretariat.

Sementara, untuk posisi wakil ketua diisi oleh dua orang menteri, yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono. Adapun untuk susunan anggota satgas terdiri atas menteri dalam negeri, menteri keuangan, menteri pertanian, menteri PUPR, menteri BUMN, dan kepala badan karantina Indonesia. Sedangkan, susunan anggota pelaksana terdiri atas sekretaris Kementerian BUMN, Dirjen planologi kehutanan dan tata lingkungan KLHK, dirjen bina pembangunan daerah Kemendagri, dirjen tata ruang Kementerian ATR/BPN, dan dirjen penetapan hak dan pendaftaran tanah Kementerian ATR/BPN.

Lalu, kepala badan standardisasi instrumen lingkungan hidup dan kehutanan KLHK, dirjen bea dan cukai Kemenkeu, dirjen perkebunan Kementan, dirjen industri agro Kemenperin, dirjen ketenagalistrikan ESDM, dan dirjen energi baru terbarukan ESDM. Kemudian, dirjen cipta karya PUPR, dirjen perhubungan udara Kemenhub, dirjen perhubungan laut Kemenhub, dirjen perdagangan luar negeri Kemendag, deputi bidang karantina tumbuhan Badan Karantina Indonesia, dan deputi bidang pengendalian pelaksanaan penanaman modal Kementerian Investasi. Selanjutnya, deputi bidang hilirisasi investasi strategis Kementerian Investasi, deputi bidang pengembangan iklim penanaman modal Kementerian Investasi, jaksa agung muda bidang intelijen Kejagung, staf ahli bidang ekonomi, sosial, dan budaya Kejagung, gubernur Papua Selatan, serta bupati Merauke.

PPATK: Judi Online Menyasar Ibu-ibu Rumah Tangga di Pedesaan

Aktivitas judi online di Indonesia kian merebak ke berbagai lapisan masyarakat. Bahkan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mencatat, pemain judi online sudah menyasar sampai pada ibu-ibu rumah tangga di pedesaan.  Kepala Biro Humas PPATK, M Natsir Kongah menyebut, beragam modus untuk menggaet korban terus dilancarkan. Ironisnya, kata dia, mayoritas pemain judi online tersebut penghasilannya sangat kecil.

“Kita mencatat pemain judi online mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, buruh, hingga ibu-ibu rumah tangga,” kata Natsir dalam perbincangannya dengan RRI Pro3, Kamis (25//4/2024). “Penghasilan mereka kecil, rata-rata di bawah 100 ribu per hari, mereka banyak dari masyarakat pedesaan. Ini sungguh mengganggu kita sebagai anak bangsa. Ini merusak masyarakat kita,” ujarnya.

Lebih jauh, Natsir juga mengungkapkan, dari analisis PPATK setiao tahunnya transaksi judi online terus meroket. Bahkan, perputaran transaksi pada kuartal I/2024 ini saja telah mencapai Rp 100 triliun. “Ini mengkhawatirkan karena dari tahun ke tahun angkanya naik cukup besar, tahun 2021 itu baru 57 Triliun, lalu 2022 naik 81 Triliun, ini angka dari Januari sampai November 2022. Tahun 2023 melonjak jadi 300 Triliun lebih,” ucap Natsir. PPAT pun menyebut, hingga kini jumlah total rekening yang dilakukan penghentian sementara sebanyak 3.935 rekening. “Dimana total saldonya sebesar 167 miliar lebih,” ujarnya.

Negara Palestina Terbentuk, Hamas: Brigade al-Qassam Mungkin Dibubarkan

Sayap militer dari gerakan Hamas, Brigade al-Qassam, mungkin dibubarkan ketika negara Palestina telah dibentuk. Sebagai gantinya para pejuang dari kelompok penguasa Gaza itu bakal bergabung dengan Tentara Nasional Palestina.  Hal itu diungkapkan Kepala Hubungan Internasional di Biro Politik Hamas, Basem Naim yang menilai Palestina merdeka itu haruslah memiliki pemerintahan di Yerusalem Timur. Syarat itu sudah tidak bisa ditawar lagi. 

Dikenal sebagai sayap militer Hamas, Brigade al-Qassam didirikan pada 1991. Pembentukannya kala itu merupakan reaksi atas Perjanjian Oslo antara Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).  Perjanjian tersebut dinilai Hamas sebagai bentuk ketundukan kepada zionis. Sertai juga melemahkan perjuangan rakyat Palestina.

Sejak itu, Brigade al-Qassam sering disebut tameng hidup dalam setiap peperangan rakyat Palestina melawan zionis, terutama di Jalur Gaza. Oleh sebagian kalangan Barat, terutama AS dan sekutunya, Hamas beserta pasukan tempurnya yang gagah berani itu dicap ‘teroris’ lantaran kerap membuat repot Israel.  Brigade al-Qassam memiliki nama lengkap The Izz ad-Din al-Qassam Brigades. Pada awal Intifada II, pasukan tersebut menjadi motor serangan Hamas atas kesewenang-wenangan Israel di Palestina.

Aksi Generasi Iklim Akan Digelar di Delapan Kota

Yayasan Save the Children melakukan kick-off (permulaan) aksi generasi iklim. Aksi generasi iklim dimaksudkan untuk menyiapkan resiliensi (kemampuan beradaptasi) anak terhadap perubahan iklim.  Aksi generasi iklim ini nantinya akan dilakukan di delapan kota di Indonesia. Aksi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman perubahan iklim. 

“Aksi generasi iklim akan dilakukan di Banda Aceh, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Bali, Samarinda, Palu, dan Makassar. Aksi ini akan dimulai pada hari anak nasional pada 23 juli kemudian akan diakhiri pada hari anak internasional pada november 2024,” kata Plt CEO Save The Children Indonesia Dessy Kurwiany Ukar dalam acara Seminar Nasional Multi Sektor dan Kick-Off Aksi Generasi Iklim, Kamis (25/4/2024). 

Dessy mengatakan, pihaknya ingin memastikan anak-anak dan remaja memahami dan melakukan tindakan-tindakan positif dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sebab, menurutnya, kegiatan-kegiatan positif itu sangat penting untuk mereka jalani sejak dini.  Ia menyebut, delapan lokasi itu dipilih karena sudah ada kelompok-kelompok anak yang mereka sebut child campaigner (kampanye anak). Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Kepala Advokasi, Kampanye, Komunikasi dan Media Save the Children Indonesia, Tata Sudrajat.  

Jakarta Berubah Jadi DKJ, Sebanyak 8,3 Juta Warga Harus Ganti KTP

Perubahan status Jakarta dari ibu kota negara menjadi daerah khusus akan berdampak terhadap administrasi kependudukan warga. Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga Jakarta mau tak mau harus menyesuaikan. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin mengatakan, pihaknya akan melakukan pergantian KTP setelah ibu kota negara sudah resmi pindah. Proses pergantian KTP warga DKI Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) itu akan dilakukan secara bertahap.

Ia menyebutkan, saat ini ada sekitar 8,3 juta warga yang telah masuk usia wajib KTP. Artinya, jutaan warga itu nantinya harus melakukan pergantian KTP. Karena itu, Disdukcapil Provinsi DKI Jakarta akan melakukan proses pergantian KTP warga secara bertahap. Rencananya, pada tahun ini akan dilakukan pergantian KTP untuk sekitar dua juta warga Jakarta. Setelah itu, pada tahun selanjutnya proses pergantian KTP dilakukan untuk dua juta warga lainnya.

Menurut Budi, pihaknya telah menyiapkan blanko untuk pergantian KTP. Warga yang melakukan proses pergantian lebih dulu akan diproses lebih dahulu. Kendati KTP akan berganti, ia memastikan KTP lama nanti masih akan berlaku. Artinya, warga masih akan dapat pelayanan seperti biasa sambil menanti pergantian KTP DKJ.

Search