[andyt] Kunker MYK - Bandung

Kunjungan Kerja Wantimpres Bidang Pertahanan dan Keamanan ke Objek Vital Nasional Waduk Cirata

Sektor energi dan sumber daya alam memiliki peran penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, lingkungan serta politik. Oleh karena itu, pemerintah telah menetapkan sebagian besar proyek di lingkungan sektor energi dan sumber daya mineral sebagai obyek vital nasional dimana untuk subsektor kelistrikan salah satunya adalah Waduk Cirata. Waduk Cirata sebagai salah satu obyek vital nasional yang bersifat strategis karena menghasilkan energi listrik yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat.

Dimensi ancaman dan gangguan keamanan dari waktu ke waktu kian berkembang dengan beragam risiko dan dampaknya. Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin ketatnya persaingan dunia dan perkembangan jaman yang semakin pesat, tentunya akan menimbulkan berbagai ancaman, dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar negeri terhadap keutuhan wilayah Indonesia. Kondisi ini dihadapkan dengan berbagai kendala dan keterbatasan yang ada di lingkungan internal Badan Pe-ngelola Objek Vital Nasional Waduk Cirata, dan menjadikan tantangan tugas Badan Penge-lola Waduk Cirata ke depan menjadi semakin berat. Waduk Cirata harus dipelihara keamanannya dari berbagai ancaman dan gangguan yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana kekacauan energi kelistrikan yang dapat mengganggu pembangunan nasional dan  penyelenggaraan pemerintah negara.

Untuk mengetahui perkembangan terkini yang berkaitan dengan pertahanan, Bapak M. Yusuf Kartanegara, Anggota Wantimpres Bidang Pertahanan dan Keamanan melakukan kunjungan kerja ke Waduk Cirata. Kunjungan ini dilakukan guna memperoleh informasi akurat tentang kondisi riil dari Badan Pengelola Waduk Cirata termasuk pengelolaan dan pengamanan obyek vital nasional. (Andytias)