[Tiara] kunker Aceh - DSC07191

Kunjungan Kerja Bapak Jan Darmadi, Anggota Wantimpres ke Provinsi Aceh

Bapak Jan Darmadi, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh pada tanggal 7 s.d. 9 Mei 2017. Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka memenuhi undangan Ikatan Keluarga Alumni Magang Jepang (IKAMAJA) untuk menjadi narasumber pada acara Kongres IKAMAJA ke-4.

Pada acara yang bertempat di Aula Lantai II Gedung Bappeda Provinsi Aceh, Senin (8/5) tersebut, turut hadir pula sebagai narasumber Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Bapak Ir. Winarno Tohir, Kepala Bappeda Provinsi Aceh, Bapak Azhari, S.E., M.Si., Ketua IKAMAJA, Bapak Suhenda dan para Anggota IKAMAJA dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Bapak Jan Darmadi mengungkapkan pentingnya sektor pertanian, khususnya pangan sebagai sektor yang strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak karena berkaitan dengan kebutuhan mendasar manusia. Salah satu tantangan utama sektor pertanian di Indonesia adalah terus berkurangnya jumlah petani akibat rendahnya penghasilan petani. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu mengalihkan alokasi dana untuk subsidi pupuk menjadi subsidi harga output, serta mengembalikan peran dan fungsi Bulog sebagai stabilisator harga pangan.

Bapak Jan Darmadi juga menekankan pentingnya forum kongres seperti ini sebagai salah satu sarana yang efektif untuk saling bertukar gagasan di antara para alumni magang Jepang terutama dalam mengatasi persoalan yang dihadapi petani dan nelayan di setiap daerah. Anggota IKAMAJA selaku pelaku pertanian terpelajar di Indonesia diharapkan dapat terus memberikan sumbangsih nyata di berbagai kegiatan di sektor pertanian dalam upaya mendorong pembangunan sektor pertanian, terutama untuk meningkatkan harkat, martabat serta pendapatan para petani di Indonesia.

Dalam kunjungan kerja ini, Bapak Jan Darmadi didampingi oleh Bapak Subiyantoro, Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden, dan Bapak I. G. K. Manila, Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bapak Jan Darmadi. (TAS)