Dewan Pertimbangan Presiden

DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN

Pengumpulan Data dan Informasi terkait TBC

Tim wantimpres yang dipimpin oleh Begi Hersutanto selaku Sekretaris Ketua Wantimpres didampingi Kepala Biro Data dan Informasi dan Analis Kebijakan melakukan kunjungan kerja dalam rangka pengumpulan data dan informasi ke Provinsi Jawa Timur pada 29 Februari dan 1 Maret 2024. Kegiatan tersebut membahas terkait upaya pencegahan dan penanganan kasus TBC di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Timur.

Pada hari pertama dilakukan kunjungan dan diskusi di dua lokasi, pertama di Puskesmas Wonokusumo Surabaya. Puskesmas tersebut memiliki cakupan kerja wilayah Surabaya Utara dengan kasus TBC tertinggi di Surabaya. Sebagai wilayah perpindahan penduduk yang masif dan produktif, Surabaya memiliki banyak kendala dalam penanganan kasus TBC. Lokasi kedua yaitu RSUD dr. Soetomo. Salah satu rumah sakit rujukan utama terbesar di Indonesia Timur, RSUD dr. Soetomo menjadi rumah sakit rujukan yang menangani kasus TBC dengan penyakit penyerta bermacam-macam.

Hari kedua dilakukan diskusi di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dengan menghadirkan beberapa pihak diantaranya Tim Pengelola TBC Provinsi Jawa Timur dan Surabaya, Akademisi dari FK dan FKM Unair, serta pihak yang terlibat dalam penanganan dan pencegahan TBC.

Search